fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Cara Menerapkan FOMO Marketing dengan Cerdas di Sosial Media

FOMO marketing

Pernahkah Anda melihat ada sesuatu yang sedang populer, dan Anda merasa penasaran untuk ikut mencobanya? Gambaran inilah yang mencerminkan FOMO, fenomena psikologis yang muncul ketika kita takut ketinggalan pengalaman seru tersebut. Dalam dunia bisnis, konsep FOMO Marketing menjadi strategi ampuh untuk mendorong penjualan.

Ini adalah langkah cerdas bagi pemilik bisnis untuk membuat audiens tertarik, terlibat, dan bergerak lebih cepat dalam mengambil keputusan pembelian. Salah satu tempat yang ideal untuk menerapkan strategi ini adalah di sosial media, di mana Anda dapat memanfaatkan FOMO audiens untuk memberikan beragam tawaran menarik.

Apa itu FOMO Marketing?

FOMO Marketing adalah strategi marketing yang memanfaatkan konsep “Fear Of Missing Out” atau rasa takut untuk ketinggalan sesuatu. Ini adalah perasaan cemas yang timbul ketika seseorang merasa bahwa mereka mungkin melewatkan pengalaman atau kesempatan yang menarik.

Sebuah penelitian dari Creditkarma menunjukkan bahwa hampir 40% dari generasi milenial bersedia untuk mengeluarkan lebih banyak uang, hanya agar tidak ketinggalan dengan apa yang dilakukan oleh teman-teman mereka. Meskipun mungkin kurang baik dari sudut pandang keuangan, namun bagi bisnis, FOMO dapat menjadi strategi yang sangat efektif.

FOMO Marketing sebenarnya telah digunakan dalam marketing sejak lama, bahkan sebelum istilah ini menjadi populer. Metode ini digunakan untuk mendorong audiens agar segera mengambil tindakan. Setiap kampanye pemasaran yang menjadi viral biasanya memiliki efek FOMO pada pelanggan, membuat mereka merasa perlu untuk segera bertindak atau tidak ingin ketinggalan.

FOMO marketing
Unsplash

Cara Memanfaatkan FOMO Marketing

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk menggunakan FOMO dalam sosial media marketing, cara-cara ini biasanya digunakan A-Creative dalam mendorong penjualan melalui akun sosial media klien.

Ciptakan Urgensi

Urgensi adalah kunci untuk mendorong orang untuk bertindak. Anda mungkin pernah merasa tergoda untuk membeli sesuatu hanya karena ada penawaran khusus dengan waktu terbatas, meskipun sebenarnya Anda tidak benar-benar membutuhkannya. Ini adalah contoh bagaimana FOMO marketing bekerja.

Anda bisa menggunakan elemen visual seperti penghitung mundur atau banner penawaran terbatas yang mencolok untuk menekankan urgensi. Ketika Anda memberikan batas waktu untuk bertindak, perasaan takut ketinggalan ini akan memotivasi mereka untuk segera mengambil tindakan.

Rancang Keeksklusifan

Setiap orang tentu akan merasa istimewa ketika menjadi bagian dari kelompok yang eksklusif. Ini dapat meningkatkan loyalitas dan juga memicu perasaan FOMO pada orang lain yang tidak dapat bergabung dalam kelompok tersebut.

Anda bisa menawarkan program eksklusif dan memberi manfaat khusus bagi anggotanya. Pahami karakteristik audiens Anda agar bisa memilih desain program yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, tambahkan efek kelangkaan untuk menambah kekuatan FOMO marketing ini. Anda bisa memikirkan cara untuk membuat audiens merasa bahwa peluang tersebut hampir habis, sehingga mereka akan lebih tertarik untuk bergabung.

Sertakan Social Proof

Social proof atau bukti sosial adalah salah satu taktik yang erat kaitanya dengan konsep FOMO. Misalnya, ketika Anda melihat orang lain membeli, berbagi, atau membicarakan sesuatu, Anda mungkin juga ingin melakukannya agar tidak merasa ketinggalan.

Ini bisa Anda lakukan dengan mendorong pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan iklan berupa testimoni nyata dari pengguna atau dukungan dari KOL. Dengan cara ini, Anda dapat membangun social proof yang kuat dan memanfaatkannya untuk menguatkan efek FOMO audiens.

Bisa disimpulkan bahwa FOMO marketing adalah strategi yang efektif untuk memotivasi calon pelanggan agar segera bertindak. Pemakaian konsep ini secara cerdas di sosial media akan membantu Anda meningkatkan konversi dan penjualan. Pastikan untuk mengunjungi Instagram @acreative.id untuk ide-ide social media marketing lainnya.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising