Instagram merupakan platform sosial media yang juga bisa digunakan sebagai sarana promosi. Fitur yang lengkap memudahkan para pemilik online shop seperti Anda dalam memikat audiens target. Fitur dasar seperti feed Instagram online shop dapat Anda gunakan untuk memancing engagement atau keterlibatan.
Engagement yang bagus dibutuhkan untuk menciptakan hubungan positif dengan calon pelanggan. Ini juga penting agar konten Anda diprioritaskan oleh algoritma Instagram, yang memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak audiens yang relevan dengan produk atau layanan Anda.
Memiliki banyak pengikut tidak menjamin tingkat keterlibatan yang tinggi. Untuk memancing pengikut agar aktif terlibat, Anda harus memiliki strategi khusus. Memposting konten menarik dalam feed Instagram online shop Anda adalah hal utama yang harus Anda lakukan.
Ide Feed Instagram Online Shop
Lalu, bagaimana cara menyajikan konten menarik untuk para followers? Simak panduan berikut hingga akhir!
Photo Dumps Estetis
Memposting kumpulan foto random mampu menarik minat audiens. Anda bisa memilih kumpulan foto-foto produk secara acak, lalu menyusunnya lebih estetis dalam sebuah postingan carousels atau reels.
Ada pula opsi untuk mengumpulkan foto-foto pelanggan yang menggunakan produk Anda secara acak. Selain untuk mendekatkan diri dengan pelanggan, photo dump nampak lebih otentik dan sedang ngetren pada audiens remaja.
Konten Pendidikan
Baik melalui infografis sederhana, postingan slide, dan Reels Anda selalu dapat memfungsikan Instagram Anda sebagai sebagai posting blog mini. Memberikan value pada follower dengan informasi berguna yang relevan dengan audiens atau produk Anda adalah salah satu ide dasar feed Instagram online shop.
Jenis postingan ini mengharuskan pembaca menghabiskan waktu ekstra di halaman Instagram Anda. Jenis posting ini juga bagus untuk keterlibatan dan diskusi. Semua hal di atas mengirimkan sinyal positif ke algoritma Instagram.
Konten Interaktif
Anda juga bisa memancing interaksi audiens dengan pertanyaan, kuis, dan game sederhana. Interaksi bisa membantu untuk meningkatkan insights dari audiens, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan penjualan dan mengembangkan produk.
Before After
Jika produk atau layanan Anda mampu mengubah sesuatu, terkadang menunjukkan hasil akhir saja tak cukup mengesankan bagi audiens. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba postingan before after yang membantu Anda menyampaikan dampak produk dengan lebih efektif.
Ketimbang postingan satu foto, Anda bisa membuatnya menjadi lebih dramatis menggunakan postingan carousel. Pastikan untuk menempatkan gambar before terlebih dahulu untuk memancing rasa penasaran audiens.
Behind The Scene
Konten jenis behind the scene akan membuat audiens merasa lebih dekat dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat menampilkan bagaimana tim Anda menjalani hari-hari pada proses produksi.
Atau Anda juga memiliki opsi untuk menunjukkan kepada mereka seperti apa proses yang lebih spesifik. Ini akan membangun kepercayaan dan menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan audiens.
Giveaway
Konten jenis ini mampu mendapatkan banyak keterlibatan dengan cepat. Untuk hasil terbaik, Anda dapat menawarkan hadiah yang relevan dengan audiens target. Memberikan hadiah yang tak relevan hanya akan memberikan engagement yang bagus, namun tak memberi Anda audiens potensial yang benar-benar bisa menjadi pelanggan.
Baca Juga: Cara Targeting Facebook Ads Agar Iklan Efektif
Setelah membaca panduan membuat konten feed Instagram online shop secara lebih menarik, kini Anda telah selangkah lebih maju dalam mengembangkan bisnis Anda. A-Creative memiliki layanan digital marketing untuk social media marketing yaitu pengelolaan social media dan iklan di social media, info lengkap di https://a-creative.id/ atau Instagram @acreative.id.