Ketika berbicara tentang dunia periklanan, saat ini ada dua pilihan utama yakni iklan online dan offline. Keuntungan iklan online menjadi sangat luas ketika internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Ada berbagai hal yang membuat iklan jenis ini lebih efisien ketimbang iklan offline.
Iklan online menawarkan banyak cara untuk menjangkau audiens, mulai dari iklan media sosial, PPC, CPM, dan lainnya. Jika masih ragu, berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus mulai mempertimbangkan beriklan secara online.
Lebih Murah
Keuntungan iklan online pertama adalah biaya yang lebih murah daripada iklan konvensional. Anda tak perlu menyiapkan anggaran marketing yang besar, atau mungkin tim periklanan yang besar.
Dengan iklan jenis PPC misalnya, Anda hanya akan membayar saat calon pelanggan mengklik iklan yang Anda buat. Anda juga dapat menetapkan batasan anggaran harian, yang memungkinkan Anda mengontrol dengan tepat berapa banyak yang Anda belanjakan untuk iklan.
Mudah Dianalisa
Iklan online memungkinkan Anda memberikan kemudahan dalam pengukuran tingkat keberhasilan sebuah kampanye. Kemudahan seperti ini tentu sulit didapatkan pada jenis iklan offline. Dengan berbagai macam tools gratis macam Google Analytics, Anda bisa dengan mudah mengukur dan melakukan evalusasi terhadap kampanye iklan yang telah dijalankan.
Segera setelah mulai menampilkan iklan, secara otomatis Anda mendapatkan informasi tentang kampanye Anda. Dengan wawasan yang didapat, Anda lalu dapat menyesuaikan strategi untuk mendapatkan lebih banyak minat.
Terlebih lagi, Anda mendapatkan semuanya secara instan. Tak perlu menunggu laporan akhir bulan untuk melihat apakah kampanye Anda berhasil atau tidak. Ketika Anda dapat melakukan analisa dan evaluasi secara terus menerus, maka efektifitas iklan secara otomatis akan meningkat.
Sangat Tertarget
Kemudahan untuk menghasilkan konten yang tertarget merupakan keuntungan iklan online lainnya. Dalam iklan offline, sebagian besar budget iklan Anda digunakan untuk mengirim pesan massal ini ke sebanyak mungkin orang, dengan harapan beberapa orang akan melihat dan tertarik pada produk Anda.
Itu jelas berbeda dengan iklan online dimana Anda dapat menargetkan audiens tertentu, kemudian mempersonalisasi iklan agar relevan dengan mereka. Metode penargetan modern yang ditawarkan iklan online memungkinkan Anda menampilkan iklan hanya kepada orang-orang yang tertarik, sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak prospek yang berkualitas.
Jangkauan Luas
Dengan iklan online, Anda dapat menyampaikan informasi kepada ribuan bahkan jutaan orang secara bersamaan di seluruh penjuru dunia. Tak peduli sekecil apa perusahaan yang Anda miliki, cara tersebut mampu meningkatkan jangkauan Anda.
Jika terjadi ribuan penjualan, Anda juga tak perlu repot menanganinya satu per satu karena ada banyak tools tersedia dalam membantu Anda menangani pelanggan. Tentu berbeda dengan penjualan offline yang membutuhkan lebih banyak orang ketika terjadi lebih banyak penjualan.
Merangsang Pertumbuhan Bisnis
Ketika menggunakan iklan online, akan terjadi peningkatan dari sistem lama menjadi sistem yang lebih efektif. Hal ini berbanding lurus dengan peningkatan peluang bisnis. Dengan efektifitas dan penjualan yang meningkat, lambat laun ekspansi akan terjadi, dan bisnis semakin tumbuh ke arah yang lebih baik.
Baca juga : Belajar Tiktok Ads Cara Daftar Hingga Beriklan
Dengan beragam keuntungan iklan online yang ditawarkan, maka tak salah jika menyebut bahwa iklan jenis ini merupakan salah satu kunci utama perkembangan sebuah bisnis. Untuk hasil maksimal, selalu konsultasikan dengan ahlinya. A-Creative ada layanan digital marketing untuk iklan online baik di social media (SMM) atau di Google (SEM). Kunjungi a-creative.id atau @acreative.id untuk info lebih lanjut.