fbpx

Video Marketing, Tingkatkan Engagement Bisnis

video marketing

Video marketing menjadi tool pemasaran yang popular dan sangat efektif saat ini. Di tengah gempuran iklan berbasis image atau gambar dan SMS promosi yang cenderung membosankan dan pasif, pemasaran dengan video memang terlihat lebih stand out di era digital.

Fakta bahwa secara total manusia menghabiskan 1 mliyar jam menonton situs YouTube menjadi bukti konten video sangat powerful.

Dari fakta diatas para marketer pun melihat konten video selain untuk hiburan (entertainment), juga efektif untuk mempromosikan barang/jasa sehingga bisa diterapkan kedalam strategi dalam marketing campaign.

Konten video bisa membuat marketing campaign lebih hidup dan fun, sehingga konsumen tidak merasa sebagai objek. Justru konsumen akan lebih dekat karena ingat dengan pesan secara visual suatu produk/jasa yang ditawarkan.

Hal ini semakin membuktikan kalau konten video adalah konten primadona. Baik perusahaan berbasis B2B atau B2C harus memasukkan dan maksimalkan ke dalam program strategi marketing campaign mereka.

Gimana, tertarik mengenai video marketing dan penasaran bagaimana memaksimalkannya? Anda beruntung, dalam bahasan dibawah ini kami breakdown kelebihan dan manfaatnya.

Apa Itu Video Marketing

Video marketing adalah konten pemasaran yang menggunakan medium video dan bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki.

konten jenis video sekarang tidak terpisahkan dengan marketing campaign karena bisa blend dan sinergi dengan segala aktivitas Above The Line dan Below The Line atau  online dan offline.

Penggunaan ragam jenis video, seperti video testimoni konsumen, video live event, video tutorial, dll kini menjadi suatu keharusan untuk menarik konsumen.

Benefit dari Video Marketing

video marketing

Konten video akan memberikan lebih banyak benefit atau manfaat dari pada konten yang statis seperti artikel dan banner ads.

Berikut benefit yang bisa bikin bisnis anda berkembang secara digital:

Tingkat Konversi Tinggi

Berdasarkan Visually (2016), landing page yang menampilkan konten video didalamnya mengalami kenaikan konversi hingga 80%.

Hal ini membuktikan konten video bisa membantu bisnis Anda bertumbuh. Namun penggunaannya juga harus disesuaikan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Ada jenis video yang bisa membuat konsumen betah di situs Anda. Berdasarkan data dari www.wyzowl.com sebanyak 74% adalah explainer video  atau video tentang produk/jasa yang ditawarkan dan manfaat yang didapat.

Memperkuat Engagement dengan Konsumen

Video marketing dengan storytelling yang kuat dan menghibur mampu meruntuhkan tembok berbentuk kata ‘Tidak’. Bukan hanya konsumen akan berkat ‘Ya’ tapi juga akan berinteraksi seperti menulis komen atau men-share ke orang lain.

Menurut penelitian juga, orang akan lebih mudah ingat dengan konten visual dibandingkan konten artikel. Sehingga pesan dalam konten video akan tertangkap dan tertinggal lama di kepala konsumen.

Bantu Naikkan Ranking SEO

Search Engine Optimization (SEO) memang berfokus kearah konten menulis atau artikel tapi itu tidak berarti konten video memiliki value yang kecil.

Bahkan dalam daftar 100 pencarian di Google ada sebanyak 70%  yang merupakan atau terdapat konten video di dalamnya. Konten video sangat bisa membawa situs anda ke halaman pertama di Google.

Video marketing yang memberikan detail yang lengkap terkait produk dan perusahaan membantu konsumen menjadi dekat dan engage.

Engagement yang tinggi akan membuat Google menilai situs dan channel Anda serius dan menempatkan di atas sebagai relevant atau related content.

Mudah Dijangkau oleh Konsumen

Hadirnya media sosial (medsos) memudahkan anda terkoneksi dengan calon pembeli dan memilih pasar yang pas dengan produk/jasa yang ditawarkan.

Apalagi sekarang beberapa medsos mulai meng-anakemas-kan konten video dengan menghadirkan inovasi baru seperti ‘REELS’ di Instagram dan ‘Shorts’ di YouTube.

Jadi, segera maksimalkan konten video agar bisnis Anda terus bertumbuh pesat. Tentunya video marketing hanya salah satu dari sekian banyak tool marketing yang ada. Jika Anda ingin bisnis Anda semakin berkembang di dunia digital, A-Creative siap membantu Anda untuk menyusun strategi digital marketing yang tepat dengan harga terjangkau.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.