fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Peran Pekerjaan Social Media Officer dan Tanggung Jawabnya

Pekerjaan social media officer

Peran pekerjaan social media officer berkembang secara dramatis selama beberapa tahun terakhir. Ini karena pemilik bisnis semakin sadar akan kekuatan pengaruh social media pada perkembangan bisnis mereka. Semakin baik pengelolaan social media dari sebuah bisnis, maka akan semakin mendorong penjualan produk atau layanan mereka.

Tak heran jika saat ini banyak bisnis yang mulai membuka lowongan social media officer. Tak hanya bisnis besar, bisnis menengah juga banyak membutuhkan peran tersebut untuk tetap menonjol dalam persaingan yang ketat. Nah, jika Anda adalah pemilik bisnis dan ingin memahami secara jelas tentang peran penting dari social media officer, silahkan simak penjelasan singkat di bawah ini!

Apa Itu Pekerjaan Social Media Officer?

Pekerjaan social media officer adalah profesi yang bertanggung jawab penuh dalam memastikan social media sebuah bisnis berjalan dengan baik, sejalan dengan strategi marketing yang diterapkan. Hal itu dilakukan dengan menerapkan strategi social media, melakukan analisa, mengidentifikasi tren, merancang kampanye dalam rentang waktu tertentu, dan lainnya.

Beberapa hal yang menjadi tanggung jawab profesi ini, antara lain:

  • Melakukan analisa tentang tren dan audiens
  • Merancang dan menerapkan strategi media sosial yang selaras dengan tujuan bisnis
  • Membuat laporan ROI
  • Berkolaborasi dengan bagian lain, misalnya marketing, penjualan, dan customer sevice untuk memastikan konsistensi brand
  • Berinteraksi dengan audiens
  • Memantau desain akun social media
  • Menjaga akun social media tetap up-to-date dengan tren terkini

Peran Social Media Officer Untuk Sebuah Bisnis

Pekerjaan social media officer

Dengan social media officer, Anda bisa lebih fokus pada aspek lain dari bisnis Anda. Berikut ini adalah peran dari social media officer, yang kurang lebihnya mirip seperti apa yang diberikan A-Creative ketika mengelola social media klien.

Merancang Konten Menarik

Konsisten dalam menciptakan konten yang segar dan bernilai bagi audiens adalah kunci dari strategi social media marketing. Intinya, Anda harus memposting konten secara teratur untuk tetap terhubung dengan mereka. Ini adalah sebuah hal yang bisa ditangani oleh social media officer.

Meningkatkan Keterlbatan Audiens

Memposting konten secara konsisten saja belum cukup, Anda perlu membuat sebuah konten yang mampu memancing keterlibatan audiens. Hal ini hanya bisa dilakukan jika Anda memahami dengan baik audiens target melalui analisa mendalam. Ini adalah salah satu peran penting lain dari pekerjaan social media officer.

Berinteraksi dengan  Pelanggan Secara Real-Time

Dengan social media officer, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk membalas keluhan pelanggan. Banyak penelitian telah mengmukakan bahwa pengalaman layanan pelanggan yang baik akan membuat konsumen cenderung melakukan pembelian berulang. Jadi layanan pelanggan yang baik adalah dasar dan rahasia bisnis untuk berkembang.

Menyelaraskan Akun Social Media dengan Tujuan Bisnis Anda

Hal pertama yang dilakukan social media officer dalam memutuskan platform mana yang akan digunakan adalah memahami tujuan bisnis Anda. Ini bisa berarti meningkatkan pendapatan, akuisisi pelanggan, kesadaran merek, menjangkau Gen X, Gen Z, milenial, dan lainnya.

Setelah memahami tujuan bisnis dengan jelas, mudah untuk memutuskan platform social media mana yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, dan strategi apa yang digunakan untuk optimasi pada platform tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Content Plan Instagram Yang Efektif

Itulah pemahaman pekerjaan social media officer yang sangat penting dalam bisnis era modern. Memastikan akun social media bisnis Anda dikelola dengan baik adalah apa yang harus Anda lakukan untuk terus berkembang. Ikuti @acreative.id di Instagram untuk konten menarik lainnya.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising