fbpx

Mengenal UI/UX Writer Profesi Penulis Populer

UI/UX writer adalah sebuah profesi yang tidak yang populer sekarang ini. Pekerjaan ini acapkan dihubungkan dengan gaji yang fantastis dan aura mistis, karena hal berikut:

Pertama, adanya UI/UX writer sangatlah penting bagi keberlangsungan bisnis, terutama perusahaan yang baru merintis atau startup. Kedua, belum banyak orang yang mengetaui apa itu UI/UX writer dan apa saja tugasnya.

Perlu disadari bahwa UI/UX Writer, UX Copywriting, content strategy dan content design adalah hal yang berbeda. Jadi, Anda dapat perhatikan penjelasan di bawah ini agar tidak terjebak di paradigma yang sama dengan yang lain.

Pengertian UI, UX, UI/UX Writer

ui-ux-writer

UI atau User Interface adalah segala sesuatu yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa User Interface cakupannya luas yaitu mulai dari elemen layar, touch screen, keyboard, output suara, dan lainnya. Selama itu berkaitan dengan tampilan yang berinteraksi dengan penggunanya.

Kebutuhan dan aksesibilitas terhadap komputer kantor maupun pribadi, menjadikan User Interface menjadi sangat penting bagi pengguna. Jika pengguna tidak bisa menggunakan komputer dengan baik, maka komputer yersebut dianggap sia-sia karena tidak menjual. Dengan demikian, profesi baru bernama desainer UI hadir.

Berbeda tapi berkaitan, jika UI berkaitan dengan komputer, maka UX atau User Experience perfokus peran pada perjalanan pengguna. Kehadiran UX adalah evolusi dari perkembangan UI. UX yang merupangan pengalaman pengguna dalam menggunakan User Interface atau tampilan komputerlah yang akan memengaruhi UX dinilai bagus atau tidak.

Dengan adanya penjabaran terkait UI dan UX di atas, maka dapat kita pahami bahwa UI/UX writer adalah seseorang yang menulis untuk memandu perngguna. Ruang lingkupnya saja yang berbeda. Kalau UI/UX komputer terkait dengan kepuasan pengguna dengan komputer, maka UI/UX writer ruang lingkupnya adalah kepuasan pengguna (dalam hal ini pembaca) dan tulisan yang dibaca oleh pengguna tulisan tersebut.

Maksudnya bagaimana? Maksudnya adalah tugas seorang UI/UX adalah untuk sebisa mungkin mencapai kepuasan pembaca dengan tampilan tulisan yang dibaca. Agar mencapai tujuan tersebut, seorang UI/UX harus membuat katakata yang jelas, padat dan berguna dengan batasan tertentu. Inilah yang menjadi tantangan bagi mereka yang berprofesi sebagai UI/UX writer.

Peran di Industri 4.0

Peran UI/UX writer dalam Industri 4.0 belum tentu semudah itu untuk dimengerti banyak orang. Untuk mengetahui peranan UI/UX writer di Industri 4.0, pertama kamu harus mengerti seperti apa industri tersebut berjalan.

Di zaman sekarang, transformasi digital bukan lagi kisah fiksi sains. Lewat transformasi digital Anda dan masyarakat pada umumnya bisa mencari solusi dari tantangan sehari-hari, mulai dari belanja bulanan, cari tiket penerbangan, hingga menentukan jenis investasi mana yang paling menguntungkan dengan bermodalkan ponsel pintar. Tantangan yang sebenarnya dari industri 4.0 terletak jauh dari hal teknis, yakni bagaimana melibatkan manusia sebagai pengguna.

Menjadikan kebutuhan manusia sebagai pusat inovasi sendiri adalah prinsip lama yang dijunjung oleh para praktisi. Don Norman sampai menciptakan istilah user experience untuk mengembalikan fokus inovasi kembali ke manusia. Di masa sekarang, teknologi yang mutakhir dan memiliki desain bagus akan sia-sia jika tidak bisa memenuhi kebutuhan penggunannya.

Untuk itu, peranan seorang UI/UX writer di industri 4.0 menjadi sangat penting karena mereka menciptakan kata-kata efisien yang berguna membantu pengguna menikmati beragam terobosan mutakhir serta menjadi solusi masalah masyarakat.

Tanpa desain yang tepat dan dukungan keemampuan UI/UX writer dalam memberikan kata-kata tepat, industri digital adalah sesuatu yang sulit dimengerti. Tanpa desain dan kata-kata yang tepat, Industri 4.0 belum tentu bisa menghadirkan keseimbangan antara teknologi serta kebutuhan manusia.

Baca juga: Personal Branding LinkedIn, Cek Tipsnya Yuk!

Demikian informasi seputar UI/UX writer. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membaca informasi menarik lainnya di blog a-creative. Jika Anda membutuhkan layanan digital marketing untuk meningkatkan brand awareness dan sales , yuk hubungi a-creative!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.