fbpx

Trik Psikologi Harga, Tarik Perhatian Konsumen!

Psikologi Harga

Pernahkah Anda mendengar mengenai trik psikologi harga? Psikologi harga merupakan sebuah strategi penetapan harga berdasarkan teori bahwa harga dapat memengaruhi psikologis seorang konsumen. Teori tersebut yang kemudian yang akhirnya menjadi tuntunan bagi para penjual dalam mengatur harga sebaik mungkin supaya pembeli tergoda untuk membeli produk yang mereka jual secepatnya.

Konsumen yang ingin membeli barang pasti sebelumnya akan membandingkan harga dari beberapa toko untuk produk yang sama. Toko yang menjual harga termurah yang akan menjadi tujuan seorang konsumen. Harga merupakan hal utama yang menjadi pertimbangan hampir kebanyakan orang. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang berbisnis atau baru memulai bisnis, Anda bisa menarik perhatian konsumen melalui psikologi harga tersebut.

Inilah beberapa trik psikologi harga yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda, supaya semakin banyak konsumen yang tertarik membeli produk Anda.

Mengurangi Satu Digit pada Angka Paling Kiri

psikologi harga tips

Trik mengurangi satu digit angka paling kiri ini sudah banyak dilakukan oleh brand-brand besar di dunia. Brand yang menjual produk elektronik, pakaian, bahkan makanan. Suatu produk yang dijual seharga Rp 200.000 akan terkesan lebih mahal dibandingkan dengan produk yang dijual seharga Rp 199.000. meskipun selisih harganya hanya 1.000 rupiah, nyatanya teknik ini mampu menghipnotis pembeli.

Pengurangan satu digit angka dianggap penting dan cukup efektif memengaruhi konsumen karena cara kerja otak manusia yang memproses besaran angka sebelum angkanya selesai dibaca. Sehingga harga 199.000 akan diingat manusia sebagai harga 100-ribuan.

Tulis Harga dengan Font Kecil

Menulis harga dengan font kecil menjadi salah satu trik psikologi harga saat Anda ingin memanfaatkan promo diskon penjualan. Anda sebaiknya menggunakan font kecil pada harga asli, supaya calon konsumen bisa fokus pada bagian persentase diskon atau pada harga setelah diskon yang ditulis dengan font yang lebih besar.

Menggunakan Warna Visual yang Kontras pada Harga Diskon

Tahukah Anda bahwa warna diakui dapat memengaruhi cara membaca seseorang? Seseorang akan lebih fokus pada tulisan yang berwarna cerah atau kontras. Anda dapat membuat pembeda warna pada harga awal sebelum dison dan harga setelah diskon. Usahakan memberikan warna yang sangat cerah pada harga diskon, dan warna netral pada harga sebelum diskon. Pemilihan warna yang kontras dan mencolok dapat menimbulkan perhatian yang sangat baik dari konsumen, terlebih pada orang-orang yang menyukai warna yang jelas, ceria, dan terang.

Menampilan Harga Pada Target Pasar yang Tepat

Jika Anda menjual produk yang dikategorikan sebagai barang mewah, sebaiknya Anda lebih memfokuskan penampilan produk lebih dahulu sebelum harga. Karena untuk produk yang masuk dalam kategori barang mewah biasanya dicari oleh target pasar kelas menengah ke atas yang lebih mementingkan kualitas produk dibandingkan harga produk. Bagi sebagian dari mereka, harga bukanlah masalah asal barang bagus.

Namun, jika Anda menjual produk fungsional untuk kebutuhan sehari-hari, Anda bisa lebih memfokuskan perbandingan harga sejak awal. Produk fungsional untuk kebutuhan sehari-hari  dengan harga yang menarik biasanya menjadi incaran target pasar dari kalangan kelas menengah ke bawah. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan trik psikologi harga pada target pasar yang tepat.

Memposisikan Harga Diskon dengan Tepat

Posisi harga diskon juga memengaruhi minat konsumen. Jika Anda ingin membuat diskon pada produk anda, sebaiknya harga asli ditulis pada bagian kiri dan ditambahkan coretan sebagai penanda bahwa ada perubahan harga. Kemudian Anda bisa menuliskan harga diskon pada sebelah kanan harga asli dengan font yang lebih besar.

Trik seperti ini dianggap sebagai trik jitu, karena orang Indonesia membaca tulisan dari sebelah kiri, dan adanya coretan akan lebih menarik perhatian konsumen untuk fokus pada perubahan harga yang lebih rendah.

baca juga : 8 Trik Psikologi Marketing untuk Bisnis

Itu tadi beberapa trik psikologi harga yang dapat Anda terapkan pada produk Anda untuk menarik minat konsumen membeli produk yang Anda jual. Jika Anda membutuhkan konsultasi bisnis dalam bidang digital, Anda dapat menghubungi A-Creative yang menawarkan layanan digital marketing berkualitas dan tentunya dengan biaya yang terjangkau.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.