Pakar digital marketing adalah jenis pekerjaan dengan prospek cerah yang bisa menjadi pilihan Anda. Khususnya bagi Anda yang tertarik dengan dunia online dan ingin mengeksplorasi diri dalam bidang ini. Ini karena setiap bisnis membutuhkan seseorang yang bisa memastikan bisnis mereka dapat ditemukan secara online dengan cepat dan mudah.
Peran seorang pakar dalam dunia digital marketing sangatlah vital. Mereka bekerja bersama-sama bagian lain untuk mengidentifikasi target audiens, menciptakan citra merek, merancang serta terus meningkatkan performa kampanye marketing secara online.
Pengertian Pakar Digital Marketing
Seorang pakar digital marketing adalah profesional yang memiliki beragam keterampilan, dengan tanggung jawab khusus atas promosi online sebuah bisnis. Untuk melakukannya, mereka menggunakan semua platform digital yang tersedia.
Profesional dalam bidang ini mampu untuk merencanakan dan melaksanakan kampanye marketing dengan tepat. Mereka juga menganalisis laporan untuk membangun dan mempertahankan kehadiran online sebuah bisnis.
![pakar digital marketing](https://a-creative.id/wp-content/uploads/2023/03/maxim-ilyahov-0aRycsfH57A-unsplash-1.jpg)
Apa Tugas Pakar Digital Marketing?
Sejatinya tugas pakar digital marketing hampir sama dengan profesional marketing pada umumnya yaitu untuk meningkatkan kesadaran merek, mempromosikan produk atau layanan dari sebuah bisnis, dan untuk mendorong audiens potensial melakukan pembelian atau konversi.
Namun, tak seperti marketing offline, mereka berkomunikasi dengan audiens melalui platform digital yang lebih efektif. Pakar dalam dunia digital marketing bertugas merancang kampanye pemasaran online yang efektif, dan menerjemahkan nilai serta tujuan suatu bisnis menjadi kampanye marketing yang sukses.
Beberapa tugas yang umumnya dilakukan oleh pakar di bidang ini:
- Melakukan riset tren periklanan
- Bekerja sama dengan tim lain dalam pembuatan konten
- Berkontribusi secara aktif pada pembuatan kampanye marketing kreatif di sosial media, website, email, dan platform lainnya.
- Memantau status kampanye
- Membantu menganalisis dan mengevaluasi data marketing seperti hasil kampanye, tingkat konversi, lalu lintas, dan lainnya
- Membuat laporan kampanye secara detail
Daftar keterampilan utama yang dimiliki seorang pakar digital marketing, yaitu:
- Memahami dasar-dasar marketing
- Memiliki kemampuan presentasi kreatif
- Memahami bidang utama marketing online mencakup SEO, sosial media, konten marketing, email marketing, iklan online, SEM, dan lainnya.
- Mahir dalam merencanakan, membuat, dan menerapkan strategi marketing
- Menguasai beragam alat riset dan analytic
- Mengembangkan kehadiran sosial sebuah brand secara efektif
- Mengikuti tren marketing dan pembaruan algoritma berbagai platform digital
Perbedaan utama antara pakar digital marketing dengan pakar SEO atau pakar konten marketing adalah bahwa seorang pakar digital marketing harus menguasai lebih dari satu bidang dan memiliki wawasan yang luas tentang cara kerja digital marketing secara umum.
Cara Menjadi Seorang Pakar Dalam Digital Marketing
Langkah awal untuk menjadi pakar dalam digital marketing adalah mempelajari apa itu digital marketing dan cara kerjanya. Digital marketing bukanlah disiplin ilmu tunggal, namun merupakan istilah yang merangkum sejumlah strategi, teknik dan metode yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis secara online.
Platform digital marketing utama yang harus Anda kuasai, diantaranya:
- Website marketing
- Search engine marketing termasuk SEO
- Konten marketing
- Sosial media marketing
- Email marketing
- Afiliate marketing
- Video marketing
Sebagai pakar, Anda perlu mengetahui apa peran, fungsinya, dan bagaimana cara menggunakan semua platform di atas.
Baca juga: 10+ Peluang Karir Digital Marketing di Tahun 2023
A-Creative merupakan penyedia layanan digital marketing terpercaya yang akan membantu sebuah bisnis berkembang di jalur yang tepat. Dapatkan penawaran khusus dengan mengunjungi https://a-creative.id/ sekarang juga! Atau temukan @acreative.id di Instagram untuk konten menarik lain tentang pengembangan karir.