fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Kategori Produk Shopee yang Tidak Boleh Dijual

Kategori produk Shopee

Shopee telah menjadi salah satu platform e-commerce paling diminati di Indonesia, dengan ratusan juta pengunjung setiap bulannya. Fakta ini membuka peluang besar bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis online. Apalagi, ada beragam kategori produk Shopee yang memungkinkan Anda untuk menjual produk dari berbagai niche.

Namun, untuk memastikan bahwa produk yang dijual mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia, Shopee memiliki batasan-batasan yang perlu Anda pahami. Oleh karena itu, sebelum memulai menjual produk, penting bagi Anda untuk selalu mematuhi ketentuan terkait Produk yang Dilarang dan/atau Dibatasi.

Apa Saja Kategori Produk Shopee yang Tidak Boleh Dijual?

Selain wajib memastikan bahwa produk yang dijual mematuhi hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, beberapa kategori produk yang tidak boleh dijual di platform Shopee antara lain:

Layanan Jasa, Produk Digital, dan Jasa

Shopee melarang penjualan produk-produk atau layanan-layanan yang bersifat abstrak atau non-fisik, seperti layanan konsultasi, pembelian tiket, atau pemesanan hotel.

Obat dengan Resep dan Terlarang

Shopee juga melarang penjualan obat dengan resep dan obat-obatan terlarang. Ini mencakup obat-obatan yang memerlukan resep dokter untuk pembelian serta obat-obatan yang dilarang oleh pemerintah. Ini memastikan konsumen terlindungi dari risiko penggunaan obat yang tidak sesuai dengan arahan medis atau obat-obatan yang berbahaya bagi kesehatan.

Obat Palsu atau Suplemen/Multivitamin

Penjualan obat palsu atau suplemen/multivitamin dengan klaim yang tidak didukung oleh bukti ilmiah yang valid juga dilarang di Shopee. Kebijakan ini bertujuan untuk melindungi konsumen dari produk-produk yang tidak aman.

Senjata Api dan Senjata  Tajam

Shopee melarang penjualan produk-produk yang berkaitan dengan senjata api, senjata tajam, atau alat-alat yang dapat digunakan untuk tujuan kekerasan. Selain sesuai dengan peraturan pemerintah, kebijakan ini diterapkan untuk menjaga keamanan dan mencegah penyalahgunaan produk yang dapat membahayakan orang lain.

Produk Tembakau

Sebagai penjual, Anda juga dilarang untuk menjual produk-produk tembakau seperti rokok, cerutu, dan produk-produk tembakau lainnya juga dilarang di Shopee.

Flora dan Fauna yang Dilarang, Dilindungi, dan Berbahaya

Kategori produk Shopee terakhir yang dilarang adalah barang-barang yang terkait dengan flora dan fauna yang dilindungi atau berbahaya, seperti spesies yang terancam punah atau beracun.

Kategori produk Shopee

Daftar Produk Shopee yang Dilarang

Dalam rilis resminya, Shopee membagi kategori produk yang dilarang menjadi empat kelompok yang berbeda, yaitu berdasarkan Peraturan Pabeanan Indonesia, Jasa Kirim Lokal, Jasa Kirim Antarnegara, serta Kementerian Perdagangan. Berikut adalah daftar singkat dari setiap kategori:

Dilarang oleh Peraturan Pabeanan Indonesia

Produk yang dilarang berdasarkan Peraturan Pabeanan Indonesia termasuk minuman beralkohol dan bibit kelapa sawit yang harus memiliki izin resmi, serta bayonet, panah serat karbon, penembak panah, produk farmasi, dan produk lain sesuai dengan peraturan Pabeanan Indonesia.

Dilarang oleh Jasa Kirim Lokal

Produk yang dilarang oleh jasa kirim lokal termasuk produk dewasa, aerosol, produk imitasi yang melanggar hak kekayaan intelektual, produk tembakau, produk yang mudah meledak, produk medis, dan lain sebagainya.

Dilarang oleh Jasa Kirim Antarnegara

Produk yang dilarang oleh jasa kirim antarnegara meliputi aerosol, produk imitasi dan produk yang melanggar hak kekayaan intelektual, biji-bijian, baterai, bulu binatang dan hewan yang diawetkan, produk medis, dan lain sebagainya.

Dilarang oleh Kementerian Perdagangan

Sesuai  dengan peraturan menteri Perdagangan, Anda dilarang untuk menjual produk minyak dan/atau minyak goreng subsidi.

Usahakan untuk selalu memeriksa pembaruan ketentuan ini sebelum memulai menjual produk di Shopee. Langkah ini penting untuk memastikan kepatuhan terhadap aturan yang berpengaruh pada reputasi bisnis Anda.

Selain itu, dengan mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan oleh Shopee, Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan platform untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar Anda.s

Apabila Anda ingin mengoptimalkan konversi toko online yang sedang Anda bangun, jangan lewatkan kesempatan untuk konsultasi gratis bersama tim ahli social media marketing dari A-Creative. Hubungi A-Creative di sini, dan temukan strategi yang tepat untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk Anda secara online.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising