fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Ketahui Waktu Terbaik Posting Instagram [Update 2024]

Tidak diragukan lagi, Instagram telah menjadi salah satu platform sosial media terkemuka untuk kebutuhan marketing. Melalui strategi yang tepat, sebuah brand bisa mencapai tujuan marketingnya hanya melalui Instagram. Salah satu strategi penting yang perlu diperhatikan adalah mengetahui waktu terbaik posting Instagram.

Meskipun algoritma Instagram terus mengalami perubahan, memposting konten pada waktu yang tepat tetap merupakan strategi penting untuk memastikan sebuah konten menjangkau sebanyak mungkin audiens potensial.

Kapan Waktu Terbaik Posting Instagram?

Menurut data dari Sprout Social, waktu terbaik posting Instagram adalah antara pukul 10 pagi hingga 2 siang pada hari kerja, dengan puncak keterlibatan pada hari Selasa dan Rabu yang bisa berlanjut hingga pukul 4 sore. Oleh karena itu, disarankan untuk menjadwalkan postingan antara pukul 10 pagi dan 3 sore.

Keterlibatan cenderung lebih rendah pada akhir pekan atau hari libur. Meskipun demikian, Anda masih bisa mendapatkan tingkat keterlibatan yang ringan hingga sedang jika memposting konten antara pukul 9 pagi hingga tengah hari.

Mencari Waktu Posting Konten Terbaik Untuk Akun Instagram Anda

Patut dicatat bahwa data di atas bersifat umum, dan waktu yang tepat untuk akun Anda mungkin berbeda. Ini karena setiap akun memiliki audiens yang unik dengan kebiasaan dan jadwal yang berbeda-beda.

Untuk mendapatkan waktu posting yang sesuai, Anda bisa melakukan langkah-langkah yang biasa dilakukan A-Creative untuk membantu klien mendapatkan waktu terbaik posting Instagram. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Analisis Metrics

Gunakan tools bawaan seperti analytics Instagram dan Meta, atau memanfaatkan tools pihak ketiga seperti Sprout Social, Hootsuite, hingga  Buffer. Statistik keterlibatan pengikut, baik dari waktu mereka aktif online maupun respons terhadap konten, akan membantu Anda mengidentifikasi pola-pola untuk menentukan waktu posting yang terbaik.

Lakukan Pengujian

Lakukan percobaan dengan posting konten pada berbagai waktu dan hari. Proses ini membutuhkan kesabaran dan waktu untuk mengumpulkan data yang cukup signifikan. Anda perlu mengamati keterlibatan yang Anda dapatkan dari setiap posting untuk mengidentifikasi pola-pola yang muncul dari respons audiens.

Analisis Demografi Audiens Target

Lakukanlah analisis demografi audiens Anda, termasuk gender, zona waktu, usia, dan pekerjaan. Sebagai contoh, jika audiens target Anda adalah pekerja remaja usia 17 hingga 21 tahun, pertimbangkan untuk melakukan posting pada jam pulang sekolah atau kuliah, malam hari sebelum atau setelah jam belajar, dan pada akhir pekan ketika mereka memiliki lebih banyak waktu luang.

Mendapatkan waktu terbaik posting Instagram akan membantu Anda meningkatkan keterlibatan dan interaksi dengan audiens Anda. Ini memastikan bahwa konten Anda muncul di feed audiens ketika mereka online, yang dapat meningkatkan kemungkinan konten Anda dilihat dan direspons.

Selain itu, pemahaman ini juga bermanfaat ketika Anda meluncurkan kampanye iklan online. Iklan yang tayang di waktu yang tepat akan mencapai audiens yang lebih besar dan lebih responsif. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan konversi dan ROI dari upaya marketing Anda.

Jika Anda kesulitan, A-Creative telah menyusun strategi khusus untuk membantu Anda. Hubungi kami di sini untuk berkonsultasi langsung dengan tim profesional kami!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising