Dunia digital marketing semakin hari semakin berkembang pesat. Semakin banyak perusahaan menggunakan media digital dan internet dalam kegiatan pemasaran atau promosi. Marketer atau pelaku marketing perlu memiliki softskill khusus agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan digital marketing.
Seorang digital marketer bertugas dalam membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan. Jika Anda ingin berkarier di dunia digital marketing, ada beberapa softskill yang perlu Anda kuasai untuk menunjang pekerjaan Anda.
Berikut adalah softskill yang harus dimiliki digital marketer:
Mampu Membangun Hubungan Baik
Seorang digital marketer harus mampu membangun hubungan baik dengan siapa pun. Terutama kepada klien, konsumen, vendor pemasaran dan sesama marketer. Seorang digital marketer yang baik harus bisa menerima masukan dan kritik dari orang lain. Digital marketer juga harus mampu menyampaikan saran dengan pertimbangan yang matang.
Menjalin hubungan baik dengan siapa pun berpengaruh terhadap kinerja seorang digital marketer yang butuh jaringan luas. Pada setiap proyek, digital marketer bisa bekerja dengan orang dan tim berbeda. Maka dari itu, digital marketer harus bisa berkolaborasi dengan baik.
Kreatif dan Inisiatif
Kreatif dan inisiatif adalah softskill yang bisa membawa kesuksesan seorang digital marketer. Perkembangan digital yang pesat mengharuskan seorang digital marketer bisa berinisiatif dalam melakukan pemasaran dengan strategi yang tepat.
Seorang digital marketer juga harus kreatif dalam menerapkan dan memilih strategi marketing. Kreatif dan inisiatif akan semakin terasah dengan banyaknya pengalaman. Digital marketer yang kreatif dan inisiatif dapat menciptakan campaign yang sukses untuk mencapai target pemasaran.
Manajemen Waktu yang Baik
Proses pemasaran dan promosi adalah kegiatan yang berjalan sangat cepat dan memiliki target. Oleh karena itu, manajemen waktu yang baik sangat diperlukan oleh digital marketer. Ada deadline dan timeline yang harus disusun dan dipatuhi oleh digital marketer untuk mencapai target tertentu.
Digital marketer harus mengatahui kapan waktu untuk melakukan riset pasar, menentukan ide dan strategi pemasaran, mengeksekusi kegiatan dan melakukan evaluasi. Tanpa manajemen waktu yang baik, maka targetnya akan sulit tercapai.
Memiliki Skill Kepemimpinan
Kepemimpinan termasuk softskill yang perlu dimiliki seorang digital marketing. Skill kepemimpinan berarti kemampuan seseorang dalam menghadapi suatu hal atau keadaan tertentu dengan baik.
Dalam pekerjaannya seorang digital marketer akan berhubungan dan bekerja sama dengan banyak pihak lain. Skill kepemimpinan yang baik membuat seorang digital marketer lebih fleksibel dalam menjalankan pekerjannya.
Bersemangat Mempelajari Hal-Hal Baru
Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap penerapan strategi digital marketing. Di era digital, teknologi berkembang sangat pesat. Oleh karena itu, seorang digital marketing harus bersemangat mempelajari hal-hal baru terkait hardskill dalam perkembangan digital marketing.
Hal-hal yang perlu dipelajari seorang digital marketer diantaranya:
- Mempelajari tools terbaru untuk menganalisis data dan riset pasar.
- Memahami prinsip Search Engine Marketing dan Search Engine Optimization.
- Update dengan perkembangan media sosial untuk kebutuhan pemasaran.
- Meningkatkan kemampuan copywriting dan story telling untuk keperluan konten.
Baca Juga Tips Memaksimalkan SEO Copywriting untuk Optimasi Website Kamu
Strategi pemasaran online sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan. Keunggulan pemasaran online dibanding pemasaran konvensional dapat dilihat dari segi efektifitas biaya dan waktu. Digital marketing mampu menjangkau audiens yang lebih luas dalam waktu cepat.
Perusahaan membutuhkan digital marketer untuk menjalankan strategi pemasaran yang lebih baik. Maka dari itu, profesi digital marketer termasuk profesi yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan.