Sejak beberapa tahun terakhir, dunia dilanda pandemi Covid 19. Hal ini tentunya berpengaruh pada perkembangan bisnis dan penerapan strategi marketing. Banyak pelaku bisnis di masa pandemi yang gulung tikar. Para pelaku bisnis mencoba memasuki dunia online agar bisa bertahan. Bisnis online membutuhkan strategi marketing yang tepat agar dapat berkembang. Salah satunya, dengan penerapan formula FAB copywriting untuk meningkatkan omset bisnis.
Apa itu FAB copywriting? Yuk, simak penjelasan berikut ini!
Pengertian Copywriting
Copywriting menjadi salah satu komponen yang penting dalam penerapan digital marketing. Copywriting artinya teknik penulisan yang diterapkan dalam strategi digital marketing untuk membuat calon konsumen tertarik mengenal brand Anda dan membeli produk Anda.
Dalam copywriting, copy yang dimaskud adalah sebuah konten digital marketing. Konten tersebut berupa kalimat perusasif yang ditujuan untuk audiens. Konten tidak hanya berbentuk teks saja, tetapi bisa berupa gambar, audio dan video.
Pengertian Formula FAB Copywriting
Setelah mengetahui pengertian copywriting, selanjutnya Anda perlu mengetahui apa itu formula FAB dalam copywriting. FAB akan sangat membantu Anda dalam membuat copywriting yang tepat untuk target market Anda.
Formula FAB membantu Anda menemukan alasan mengapa audiens perlu mengakses brand dan membeli produk Anda. Dengan memahami formula ini, Anda akan lebih mudah memahami audiens Anda. Oleh karena itu, Anda akan semakin mudah pula dalam memenuhi ekspektasi mereka terhadap produk Anda.
Formula FAB terdiri dari:
a. Features – Fitur
Features terkait dengan fitur produk atau layanan Anda. Membahas semua fitur yang ada pada produk Anda akan menghabiskan banyak waktu. Maka, Anda hanya perlu membahas fitur utama dari produk Anda. Hal ini akan memudahkan konsumen dalam memahami produk atau layanan yang Anda tawarkan.
b. Advantages – Keuntungan
Advantages terkait dengan keuntungan pelanggan jika menggunakan produk Anda. Jelaskan kepada audiens apa kelebihan dari produk Anda dibanding dengan produk pesaing.
Biasanya konsumen akan melakukan perbandingan sebelum membeli suatu produk atau menggunakan suatu layanan. Hal ini akan sangat membantu konsumen untuk menjatuhkan pilihannya pada produk atau layanan Anda.
c. Benefits– Manfaat
Benefits terkait dengan manfaat dari produk atau layanan Anda. Kuncinya adalah sampaikan manfaat yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan target market Anda. Dengan begitu, audiens Anda secara tidak langsung akan tergiring untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk atau layanan Anda.
Langkah Membuat Copywriting dengan Formula FAB
Formula FAB membantu copywriter lebih fokus untuk menarik perhatian target market. Sehingga kata-kata yang dibuat akan lebih efektif untuk menarik pelanggan.
Tips membuat copywriting dengan formula FAB:
- Mengetahui apa saja fitur produk yang akan dipromosikan
- Tunjukkan satu atau dua keunggulan produk tersebut
- Pahami benefit apa yang bisa bermanfaat bagi pelanggan jika menggunakan produk tersebut.
Pemasaran online akan lebih efektif jika didukung dengan copywriting yang tepat. Hal ini bisa menjadi solusi untuk bisnis di masa pandemi agar bisa tetap berjalan. Coba terapkan formula FAB copywriting dalam strategi promosi Anda. Hubungi agensi penulis profesional yang bisa membantu Anda mendapatkan copywriting berkualitas.
Baca Juga: Menyelamatkan Bisnis di Tengah Resesi dengan Instagram
Digital Marketing Agency A-Creative memiliki tim penulis handal yang sudah berpengalaman membuat copywriting dengan formula FAB. Copywriting yang tepat akan lebih efektif dalam meningkatkan omset bisnis Anda. Kembangkan bisnis Anda di dunia digital bersama certified digital marketer di A-Creative. Cari tahu apa saja layanan yang tepat untuk Anda, kunjungi website a-creative.id!