fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Syarat Monetisasi YouTube Short yang Harus Dipenuhi

monetisasi YouTube

YouTube Shorts merupakan fitur di platform YouTube yang memungkinkan Anda membuat dan membagikan video pendek mirip TikTok atau Reels Instagram. Bagi pengguna, fitur ini menawarkan alternatif baru dalam menikmati Youtube. Sedang bagi kreator, opsi monetisasi YouTube Short adalah cara baru untuk mendapatkan pundi-pundi Rupiah.

Melalui rilis resminya, YouTube mengungkapkan bahwa mulai 1 Februari 2023 kreator sudah bisa memonetisasi video Short mereka. Pendapaatan akan diterima dari iklan yang muncul di sela-sela Feed Shorts pengguna.

Syarat Monetisasi YouTube Short

Sama seperti video YouTube biasa, untuk memperoleh pendapatan dari Shorts Anda harus menjadi bagian dari Program Partner YouTube. Namun, persyaratan kelayakan monetisasi YouTube Short berbeda dengan video YouTube biasa, yaitu:

  • Telah memiliki 1000 subsciber, sama dengan persyaratan YouTube biasa
  • Jika YouTube biasa mengharuskan 4.000 jam tayangan valid dalam 12 bulan terakhir, YouTube Short mensyaratkan 10 juta tayangan Short valid pada 90 hari terakhir.

Artinya channel YouTube Anda harus mendapatkan benar-benar berkualitas sebelum Anda dapat memonetisasi video Shorts Anda. Selain itu, ada beberapa persyaratan kelayakan lain yang harus Anda penuhi:

  • Mematuhi kebijakan monetisasi
  • Mematuhi Pedoman Komunitas
  • Mengaktifkan verifikasi 2 langkah pada akun Google yang digunakan
  • Memiliki akun AdSense yang aktif

Secara keseluruhan, syarat monetisasi YouTube Shorts mirip dengan aturan video YouTube biasa, dengan perbedaan utama pada jumlah tayangan video. Dengan persyaratan tersebut Anda didorong untuk menjadi lebih kreatif dan mengedepankan orisinalitas, seperti yang diterapkan A-Creative dalam merancang setiap strategi channel marketing.

syarat monetisasi YouTube short

Menggunakan YouTube Short Untuk Marketing

Selain menikmati opsi monetisasi YouTube Short, Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk mempromosikan bisnis Anda. Dengan popularitas fitur ini, Anda bisa terhubung lebih dekat dengan pelanggan dan meningkatkan popularitas brand Anda.

Manfaat Menggunakan YouTube Shorts untuk bisnis, antara lain:

YouTube Shorts membantu menjangkau audiens lebih luas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, YouTube Shorts membantu Anda menjangkau basis audiens yang lebih luas. Karena durasi video ini pendek, Short juga membantu Anda menarik perhatian penonton dengan lebih cepat.

Membantu bisnis mendiversifikasi konten

Video YouTube biasa membutuhkan banyak energi dalam proses produksinya. Ini mungkin yang menjadi kendala utama bisnis sehingga tak mampu menyajikan konten secara teratur.  Namun dengan YouTube Shorts, Anda bisa mengunggah konten secara lebih teratur karena durasinya cukup singkat. Ini juga memberi Anda fleksibilitas untuk membuat konten yang lebih beragam untuk subscriber Anda.

Selangkah lebih maju dari kompetitor

Karena Short merupakan fitur yang relatif baru, kemungkinan belum banyak kompetitor bisnis Anda yang menggarap potensi ini. Dengan memasukkan YouTube Shorts dalam strategi marketing, bisnis Anda akan berada di posisi yang lebih baik daripada para kompetitor.

Dengan dibukanya opsi monetasi YouTube Short, ini mengindikasikan bahwa YouTube serius dengan fitur Shorts-nya. Semakin cepat bisnis Anda memasukkan YouTube Shorts dalam strategi marketing Anda, maka akan semakin tinggi peluang bisnis Anda untuk menumbuhkan audiens pada platform tersebut.

Baca juga: Cara Aktifkan Adsense Youtube Dengan Mudah dan Cepat

Dengan memahami syarat monetisasi YouTube Short di atas, sebagai kreator Anda bisa mulai mempersiapkan ide untuk mendapatkan penghasilan dari fitur ini. Sementara bagi Anda para pemilik bisnis, fitur ini sangat potensial untuk meningkatkan kehadiran online brand serta produk Anda.  Temukan tips, trik, serta konten menarik lain dalam dunia digital dengan follow @acreative.id di Instagram.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

New Offer

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising