fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Karir Digital Marketing, Bagaimana Peluangnya?

Karir Digital Marketing,
Karir Digital Marketing,

Dunia digital tumbuh secara cepat dan telah mengubah kebiasaan masyarakat. Seperti, turut membuka peluang karir digital marketing. Mulai dari posisi kreatif seperti penulisan konten hingga peran yang lebih berat seperti analisis data. Pada dasarnya, hampir setiap bisnis membutuhkan tim digital marketing berbakat untuk mengembangkan bisnis mereka.

Secara sederhana, digital marketing sendiri adalah strategi pemasaran yang dilakukan melalui media digital. Apa saja contohnya? Yaitu, media sosial, e-mail dan iklan digital. Digital marketing amat lekat dengan sifat yang selalu berubah, sehingga jika ingin berkarir di bidang ini. Anda tidak boleh takut akan perubahan.

Macam-Macam Jenis Pekerjaan Atau Karir Di Dunia Digital Marketing

Ada banyak pekerjaan yang tersedia di industri digital marketing dimana masing-masing membutuhkan keahlian berbeda. Di bawah ini adaalah jenis pekerjaan atau karir paling populer dalam dunia digital marketing, khususnya di Indonesia.

Social Media Specialist

Social Media Specialist adalah jenis pekerjaan yang memiliki tanggung jawab dalam membuat dan mengelola konten di semua platform media sosial, seperti Facebook, TikTok, Instagram, dan Twitter, sebagai jalan membangun audiens dan memastikan keterlibatan pelanggan.

Social Media Specialist bertugas memantau metrik sebuah kampanye, menanggapi komentar hingga mengawasi desain kreatif. Tak ketinggalan, kemampuan untuk mengidentifikasi key opinion leader sebagai peluang marketing. Seorang social media specialist memiliki pemahaman tentang paid endorsement juga sangat dibutuhkan.

Search Engine Optimization Specialist

Search Engine Optimization (SEO) Specialist adalah bidang karir digital marketing yang mengoptimasi website agar punya performa baik di mesin pencari. Untuk itu, para profesional bidang ini wajib memahami cara meningkatkan peringkat di mata mesin pencari.

SEO Specialist melakukan optimasi on-page untuk menumbuhkan hasil pencarian yang relevan. Serta, memastikan adanya peningkatan lalu lintas situs. Kesemuanya bermuara pada pertumbuhan audiens potensial dan kesadaran merek.

Business Analytics Specialist

Business Analytics Specialist adalah bidang pekerjaan yang memiliki tugas menganalisa data untuk membuat rekomendasi prediktif serta penerapan teknik pengoptimalan sebuah bisnis. Kemudian, seorang Business Analytics Specialist mengkomunikasikan hasilnya kepada pemangku kepentingan.

Setiap perusahaan atau bisnis mencari cara yang memudahkan mereka dalam pengambilan keputusan dan business analytics specialist menjawab akan kebutuhan tersebut. Yang membuat jenis pekerjaan ini menonjol adalah kenyataan bahwa peran ini dibutuhkan di hampir semua bidang industri.

Brand Management

Brand Management adalah jenis pekerjaan yang memiliki tugas mengelolaa sebuah merek dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk, layanan, dan lini produk yang termasuk dalam merek mereka mendapatkan citra positif di mata pelanggan dan calon pelanggan.

Dalam skala tertentu brand management juga dapat memainkan peran penting dalam tim manajemen senior saat memberikan rekomendasi serta analias tentang aktivitas sebuah merek serta memberi masukan untuk mendukung strategi dan arah perusahaan.

UI/UX Designer

Sesuai dengan namanya, UI/UX designer adalah jenis karir digital marketing yang memiliki tanggung jawab dalam desain UI/UX yang terdiri dari desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX). Desain pengalaman pengguna bertujuan meningkatkan interaksi pengguna dengan produk atau layanan digital maupun fisik.

Pada intinya seorang UI/UX designer wajib memastikan pengalaman pengguna dalam menggunakan produk atau layanan menjadi lebih mudah, lebih efektif, dan lebih menyenangkan. Beberapa tanggung jawab UI/UX designer termasuk melakukan penelitian tentang perilaku dan demografi pengguna, menganalisis pesaing, menghasilkan gambar rangka alur pengguna, membuat prototipe produk, dan menguji produk pada pengguna.

Nah, demikian penjelasan tentang karir digital marketing. Jika Anda membutuhkan konsultasi bisnis dalam bidang digital marketing, Anda dapat menghubungi A-Creative yang menawarkan layanan berkualitas dengan biaya terjangkau.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising