fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Intip Cara Membuat Campaign E-mail Marketing yang Sukses!

Secara bahasa campaign artinya kampanye atau kegiatan penyampaian informasi. Dalam dunia marketing, campaign artinya sebuah cara mempromosikan produk atau layanan melalui berbagai media offline dan online.  Campaign punya bermacam-macam jenis.

Campaign bisa berupa publik campaign yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan audiens dan menumbuhkan opini positif. Ada juga istilah black campaign atau kampanye hitam yang penerapannya menggunakan rumors atau menyebarkan informasi yang bisa menimbulkan opini negatif yang tidak etis.

Marketing campaign termasuk proses perencanaan dan pelaksanaan mengenai suatu brand atau produk yang akan dipasarkan. E-mail marketing adalah bagian dari marketing campaign yang dilakukan dengan tujuan menjaga hubungan dengan pelanggan atau calon pelanggan bisnis Anda.

Bagaimana cara membuat campaign email marketing yang sukses? Simak tips berikut ini!

Tentukan Jenis Campaign Bisnis Anda

Sebelum mulai mengirimkan email marketing terkait campaign Anda, tentukanlah jenis campaign yang hendak Anda jalankan. Apa tujuan dari campagin Anda? Membuat suatu campaign artinya Anda bisa mempromosikan produk baru, meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement bisnis, mengiklankan event dan sebagainya.

Setelah tahu tujuan dari campaign Anda, selanjutnya adalah kelompokkan profil pelanggan dan daftar e-mail pelanggan Anda. Pastikan campaign yang akan dijalankan sudah sesuai dengan audiens yang Anda tuju. 

Hindari Membeli Database E-mail

Gunakan e-mail list dari database yang Anda miliki. Sebisa mungkin hindari membeli database e-mail dari pihak lain. Tujuan dasar dari sebuah campaign email marketing adalah membangun dan memelihara engagement pelanggan.

Membeli database e-mail dari pihak lain membuat campaign Anda tidak berjalan seperti seharusnya. Kontak e-mail yang Anda dapatkan belum tentu sesuai dengan tujuan campaign yang Anda buat. Jadi, supaya mendapatkan hasil yang nyata dari campaign Anda buatlah database Anda sendiri.

Anda bisa menempatkan form pada website, blog, web app dan sebagainya untuk mendapatkan data pelanggan Anda sendiri. Akuisisi data terhadap pelanggan juga bisa dilakukan dengan membuat form pada event, workshop, seminar dan sebagainya.

Membuat E-mail Marketing yang Baik

Campaign e-mail marketing yang sukses ditentukan dari bagaimana Anda membuat e-mail marketing tersebut. Mulailah dengan welcome e-mail kepada audiens Anda sebagai kesan pertama dan sapaan yang hangat. Berikan gambaran secara garis besar tentang apa yang Anda tawarkan untuk mereka.

Selanjutnya, membuat e-mail template yang dirancang secara profesional dan bisa terlihat bagus dibaca dari perangkat apa pun. Sesuaikan template dengan brand Anda. Masukkan logo bisnis Anda, kontak dan link media sosial. 

Baca juga Kenapa Harus Menggunakan Digital Marketing Pada Bisnis?

Pilih Penyedia Layanan E-mail Marketing yang Terpercaya

Membuat dan mengelola e-mail marketing secara serius untuk bisnis Anda sebaiknya menggunakan jasa layanan e-mail marketing yang terpercaya. Keuntungan menggunakan jasa layanan e-mail marketing adalah Anda bisa mendapatkan template email profesional dan fitur tertentu untuk membantu Anda mengembangkan dan mengelola e-mail marketing Anda.

Pilih penyedia jasa email marketing yang sudah memiliki sender reputation bagus dan spam score rendah. Hal ini dilakukan untuk memastikan campaign Anda sampai kepada audiens dengan aman. Lakukan pengecekan profil jasa penyedia layanan e-mail dengan detail sebelum menggunakan jasa mereka.

Jadi, sebuah campaign e-mail marketing adalah salah satu cara untuk memberikan informasi mengenai produk, penjualan, kupon, diskon, event dan sebagainya. Apakah Anda tertarik menjalankan campaign e-mail marketing untuk bisnis Anda?

Hubungi A-Creative Digital Marketing Agency! Kami hadir untuk membantu Anda mendapatkan pengalaman berbisnis di dunia digital yang lebih nyaman dan praktis. Gratis konsultasi kebutuhan Anda terkait dunia digital marketing bersama A-Creative! Hubungi segera!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

HTTP vs HTTPS

HTTP VS HTTPS, Apa Bedanya?

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, tahukah jika sebenarnya Anda mengirimkan informasi ke server situs tersebut? Protokol yang digunakan dalam proses ini dapat mempengaruhi seberapa

Read More »
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising