fbpx

Menyelamatkan Bisnis di Tengah Resesi dengan Instagram

menyelamatkan bisnis di tengah resesi
menyelamatkan bisnis di tengah resesi

Pandemi Covid-19 membawa ancaman resesi ekonomi di beberapa negara, termasuk Indonesia. Menurut data dari BPS (Badan Pusat Statistik) Indonesia mengalami minus sebesar 5,32% untuk PBD (Produk Domestik Bruto) pada kuartal II tahun 2020.  Para pebisnis memutar otak bagaimana cara bisnis di tengah resesi tetap bisa bertahan. Salah satu langkah yang ditempuh yaitu meningkatkan penjualan produk online. Instagram menjadi salah satu media online populer dan efektif untuk melakukan pemasaran di masa resesi ini.

Mengapa Instagram? Sebab, Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler di Indonesia. Indonesia termasuk urutan 5 besar pengguna Instagram terbanyak di dunia. Tahun 2021, ada lebih dari 91,7 juta pengguna Instagram di Indonesia menurut data dari Databoks. Selain itu Instagram juga menyediakan fitur unggulan seperti Instagram Shopping yang semakin memudahkan para pemilik bisnis memasarkan produk mereka secara online. Apakah Anda ingin tahu lebih lanjut tips instagram marketing untuk menyelamatkan bisnis di tengah resesi?

Apa itu Instagram Marketing?

Tips instagram marketing

Sebelum kita membahas bagaimana strategi instagram marketing dapat menyelamatkan bisnis di tengah resesi, kita mulai dengan mengetahui Instagram marketing. Instagram marketing adalah strategi atau upaya yang dilakukan dalam bidang pemasaran menggunakan media Instagram. Instagram marketing terbagi dua bagian yaitu organik dan berbayar. Instagram marketing organik meliputi penggunaan fitur Instagram secara optimal, seperti post, story, IG TV dan reels. Sedangkan yang berbayar yaitu IG Ads atau jasa influencer Instagram.

Mampukah Instagram Menyelamatkan Bisnis di Tengah Resesi?

Social media marketing adalah upaya yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis di tengah resesi. Mengenai efektivitas tergantung kepada bagaimana Anda memanfaatkan media sosial terutama Instagram untuk menguatkan bisnis Anda dalam masa resesi.

Menurut sebuah studi dari Science Direct, 70 persen konsumen menggunakan media sosial untuk mencari informasi brand dan produk dan sekitar setengahnya melakukan pembelian berdasarkan informasi dari media sosial. Tentu data tersebut akan terus bertumbuh seiring berjalannya waktu. Maka, dapat disimpulkan media sosial marketing salah satu metode pemasaran yang efektif saat ini.

Sejak rilis tahun 2010, perkembangan Instagram sangat pesat di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Instagram menjadi media sosial terpopuler yang mengandalkan konten visual sebagai daya tariknya. Hal ini sangat cocok dengan pemasaran produk secara online yang juga mengandalkan kekuatan visual. Sebab, pelanggan tidak dapat melihat langsung produk seperti pada pasar konvensional. Maka, media visual sangat kuat perannya untuk menarik minat pelanggan.  

Tidak berhenti di situ, Instagram terus berinovasi dengan fitur-fitur yang semakin mendukung pemasaran online. Saat ini, fitur reels Instagram sedang hits dan tak sedikit perusahan kecil hingga besar menggunakannya untuk media pemasaran. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba tips Instagram marketing yang akan kita bahas selanjutnya untuk menyelamatkan bisnis di tengah resesi.

Tips Instagram Marketing untuk Bisnis di Tengah Resesi

Apa yang harus dilakukan pertama kali jika Anda tertarik menggunakan Instagram sebagai media pemasaran? Tenang, kita akan kupas satu per satu tipsnya! Tidak perlu khawatir jika Anda pemula dalam hal ini sebab kita akan membahas mulai dari tahap awal.

Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Hal yang pertama dalam tips Instagram marketing yaitu mengatur akun Anda menjadi akun Instagram bisnis. Hal ini tidak sulit. Mari ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara mengubah akun menjadi Instagram bisnis:

  • Login menggunakan akun Instagram Anda atau buat dulu akun Instagram jika Anda belum memilikinya. Sebaiknya gunakan nama akun yang mewakili bisnis Anda.
  • Masuk ke bagian “pengaturan” pada profil Instagram Anda, lalu pilih “akun” dan pilih “beralih ke akun profesional”. Lanjutkan proses peralihan akun dengan memilih kategori bisnis. Selanjutnya, konfirmasi email dan nomor telepon bisnis Anda.
  • Hubungkan akun Instagram ke Facebook Page jika ada.

Mengelola Akun Instagram Bisnis Anda

Anda sudah selesai mengatur akun Instagram bisnis dan akun Anda siap dioptimasi sebagai media pemasaran online. Anda perlu mengelola akun Instagram bisnis Anda. Jangan bingung, kami akan berbagai beberapa tips mengelola Instagram untuk bisnis Anda.

  • Optimalkan konten visual Anda. Faktor visual adalah yang utama untuk menarik minat calon pelanggan Anda. Buatlah konten foto produk yang cantik. Anda pun dapat mengatur feeds Instagram agar terlihat aesthetic.
  • Buatlah konten Instagram yang dapat mendorong interaksi dengan audiens Anda. Anda bisa sesekali membuat caption post atau story berisi pertanyaan, polling, kuis dan sebagainya.
  • Buatlah konten video untuk menaikan engagement akun bisnis Anda. Video singkat di feeds, story, reels atau IG TV. Manfaatkanlah semua fitur Instagram yang ada.
  • Gunakan hashtag populer yang berhubungan dengan bisnis Anda supaya bisnis Anda masuk ke tab explore pengguna Instagram. Dengan begitu, peluang Anda mendapat lebih banyak pengikut semakin besar.  
  • Buatlah konten yang otentik dan unik dan tidak terlalu hardselling. Sesuaikan konten dengan kebutuhan target audiens Anda. Anda bisa membuat tips, edukasi, tutorial, cerita pengalaman atau apa pun yang masih relevan dengan bisnis Anda.
  • Optimalkan tips Instagram marketing yang Anda jalankan menggunakan IG Ads atau iklan Instagram. IG Ads dapat menjangkau target audiens lebih luas yang potensial sebagai pelanggan Anda.

Gunakan Instagram Shopping

Instagram tidak hanya sebagai media promosi tapi dapat sekaligus Anda gunakan sebagai tempat jualan. Caranya dengan memanfaatkan fitur Instagram Shopping. Instagram Shopping memudahkan penjual untuk memasarkan produk dengan menggunakan tag product pada post atau story Anda. Selain itu Instagram Shopping juga memudahkan pelanggan melakukan transaksi tanpa harus berpindah aplikasi. Tentu ini bermanfaat untuk meningkatkan penjualan Anda.

Manfaatkan Fitur Instagram Insight

Hal yang jangan sampai Anda lewatkan adalah memanfaatkan fitur Instagram Insight dalam mengoptimalkan pemasaran Instagram Anda. Instagram Insight membantu Anda menganalisis dan mengevaluasi perkembangan pemasaran Anda di Instagram. Sehingga Anda lebih mudah mengembangan bisnis di tengah resesi.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan Instagram Insight:

  • Pada menu Audience Anda dapat mengetahui data followers Anda, seperti usia, jenis kelamin dan lokasinya.
  • Masih di menu Audience Anda dapat mengetahui waktu di mana akun Anda paling banyak dikunjungi followers.
  • Pada menu Activity Anda dapat mengetahui data profile visits dan website clicks.
  • Masih di menu activity Anda dapat melihat reach (jumlah audiens yang dijangkau) dan impressions (jumlah postingan Anda yang dilihat audiens).
  • Pada menu Content Anda dapat mengetahui performa konten Anda.

Baca juga : 10 Cara Meningkatkan Engagement Instagram Bisnis dengan Pelanggan

Instagram marketing tentunya bukan satu-satunya cara menyelamatkan bisnis di tengah resesi. Namun, tips Instagram marketing ini mungkin sedikit banyak dapat membantu Anda mengambil langkah untuk mempertahankan dan mengembangan bisnis Anda saat ini. Optimalkan dengan strategi pemasaran lainnya agar bisnis Anda tetap bertahan dan semakin berkembang walaupun ada ancaman resesi ekonomi.

Jika Anda membutuhkan bantuan tim profesional untuk mengembangkan bisnis di tengah resesi melalui strategi digital marketing, A-Creative adalah solusinya! A-Creative menyediakan solusi berupa layanan dan teknologi digital marketing terupdate dan efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Kunjungi website resmi A-Creative untuk mengetahui apa saja layanan unggulan yang ada!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.