Saat ini TikTok telah diunduh dan dipasang di lebih dari 3 miliar perangkat di seluruh dunia. Fakta tersebut membuat TikTok menjadi salah satu media promosi online yang paling potensial. Meski sangat menarik, jika tak dilakukan dengan benar kemungkinan yang terjadi adalah promosi TikTok gagal.
Mengapa itu terjadi? Inilah yang akan kita bicarakan dalam pembahasan kali ini. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari mengapa kampanye promosi TikTok Anda gagal dan apa yang dapat Anda lakukan.
Mengapa Anda harus Promosi di TikTok?
Seperti disinggung di atas, TikTok memiliki pengguna yang sangat besar dan sangat aktif. Selain itu algoritma penemuan konten TikTok dibuat sedemikian rupa untuk memberikan setiap konten kesempatan yang sama untuk menjadi populer dan menjadi viral.
Itu sangat mungkina terjadi meskipun Anda bukan konten kreator populer dengan banyak pengikut. Hal itu juga berarti Anda dapat mencapai pertumbuhan brand yang jauh lebih cepat daripada di platform media sosial lainnya.
Mengapa Promosi TikTok Gagal?
TikTok adalah sosial media dengan sebuah algoritma tersendiri dimana terdapat begitu banyak peluang untuk menjangkau audiens. Di bawah ini adalah lima alasan umum mengapa promosi Anda gagal memenuhi ekspetasi.
1. Tidak Relevan Dengan Target Audiens
Yang sering terjadi, promosi TikTok gagal karena tak mampu terhubung dengan audiens. Ini karena konten tak relevan dengan audiens yang di tuju. Jadi, jika Anda tidak melakukan riset audiens target dengan tepat, Anda tidak akan bisa memastikan konten promosi yang Anda buat menarik untuk mereka.
2. Tidak Sesuai dengan Kultur TikTok
Bahkan jika Anda telah melakukan riset dengan benar, Anda mungkin gagal menarik perhatian audiens. Ini terjadi karena materi promosi tidak sesuai dengan kultur TikTok yang unik berdasarkan keaslian, keterlibatan, dan kebebasan berekspresi.
Kampanye pemasaran TikTok Anda mungkin terlalu serius dengan gaya korporat yang kaku atau pendekatan tradisional untuk mendongkrak penjualan. Ketimbang terlalu serius, keluarkan kreativitas, humor atau sesuatu yang sedang tren dalam kampanye Anda.
3. Menggunakan Kembali Konten dari Sosial Media lain
Penyebab promosi TikTok gagal yang satu ini adalah kesalahan yang juga banyak dilakukan. Tentu, Anda mungkin tergoda untuk mengambil konten yang sudah Anda buat di Instagram misalnya, dan memakainya kembali untuk TikTok.
Tapi seperti dijelaskan di atas, TikTok memiliki algoritma tersendiri yang unik. Promosi pada sebuah platform harus fokus pada format konten dan preferensi pengguna pada platform tersebut, jadi jangan mencoba membuat satu strategi pemasaran untuk semua jenis platform.
4. Mencoba Viral Dengan Membabi Buta Mengikuti Tren
Anda mungkin pernah menemukan konten bermerek yang aneh dimana mereka menggunakan audio trending, tapi tak relevan dengan konten videonya. Itu terjadi karena mereka mengikuti tren untuk menjadi viral dan mendapatkan lebih banyak pengikut. Menggunakan audio yang sedang tren merupakan trik yang bagus, namun tentu harus dibarengi dengan video yang relevan.
5. Salah Memilih Influencer
Promosi TikTok juga bisa gagal karena Anda salah memilih influencer. Anda bisa menemukan banyak konten kreator TikTok yang memiliki ribuan bahkan jutaan pengikut namun tidak tahu cara melibatkan audiens. Influencer seperti itu bukan pilihan yang tepat jika ingin membangun kehadiran brand Anda dengan autentik.
Baca juga: FYP Tiktok Jam Berapa? Cari Tahu di Sini!
Dengan menganalisa penyebab promosi TikTok gagal, Anda bisa memperbarui strategi promosi Anda. A-Creative merupakan penyedia berbagai layanan social media marketing dengan strategi yang handal dan telah teruji. Informasi lebih lanjut bisa didapatkan melalui https://a-creative.id/ atau temukan @acreative.id di Instagram.