fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Konten Viral dan Konten Kreatif, Mana yang Lebih Baik?

konten viral dan konten kreatif

Konten viral dan konten kreatif semakin marak beredar di dunia maya, baik itu di Instagram, Tiktok bahkan Youtube. Kemudahan mengakses informasi dan tingginya kepemilikan gawai membuat dua konten tersebut menjadi asupan sehari-hari warganet.  

Akan tetapi, masih banyak yang salah kaprah mengenai konten viral dan konten kreatif. Meski terlihat mirip, dua konten tersebut memiliki arti yang berbeda. 

Definisi Konten Viral

Sesuai namanya, konten viral adalah jenis konten yang dikenal karena populer di media sosial. Selain harus populer, konten viral juga harus memiliki jumlah komen dan likes yang banyak karena merupakan isu hangat yang tengah diperbincangkan di media sosial. 

Misalnya, pada tahun lalu ada tren Citayam Fashion Week, yang mana para anak muda berbondong-bondong berjalan seperti model di tengah jalan area Sudirman, Jakarta Selatan. 

Sebuah hal yang viral layak dijadikan konten apabila menjadi fenomena sosial tersendiri di tengah masyarakat. Berbagai barang yang berkaitan dengan hal viral juga dapat menjadi indikator penting konten viral. Contohnya adalah saat ada tren bermain latto-latto dan viral kompetisi latto-latto, masyarakat jadi beramai-ramai membeli dan semakin memviralkan mainan tersebut. 

Baca Juga: Berbagai Ide Konten Instagram Bisnis Yang Menarik Disajikan

Kelebihan Konten Viral dan Konten Kreatif

konten viral dan konten kreatif

Sebagai seseorang yang gemar berselancar di dunia maya, tentu Anda paham bahwa konten viral memiliki banyak potensi, diantaranya adalah:

Mudah Mendapat Viewers

Saat sebuah konten viral diunggah, maka bukan tidak mungkin konten tersebut akan langsung melesat ke pencarian nomor satu di mesin pencari. 

Dilirik Brand untuk Kerjasama

Konten viral yang dibaca atau ditonton terus-menerus secara otomatis akan menarik perhatian semua orang, termasuk brand atau perusahaan. Hal ini membuka peluang lebih besar akun social media Anda dilirik untuk menjadi partner kerjasama atau endorse.

Membuat Naskah jadi Lebih Mudah

Saat menyalin konten video viral menjadi sebuah tulisan, maka Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana naskah tersebut dibuat. Anda hanya perlu bercerita berdasarkan konten video tersebut. Konten story telling termasuk salah satu jenis konten yang mudah viral. 

Kekurangan Konten Viral

Meski terlihat menyenangkan ketika konten bisa viral, namun untuk membuat konten viral diperlukan kepekaan dan kejelian dalam memantau fenomena di media sosial. Karena jika tidak, konten viral yang Anda buat tidak punya nilai untuk masyarakat, bisa jadi malah mendapat tanggapan negatif. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari konten viral:

Rentan Hoaks

Karena penyebarannya secara masif, maka bukan tidak mungkin konten viral ternyata adalah sebuah berita hoaks. Hal tersebut karena banyak orang yang ingin berlomba-lomba meraih popularitas, sehingga dengan mudah menyebarkan hoax. 

Rentan plagiarisme

Konten viral kerap membuat seorang kreator konten berpikir bagaimana agar naskah konten viral dibuat sedemikian rupa agar tetap ada news value-nya. Karena jika tidak, konten akan mudah dijiplak oleh kreator lain.

Bersifat sementara

Hal viral biasanya hanya terjadi beberapa hari hingga bulan saja. Maka hal tersebut membuat konten viral mudah dilupakan. Jika sudah tidak viral, warganet akan mengabaikannya begitu saja. 

Definisi Konten Kreatif 

konten viral dan konten kreatif

Meski sama-sama berasal dari internet. Konten viral dan konten kreatif memiliki arti yang berbeda. Konten kreatif adalah konten yang dibuat berdasarkan materi atau berita yang sudah ada. Misalnya, saat di twitter ada trending topic pecahan uang rupiah terbaru, Anda dapat membuat turunan konten dari hal trending tersebut, seperti “sejarah pecahan uang”, “arti warna uang pecahan baru”, dan masih banyak lagi.  

Kelebihan dan Kekurangan Konten Kreatif

Konten kreatif memiliki kelebihan yang menguntungkan website atau laman misalnya:

Traffic Mudah Naik

Konten viral selain konten social media juga bisa berupa konten website. Karena dibuat berdasarkan trending di sosial media dan google, maka traffic konten website yang kreatif dapat melesat dengan mudah. 

Membuat Keyword lebih relevan

Keyword yang dibuat dalam konten kreatif sesuai atau cocok dengan isu yang hangat saat ini sehingga Anda tidak perlu memikirkan akan menggunakan keyword yang mana. 

Dapat Dikerjakan Dimana Saja 

Membuat konten kreatif berdasarkan tren populer sehingga Anda tidak perlu repot mencari narasumber atau menggali data terlalu dalam.

Kekurangan Konten Kreatif

Konten kreatif tidak memiliki kekurangan yang begitu berarti karena konten tersebut biasanya dibuat secara matang dan riset mendalam. Semua orang bisa membuat konten viral tetapi tidak semua orang bisa membuat konten kreatif. 

Membuat konten viral dan konten kreatif memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dibutuhkan kreatifitas dan keuletan untuk membuat dua konten tersebut. Agar tidak keliru, Anda dapat mempercayakan pembuatan konten kepada A-Creative

A-Creative adalah digital marketing agency yang juga menyediakan jasa pembuatan website, SEO dan masih banyak lagi yang bisa Anda temukan di sini

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

New Offer

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising