fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

HTTP vs HTTPS

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa aman informasi Anda selama browsing di internet. Dua protokol yang sering digunakan adalah HTTP dan HTTPS. Lalu, apa bedanya HTTP vs HTTPS?

Apa itu HTTP dan HTTPS?

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol dasar yang digunakan saat Anda mengklik tautan di internet. Protokol ini mendefinisikan bagaimana pesan diformat dan dikirim antara komputer Anda dan server yang menyimpan website yang ingin Anda kunjungi.

HTTP beroperasi melalui port 80 dan tidak menggunakan enkripsi, sehingga informasi yang dikirim dapat dengan mudah dicegat. Dicegat artinya informasi tersebut bisa dilihat atau diambil oleh pihak ketiga yang tidak berwenang selama proses pengiriman.

Di sisi lain, HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi aman dari HTTP. Huruf S pada HTTPS berarti “secure” atau aman. HTTPS menggunakan enkripsi TLS (atau SSL) untuk mengamankan komunikasi antara browser Anda dan server situs web.

Ini melindungi data dari serangan man-in-the-middle dan menjaga kerahasiaan informasi yang dikirim. Koneksi HTTPS menggunakan port 443 secara default, membuatnya lebih aman dibandingkan dengan HTTP.

Perbedaan Antara HTTP vs HTTPS

Dari penjelasan di atas, perbedaan yang paling signifikan antara kedua protokol ini adalah bahwa HTTPS dienkripsi dan diamankan menggunakan sertifikat digital, sementara HTTP tidak. Ketika Anda mengunjungi website menggunakan HTTPS, koneksi Anda ke situs tersebut dienkripsi. Informasi apa pun yang Anda kirim atau terima di situs tersebut juga dienkripsi.

Perbedaan lainnya adalah bahwa HTTPS menggunakan port 443, sementara HTTP menggunakan port 80. Port 443 adalah port standar untuk protokol Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS). Port 80 adalah port default untuk protokol Hypertext Transfer Protocol yang tidak aman (HTTP).

HTTP vs HTTPS

Bagaimana Cara Mengaktifkan HTTPS?

HTTPS lebih aman daripada HTTP karena menggunakan enkripsi untuk melindungi informasi saat dikirim antara klien dan server. Ketika pemilik website mengaktifkan HTTPS, informasi seperti kata sandi atau nomor kartu kredit akan sulit untuk dicegat oleh siapa pun.

Sertifikat SSL

Untuk mengaktifkan HTTPS di sebuah situs web, diperlukan sertifikat SSL (secure sockets layer) yang valid. Sertifikat ini digunakan untuk mengenkripsi informasi yang dikirim antara komputer Anda dan server. Sertifikat SSL memiliki kunci publik dan kunci privat. Kunci publik mengenkripsi informasi, sementara kunci privat mendekripsinya.

Sertifikat SSL dikeluarkan oleh Otoritas Sertifikat (Certificate Authorities atau CAs). CA adalah organisasi yang memverifikasi identitas sebuah situs web dan kemudian memberikan sertifikat kepada situs tersebut. Ketika Anda mengunjungi sebuah situs web, browser Anda memeriksa apakah sertifikat SSL situs tersebut valid. Anda akan melihat ikon gembok hijau di bilah alamat jika sertifikatnya valid. Jika tidak, Anda akan melihat pesan peringatan.

Sertifikat TLS

Transport Layer Security (TLS) adalah protokol keamanan yang digunakan untuk mengenkripsi informasi saat dikirim melalui Internet. TLS adalah versi yang lebih baik dari SSL, yang telah dihapus. TLS menggunakan algoritma enkripsi yang lebih kuat dan menyediakan keamanan yang lebih baik daripada SSL, meskipun kedua istilah tersebut sering digunakan secara bergantian.

Sebagai user yang sering melakukan browsing, mengetahui perbedaan antara HTTP dan HTTPS sangat penting untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda. Menggunakan HTTPS saat mengakses situs web, terutama saat memasukkan data sensitif seperti kata sandi atau informasi kartu kredit, dapat melindungi Anda dari potensi ancaman keamanan.

Sementara bagi Anda yang ingin membangun website bisnis, pemahaman tentang HTTP dan HTTPS menjadi lebih krusial. Mengaktifkan HTTPS dengan sertifikat SSL atau TLS tidak hanya meningkatkan keamanan bagi pengunjung situs Anda tetapi juga meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas bisnis Anda.

Kredibilitas juga bisa dibangun dengan brand awareness melalui iklan online, yang membantu menarik lebih banyak pengunjung dan pelanggan potensial. A-Creative menyediakan paket iklan online terjangkau untuk membantu Anda mencapai pelanggan potensial secara maksimal.

Konsultasikan kebutuhan iklan online Anda bersama dedicated team dari A-Creative secara gratis di sini!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising