fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Dampak Positif Kolaborasi TikTok dan Tokopedia untuk Eksplorasi E-commerce dan Konten Kreatif

tiktok tokopedia

Setelah sempat dilarang karena dinilai tak mengantongi izin sebagai media e-commerce, TikTok Shop kini bersiap untuk comeback. Kabar baik ini datang seiring dengan diresmikannya kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia, dengan nilai investasi sebesar US$ 1,5 miliar atau kurang lebih sekitar Rp 23 triliun.

Kemitraan strategis ini akan memulai petualangan baru melalui periode uji coba yang diselenggarakan dengan konsultasi dan pengawasan ketat dari kementerian serta lembaga terkait. Sebagai bagian dari fase uji coba ini, program yang akan diluncurkan adalah kampanye “Beli Lokal,” yang akan dimulai pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Harbolnas.

Dampak Kolaborasi TikTok Tokopedia untuk E-commerce Konten Kreatif

Tanpa keraguan, kemitraan antara TikTok dan Tokopedia dinilai akan membawa manfaat yang signifikan bagi kedua platform. Namun pertanyaannya, apakah kolaborasi ini juga membawa dampak positif bagi industri e-commerce dan konten kreatif di Indonesia?

Nah, ke depannya, baik TikTok, Tokopedia, serta Grup GoTo diklaim akan bersama-sama menghadirkan sejumlah manfaat bagi pelaku industri e-commerce dan konten kreatif melalui beragam langkah strategis, meliputi:

Peningkatan Dukungan untuk UMKM

Peningkatan dukungan UMKM akan diwujudkan melalui sejumlah program, termasuk huluisasi UMKM. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing para pelaku UMKM. Melalui inisiatif ini, pelaku UMKM akan diberdayakan dengan beragam sumber daya dan pengetahuan. Hal ini memungkinkan pengusaha kecil tumbuh dan bersaing secara efektif dalam pasar yang dinamis.

Peningkatan Visibilitas

Melalui promosi bersama di platform Tokopedia, TikTok, serta platform GoTo lainnya. produk-produk dan konten kreatif akan mendapatkan eksposur yang lebih besar. Ini tentu  memungkinkan lebih banyak pelanggan baik lokal maupun internasional untuk menemukan produk atau konten tersebut.

Peluang Ekspansi Internasional

TikTok dan Tokopedia juga telah berkomitmen untuk membukakan peluang bagi produk lokal untuk ekspansi ke pasar internasional. Kolaborasi ini tidak hanya membuka pintu bagi pertumbuhan bisnis para pelaku lokal, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk-produk Indonesia.

Pengembangan Talenta Digital

Ini adalah langkah strategis untuk mengoptimalkan konten kreatif dan mendukung terbentuknya tenaga kerja terampil dan berpengetahuan dalam ranah digital. Inisiatif ini memberikan peluang bagi individu untuk mengasah keterampilan dan beradaptasi dengan perubahan era digital.

Jaminan Persaingan yang Adil

Kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia juga akan memastikan eksistensi lokapasar yang mendukung persaingan secara wajar. Ini mencakup berbagai inisiatif dan kebijakan yang dirancang untuk mencegah praktik monopoli, memastikan akses yang setara bagi semua pelaku, dan menciptakan kondisi yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang sehat.

Memanfaatkan tiktok dan tokopedia
Pexels

Tips Bagi Pelaku Industri E-Commerce dan Konten Kreatif

Untuk meraih manfaat optimal dari kolaborasi antara Tokopedia dan TikTok, pelaku industri e-commerce dan konten kreatif lokal bisa mulai menyusun strategi yang terintegrasi. Berdasarkan pengalaman A-Creative sebagai digital marketing agency, berikut adalah beberapa tips praktis yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan potensi kolaborasi ini:

Manfaatkan Semua Fitur

Untuk memanfaatkan sepenuhnya kolaborasi Tokopedia dan TikTok, pastikan untuk memahami dan memanfaatkan semua fitur yang disediakan oleh keduanya. Maksimalkan opsi iklan, integrasi belanja, live streaming dan fitur lainya.

Riset Konten dan Produk

Lakukan riset menyeluruh tentang tren konten dan produk yang sedang diminati oleh audiens. Identifikasi kebutuhan dan preferensi pasar, serta perhatikan tren terkini, sehingga Anda dapat menyajikan konten dan produk yang relevan dan diminati oleh audiens potensial.

Tingkatkan Kualitas Produk dan Konten

Fokus pada peningkatan kualitas produk dan konten Anda. Pastikan gambar produk menarik, deskripsi produk informatif, dan terus membuat konten-konten menarik. Ini menjadi kunci untuk meningkatkan daya tarik produk dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Tingkatkan Keterlibatan Audiens

Tingkatkan keterlibatan audiens dengan merespons komentar, mengadakan kuis atau polling, dan berpartisipasi dalam tren dan challenge yang sedang berlangsung di platform ini. Semakin dekat hubungan Anda dengan audiens, maka semakin besar pula peluang untuk membangun basis audiens yang loyal.

Melalui langkah-langkah di atas, Anda bisa mengambil peluang dari kolaborasi antara Tokopedia dan TikTok. Jangan lupa untuk terus update perkembangan dunia digital dengan mengunjungi profil @acreative.id di Instagram.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising