fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Pakar Digital Marketing: Pengertian dan Tugasnya

pakar digital marketing

Pakar digital marketing adalah jenis pekerjaan dengan prospek cerah yang bisa menjadi pilihan Anda. Khususnya bagi Anda yang tertarik dengan dunia online dan ingin mengeksplorasi diri dalam bidang ini. Ini karena setiap bisnis membutuhkan seseorang yang bisa memastikan bisnis mereka dapat ditemukan secara online dengan cepat dan mudah.

Peran seorang pakar dalam dunia digital marketing sangatlah vital. Mereka bekerja bersama-sama bagian lain untuk mengidentifikasi target audiens, menciptakan citra merek, merancang serta terus meningkatkan performa kampanye marketing secara online.

Pengertian Pakar Digital Marketing

Seorang pakar digital marketing adalah profesional yang memiliki beragam keterampilan, dengan tanggung jawab khusus atas promosi online sebuah bisnis. Untuk melakukannya, mereka menggunakan semua platform digital yang tersedia.

Profesional dalam bidang ini mampu untuk merencanakan dan melaksanakan kampanye marketing dengan tepat. Mereka juga menganalisis laporan untuk membangun dan mempertahankan kehadiran online sebuah bisnis.

pakar digital marketing
Photo by Maxim Ilyahov on Unsplash

Apa Tugas Pakar Digital Marketing?

Sejatinya tugas pakar digital marketing hampir sama dengan profesional marketing pada umumnya yaitu untuk meningkatkan kesadaran merek, mempromosikan produk atau layanan dari sebuah bisnis, dan untuk mendorong audiens potensial melakukan pembelian atau konversi.

Namun, tak seperti marketing offline, mereka berkomunikasi dengan audiens melalui platform digital yang lebih efektif. Pakar dalam dunia digital marketing bertugas merancang kampanye pemasaran online yang efektif, dan menerjemahkan nilai serta tujuan suatu bisnis menjadi kampanye marketing yang sukses.

Beberapa tugas yang umumnya dilakukan oleh pakar di bidang ini:

  • Melakukan riset tren periklanan
  • Bekerja sama dengan tim lain dalam pembuatan konten
  • Berkontribusi secara aktif pada pembuatan kampanye marketing kreatif di sosial media, website, email, dan platform lainnya.
  • Memantau status kampanye
  • Membantu menganalisis dan mengevaluasi data marketing seperti hasil kampanye, tingkat konversi, lalu lintas, dan lainnya
  • Membuat laporan kampanye secara detail

Daftar keterampilan utama yang dimiliki seorang pakar digital marketing, yaitu:

  • Memahami dasar-dasar marketing
  • Memiliki kemampuan presentasi kreatif
  • Memahami bidang utama marketing online mencakup SEO, sosial media, konten marketing, email marketing, iklan online, SEM, dan lainnya.
  • Mahir dalam merencanakan, membuat, dan menerapkan strategi marketing
  • Menguasai beragam alat riset dan analytic
  • Mengembangkan kehadiran sosial sebuah brand secara efektif
  • Mengikuti tren marketing dan pembaruan algoritma berbagai platform digital

Perbedaan utama antara pakar digital marketing dengan pakar SEO atau pakar konten marketing adalah bahwa seorang pakar digital marketing harus menguasai lebih dari satu bidang dan memiliki wawasan yang luas tentang cara kerja digital marketing secara umum.

Cara Menjadi Seorang Pakar Dalam Digital Marketing

Langkah awal untuk menjadi pakar dalam digital marketing adalah mempelajari apa itu digital marketing dan cara kerjanya. Digital marketing bukanlah disiplin ilmu tunggal, namun merupakan istilah yang merangkum sejumlah strategi, teknik dan metode yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis secara online.

Platform digital marketing utama yang harus Anda kuasai, diantaranya:

  • Website marketing
  • Search engine marketing termasuk SEO
  • Konten marketing
  • Sosial media marketing
  • Email marketing
  • Afiliate marketing
  • Video marketing

Sebagai pakar, Anda perlu mengetahui apa peran, fungsinya, dan bagaimana cara menggunakan semua platform di atas.

Baca juga: 10+ Peluang Karir Digital Marketing di Tahun 2023

A-Creative merupakan penyedia layanan digital marketing terpercaya yang akan membantu sebuah bisnis berkembang di jalur yang tepat. Dapatkan penawaran khusus dengan mengunjungi https://a-creative.id/ sekarang juga! Atau temukan @acreative.id di Instagram untuk konten menarik lain tentang pengembangan karir.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising