fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Contoh Bisnis Model Canvas Online Shop Cek di Sini!

contoh bisnis model canvas online shop

Terdapat berbagai model bisnis yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Salah satu model bisnis yang belakangan populer adalaah bisnis model canvas. Contoh bisnis model canvas online shop banyak dipakai karena kemudahan dalam menata sebuah bisnis.

Model ini memungkinkan Anda untuk mengumpulkan lalu memecah semua poin bisnis utama dalam sebuah visual grafis yang mudah dipahami. Kesederhanaan membuat Anda mampu menghasilkan kinerja yang lebih optimal.

Apa Itu Bisnis Model Canvas?

Business Model Canvas adalah merupakan tampilan visual grafis yang mempresentasikan dasar bisnis Anda. Konsep ini dikembangkan oleh Swiss, Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur. Mereka memecah poin utama dari sebuah bisnis untuk memberikan gambaran bisnis secara lebih ringkas.

Inilah mengapa bisnis model canvas banyak digunakan. Beberapa contoh bisnis model canvas online shop juga banyak digunakan untuk memudahkan investor atau mitra bisnis dalam memahami konsep dan strategi suatu bisnis.

contoh bisnis model canvas online shop

Cara Membuat Bisnis Model Canvas Online Shop

Saat ini terdapat banyak bisnis yang berhasil mengaplikasikan bisnis model ini. Beberapa contoh bisnis model canvas online shop termasuk pada perusahaan-perusahaan besar multinasional. Cara membuat bisnis model canvas adalah dengan menampilkan detail dari masing-masing komponen utama.

Key partners

Pada komponen ini Anda harus memahami siapa saja rekan strategis dalam bisnis Anda. Key partners sangat penting karena merekalah yang akan memberi Anda dukungan pada bisnis Anda. Misalnya, ketika online shop Anda butuh jasa pengiriman, maka Anda bisa menjalin kerja sama dengan jasa ekspedisi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Key Activities

Komponen ini mendefinisikan semua hal yang menurut Anda penting agar operasional bisnis berjalan dengan baik. Pada bagian ini Anda harus menyoroti aktivitas yang menjadi ciri perusahaan Anda dan karenanya juga menciptakan nilai bagi pelanggan Anda. Dalam contoh bisnis model canvas online shop elemen ini termasuk media transaksi.

Value Proposition

Ini adalah komponen yang menjelaskan tentang value atau nilai apa yang Anda tawarkan pada konsumen. Komponen ini dapat berupa solusi atas permasalahan konsumen atau nilai baru yang Anda tawarkan atas solusi yang pernah ada.

Costs Of The Structure

Di bagian ini, Anda harus mendeskripsikan segala sesuatu yang berkaitan dengan biaya untuk menjalankan bisnis Anda. Biaya dapat bertambah atau berkurang seiring berjalannya waktu, jadi bagian ini harus disusun secara teliti.

Sources Of Revenue

Di bagian ini Anda harus menunjukkan sumber pendapatan dan struktur biaya Anda sehingga Anda dapat memperkirakan laba kotor Anda. Oleh karena itu, Anda harus menentukan jenis struktur, jenis pembayaran, dan apa model bisnis Anda.

Segmentation

Pada model bisnis canvas, Anda harus mengetahui target dan segmen pelanggan. Penting untuk memahami pelanggan Anda untuk memudahkan pemasaran, baik untuk memelihara segmentasi tersebut atau untuk menyusun strategi perluasan segmentasi di masa depan.

Channels

Ini adalah bagian dari model bisnis canvas di mana Anda harus memutuskan bagaimana Anda akan menjangkau pelanggan Anda. Oleh karena itu, Anda wajib memasukkan semua strategi Anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Di bagian ini yang terpenting adalah Anda harus merinci semua tindakan yang akan Anda lakukan untuk mencapai target penjualan.

Key Resources

Semua komponen diatas tentu tidak akan berjalan dengan baik tanpa sumber daya yang memadai. Memiilih dan mengatur komponen key resources dengan tepat akan dapat mendorong kelancaran sebuah bisnis. Contoh dari komponen ini termasuk ponsel, jaringan internet, laptop, kendaraan, dan lainnya sesuai kebutuhan bisnis.

Baca Juga : 10 Fungsi Website Untuk Perusahaan

Itulah pengertian beserta contoh bisnis model canvas online shop. A-Creative memiliki berbagai layanan digital marketing dengan strategi handal yang sangat cocok untuk membantu perkembangan bisnis Anda. Temukan @acreative.id di Instagram atau https://a-creative.id/  untuk info dan penawaran menarik.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising