fbpx

Trik WhatsApp Marketing untuk Promosi Bisnis

whatsapp marketing
trik whatsapp marketing
Young woman using cell phone to send text message on social network at night. Closeup of hands with computer laptop in background

WhatsApp tidak hanya menawarkan berbagai bentuk kemudahan dalam berkomunikasi, platform WhatsApp juga terus menghadirkan berbagai inovasi. Salah satunya adalah peran WhatsApp Marketing berupa pengembangan WhatsApp Business yang membantu Anda untuk melakukan kegiatan berbisnis secara optimal. 

Nah, salah satu tool yang dihadirkan dalam dalam WhatsApp Business, adalah tool WhatsApp Marketing. Dimana tool WhatsApp Marketing ini dapat membantu Anda dalam memasarkan produk atau layanan, melalui metode pengiriman pesan promosi, dan dapat dikatakan sebagai strategi pengiklanan yang cukup efektif.

Mungkin, Anda masih merasa asing dengan istilah WhatsApp Marketing yang satu ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini akan disajikan berbagai informasi yang membantu Anda dalam memahami peranan penting, serta berbagai kiat jitu melakukan promosi yang efektif, menggunakan tool WhatsApp Marketing.

Peranan Penting WhatsApp Marketing

Ada berbagai peranan penting yang diperoleh dari penggunaan tool WhatsApp Marketing, dan berikut ini adalah peranan yang dihadirkan oleh WhatsApp Marketing dalam membantu kegiatan berbisnis secara baik dan optimal.

Memperluas Jangkauan Customer

Dengan menerapkan tool WhatsApp Marketing Anda dapat menghadirkan berbagai bentuk kemudahan kepada customer yang tertarik untuk melakukan interaksi, entah hanya sekedar bertanya, atau bahkan melakukan pembelian terhadap produk. Hadirnya WhatsApp Marketing ini juga dapat mempermudah Anda dalam memperluas jangkauan customer, sehingga pemasaran dapat diterapkan lebih optimal. 

Menguatkan Interaksi dengan Pelanggan

Hadirnya WhatsApp sebagai platform komunikasi sehari-hari membuat Anda lebih mudah dalam menjalin interaksi. Maka dari itu, dengan memanfaatkan tool WhatsApp Business sebagai media pemasaran, Anda dapat melayani pelanggan secara lebih cepat dan efisien.

Pemanfaatan Fitur dalam Mempermudah Proses Pemasaran 

Dengan menerapkan tool WhatsApp Marketing, Anda dapat memanfaat berbagai fitur yang tersedia guna mempermudah jalannya proses pemasaran. Seperti halnya fitur status WhatsApp, pesan siaran, dan pembuatan grup.

Misalnya saja kita bahas pada  fitur pembuatan grup, dengan adanya grup ini Anda dapat memuat anggota hingga lebih dari 100 orang. Dapat digunakan untuk berbagi informasi maupun melakukan promosi, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk tetap terhubung dengan pelanggan, dan mengontrol efektifitas pemasaran.

Kiat Jitu Promosi Efektif Menggunakan WhatsApp Marketing

Ada berbagai kiat jitu yang dapat Anda terapkan untuk mengoptimalkan efektifitas penggunaan WhatsApp Marketing. Apa saja kiatnya? Berikut ini adalah berbagai penjelasannya.

Simpan Kontak Pelanggan dan Calon Pelanggan

Untuk membentuk promosi yang efektif dan efisien, Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur yang disajikan oleh WhatsApp, diantaranya adalah fitur status, pembuatan grup, dan pesan siaran. Nah, kunci utama untuk memanfaatkan fitur-fitur tersebut, dapat Anda mulai dengan melakukan pengumpulan dan menyimpan berbagai kontak pelanggan maupun calon pelanggan, yang sempat melakukan interaksi dengan Anda.

Minta Pelanggan dan Calon Pelanggan Menyimpan Kontak Anda

Untuk melakukan promosi dan interaksi secara aktif, perlu adanya keterlibatan dua pihak untuk menjalin komunikasi yang baik dan optimal. Dan untuk menerapkan hal tersebut, Anda pun dapat melakukan follow up mengenai pemasaran yang telah dilakukan, kepada pelanggan dan calon pelanggan.

Memberikan Konten Menarik

Untuk menyajikan pemasaran yang optimal dan relevan, Anda juga dapat memberikan konten menarik kepada pelanggan melalui broadcast, fitur status WhatsApp, dan berbagai fitur lainnya.

Tawarkanlah berbagai konten yang inovatif, inspiratif, ataupun menghibur melalui tool WhatsApp Marketing. 

Namun perlu diingat, ada baiknya Anda tidak membuat pelanggan risih dengan melakukan penyebaran konten atau promosi setiap hari. Buatlah jadwal, untuk menyajikan konten pemasaran dalam jangka waktu tertentu.

baca juga: Optimalkan Content Writing Untuk Pemasaran

Nah, itu dia serba-serbi mengenai WhatsApp Marketing, untuk Anda yang ingin melakukan pengoptimalan terhadap bisnis dalam bidang digital marketing, Anda bisa menghubungi A-Creative yang menawarkan layanan berkualitas, terpercaya, dan harga yang kompetitif.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.