fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

4 Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas

cara mendapatkan backlink gratis

Backlink adalah salah satu faktor peringkat utama pada mesin pencari. Jika Anda ingin melakukan optimasi SEO untuk website Anda, mengetahui cara mendapatkan backlink gratis adalah hal dasar yang harus Anda pahami.

Pada dasarnya semakin banyak backlink berkualitas yang Anda dapatkan, maka akan semakin tinggi reputasi Anda di mata mesin pencari. Meski begitu, penting untuk memastikan bahwa backlink didapat dengan cara natural untuk menghindari kemungkinan dianggap spam.

Manfaat Backlink Berkualitas

Ketika website atau halaman lain menyertakan tautan ke website Anda, maka hal tersebut dianggap sebagai backlin untuk website Anda. Mesin pencari seperti Google menggunakan jenis link tersebut sebagai salah satu sinyal dalam menentukan seberapa relevan dan kredibel konten Anda.

Selain mendukung optimasi SEO, terdapat manfat lain yang akan Anda dapatkan dari backlink yang berkualitas. Inilah alasan mengapa Anda harus segera membangun backlink setelah Anda mulai mempublikasikan sebuah website.

Meningkatkan Traffic

Saat website Anda mendapatkan backlink dari website lain, maka hal itu akan turut meningkatkan kemungkinan pengguna menemukan dan mengunjungi website Anda melalui link tersebut.

Meningkatkan Kredibilitas

Mendapatkan backlink dari website yang tepercaya akan membantu meningkatkan kredibilitas website Anda. Kredibilitas akan membuat website Anda menjadi rujukan lebih banyak pengunjung  dari waktu ke waktu.

Cara Mendapatkan Backlink Gratis yang Berkualitas

Pada bagian ini, kami akan membagikan cara mendapatkan backlink gratis yang berkualitas dengan strategi yang biasa dilakukan A-Creative dalam membangun backlink secara natural. Simak hingga akhir untuk meningkatkan pertumbuhan traffic website Anda secara organik.

cara mendapatkan backlink gratis
Unsplash

Memproduksi Konten Berkualitas

Konten berkualitas adalah sesuatu yang Anda butuhkan untuk menarik pengunjung. Tak hanya itu, konten berkualitas akan membuat pengunjung dan pengelola website lain mereferensikan website Anda secara cuma-cuma.

Hal ini harus menjadi dasar utama ketika Anda ingin membangun backlink. Beberapa tips dalam membuat konten berkualitas yang shareble, antara lain:

  • Fokus pada topik yang relevan dengan industri Anda
  • Menyispkan wawasan berbasis data atau pendapat ahli
  • Mempromosikannya melalui sosial media

Menghubungkan dengan Akun Sosial Media

Meskipun banyak yang berpendapat bahwa backlink dari sosial media tidak banyak berpengaruh peringkat halaman secara langsung, namun social signal seperti jumlah like atau share di sosial media akan membuktikan kredibilitas website Anda.

Jangan ragu untuk membuat akun dalam berbagai platform sosial media. Tak terbatas pada Facebook, Instagram, atau Twitter, Anda bisa membuat halaman di Google+, YouTube  maupun Pinterest.

Membuat Infografik

Dalam beberapa tahun terakhir, infografis menjadi salah satu metode populer untuk membangun backling. Ini karena infografis memiliki sifat yang sangat shareble. Jadi, selain bermanfaat untuk membangun backlink gratis, infografis juga membantu website Anda mendapatkan traffic dari sosal media.

Mengintip Backlink Kompetitor

Ini adalah salah satu cara mendapatkan backlink gratis yang bisa Anda lakukan ketika Anda membutuhkan ide baru dalam membangun backlink. Cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan tool backlink monitor yang banyak tersedia.

Mulailah dengan memilih kompetitor yang menempati peringkat 5 teratas untuk kata kunci utama Anda. Setelahnya, Anda bisa menganalisa backlink dari tiap kompetitor dan mereplikasi backlink dengan otoritas baik.

Baca juga: Apa Itu Backlink? Pengertian dan Cara Mendapatkannya

4 cara mendapatkan backlink gratis di atas dapat Anda aplikasikan untuk meningkatkan peringkat website Anda. Keseluruhan prosesnya mungkin akan sangat memakan waktu, namun jika dilakukan dengan konsisten hasilnya akan luar biasa. Ikuti perkembangan dunia digital dengan follow @acreative.id di Instagram.

 

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising