fbpx

15 Tools Riset Hashtag Untuk Pemasaran Media Sosial

tools-riset-hashtag
social media hashtag

Digital marketing merupakan proses yang kompleks, sebab dalam penerapannya terdapat banyak aspek yang perlu diperhatikan. Penerapannya juga membutuhkan evaluasi yang menyeluruh, termasuk juga evaluasi terhadap preferensi adudiens Anda. Berbagai tools riset hashtag dapat digunakan untuk mencari hashtag yang sesuai dengan kebutuhan pemasaran sebuah brand.

Dengan memanfaatkan tools riset hashtag, seorang digital marketer dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan menyasar hashtag yang akurat. Dengan begitu, proses marketing akan menjadi lebih mudah dan efektif. Tanpa menggunakan tools tersebut, sama saja seperti Anda menghalangi diri sendiri untuk meraih informasi yang memungkinkan audiens dapat dijangkau secara maksimal.

15 Tools Riset Hashtag

Dengan tools riset hashtag yang tepat, maka kemungkinan sebuah brand untuk menjaring audiens potensial semakin tinggi. Berikut akan kami rangkum 15 tools riset hashtag yang sedang trend di tahun 2021 ini.

tools riset hashtag

Brand24

Brand 24 merupakan tools monitoring media sosial yang memungkinkan Anda untuk melakukan tracking dan analisis hashtag di berbagai forum seperti blog, situs web, platform media sosial, dan masih banyak lagi.

Brand 24 dapat mengumpulkan berbagai data yang dibutuhkan untuk menganalisa berbagai hal untuk keperluan digital marketing. Data yang disajikan juga hadir dalam bentuk bagan yang membuatnya mudah dipahami.

Anda dapat pula melacak hashtag mengenai brand Anda sehingga kinerja dari hashtag yang dilacak dapat diketahui. Selain itu, Anda juga mengetahui hal-hal seperti influencer yang ternyata membicarakan tentang brand Anda. Yang jelas, Anda perlu merogoh kocek sebesar $49/bulan untuk bisa menggunakan tools ini.

Union Metrics

Union Metrics pada mulanya merupakan tools yang bernama TweetReach, yang kini telah bertransformasi serta memiliki berbagai fitur baru. Pengembang tools ini memiliki pemahaman bahwa marketing merupakan perpaduan antara seni dan sains. Tools ini memungkinkan Anda untuk meraih insight mengenap exposure serta dampak yang bisa diberikan sebuah hashtag.

Union Metrics cocok bagi Anda yang menyukai tools dengan interface yang sederhana. Selain itu, harganya yang terjangkau membuat tools ini tidak hanya cook untuk pebisnis, namun juga cocok bagi Anda yang sekedar ingin melihat posisi Anda di dunia maya. Anda dapat menggunakan Union Metrics dengan merogoh kocek sebesar $49/bulan.

Tweet Binder

Tweet Binder dapat digunakan untuk menganalisa hashtag di campaign Twitter maupun Instagram. Tools ini menyediakan data historis maupun data real time di kedua platform tersebut. Hal itu memungkinkan Anda untuk dapat menganalisa interaksi yang dilakukan oleh setiap user dengan sebuah hashtag, hal itu memungkinkan Anda untuk melihat pengaruh serta jangkauan mereka.

TweetBinder juga mengelompokkan interaksi-interaksi serupa yang dilakukan oleh para user di platform Twitter dan Instagram. Selain itu, Anda juga dapat memfilter hasil pengelompokkan tersebut untuk kemudian mendapatkan perspektif yang lebih baik. Tools ini bisa digunakan dengan merogoh kocek sebesar $54,99/bulan.

Keyhole

Tools riset hashtag yang satu ini merupakan salah satu yang terdepan di antara tools analisis lain. Sebab, Keyhole menyediakan fitur-fitur untuk melakukan analisa data secara lebih mendalam dengan hasil data laporan yang mudah dipahami.

Keyhole juga dapat dioperasikan dengan cukup mudah, hal itu memungkinkan tim riset Anda untuk dapat menggunakan tools ini dengan segera tanpa perlu “berlatih” terlebih dahulu. Selain itu, Keyhole menyediakan filter yang memungkinkan penggunanya untuk menggabungkan istilah pencarian sekaligus untuk mendapatkan hasil yang sedetail mungkin.

Anda dapat menggunakan Keyhole untuk versi trialnya selama 7 hari. Selebihnya, Anda perlu menyiapkan kocek sebesar $79/bulan.

Hashtagify

Hashtagify merupakan tools untuk melakukan pelacakan hashtag yang cukup mudah digunakan. Penggunanya juga dapat secara cepat menemukan hashtag relevan yang terhubung dengan keyword yang Anda inginkan. Selain itu, tools ini memungkinkan Anda untuk memeriksa popularitas setiap hashtag yang akan disajikan dalam bentuk laporan mini.

Bukan hanya itu, Anda juga dimungkinkan untuk menyimpan pencarian Anda saat login dengan tools ini. Hashtagify bisa dibilang menjadi salah satu starter kit untuk mereka yang ingin belajar melakukan riset. Namun, karena harganya yang cukup terjangkau, yakni $29/bulan, Hashtagify hanya menyediakan fitur-fitur yang cukup terbatas.

Agora Pulse

Selain untuk untuk keperluan manajemen social media presence, Agora Pulse juga memiliki fungsi sekunder, yakni untuk melakukan tracking terhadap kinerja Anda di platform media sosial yang digunakan. Hal itu menjadikan Agora Pulse sebagai tools analisis hashtag yang sangat berguna.

Fitur yang diunggulkan dari Agora Pulse ialah fitur yang menampilkan setiap percakapan yang terhubung ke media sosial brand Anda di berbagai platform dalam satu dasbor. Hal itu akan memudahkan kita untuk memantau serta memberikan reaksi terhadap setiap komentar maupun penyebutan brand kita. Anda dapat menggunakan tools ini dengan menyiapkan $79/bulan.

Twubs

Tools ini bisa digunakan untuk Anda yang menggunakan platform Twitter. Twubs berperan sebagai “direktori hashtag” yang mengumpulkan setiap keyword yang berkaitan dengan topik tertentu. Selain itu, Twubs juga bisa digunakan untuk melakukan tracking pada engagement di Twitter.

Bukan hanya itu, tools ini juga memungkinkan kita untuk bisa menganalisa percakapan-percakapan yang ada di media sosial yang terkait dengan brand kita. Pengguna Twubs juga bisa mendaftarkan hashtag mereka sendiri dan membuat landing page yang terkait. Tools ini sangat tepat untuk Anda yang mencari tools riset hashtag gratis.

Socialert

Socialert memunginkan penggunanya untuk melakukan pemantauan pada hashtag mereka. Bukan hanya itu, tools ini juga mampu melacak keyword maupun akun. Tools yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan insight mengenai dampak dari hashtag ini dapat Anda gunakan dengan menyiapkan kocek sebesar $24,95/bulan.

Mention

Tools ini membantu para user untuk memahami social media presence mereka. Sebab, Mention dilengkapi dengan fitur-fitur untuk melakukan tracking pada kompetitor, brand, maupun topik industri. Dengan mencakup informasi yang tersedia dalam lebih dari 40 bahasa, Mention dapat digunakan dengan menyiapkan budget sebesar $49/bulan.

BrandMentions

BrandMentions ialah alat analisis media sosial yang terbilang cukup lengkap. Anda dapat melakukan berbagai hal seperti pemantauan brand, manajemen reputasi, hingga intelijen bisnis. Tools ini juga mampu memberikan informasi yang relevan dan metrik penting yang berkaitan dengan campaign brand awareness penggunannya.

BrandMentions tersedia dan dapat digunakan dengan berbagai variasi kelengkapan fitur berdasarkan harganya yang berkisar dari $99 –  $299/bulan

RiteTag

Tools pamantau hashtag ini dapat membantu Anda untuk mengetahui hashtag mana yang harus digunakan untuk membuat konten agar konten yang bersangkutan dapat berpotensi setinggi mungkin untuk ditemukan audiens.

RiteTag lebih berfokus pada menunjukkan frekuensi penggunaan sebuah hashtag, dan tidak menggali analitik yang sebenarnya. RiteTag dibandrol dengan harga mulai dari $49/tahun.

Sprout Social

Dengan menyiapkan kocek sebesar $99/bulan, Anda dapat menggunakan tools yang mampu meningkatkan komunikasi antara bisnis dengan audiens. Sprout Social menawarkan fitur-fitur yang bermanfaat bagi manajemen media sosial, layanan pelanggan, data dan intelijen, hingga advokasi karyawan.

Display Purposes

Tools riset hashtag yang satu ini mampu menghasilkan laporan ekstensif serta memunginkan penggunanya untuk menganalisis campaign yang mereka lakukan di media sosial. Display Purposes juga termasuk tools yang mudah digunakan, tools ini dapat membantu Anda untuk memilih tagar terbaik sesuai kebutuhan. Anda dapat menggunakan tools ini secara gratis.

Pixlee

Walaupun dikenal sebagai platform influencer dan UGC, Pixlee termasuk salah satu tools yang memberikan analisis hashtag yang berwawasan luas. Para penggunanya juga dapat mengetahui laporan mingguan tentang statistik hashtag mereka dengan memanfaatkan tools Instagram Analytics gratis yang disediakan oleh Pixlee.

Terdapat pula fitur social listening yang memungkinkan pengguna untuk memantau percakapan tentang brand mereka di media sosial. Untuk mengetahui harga untuk bisa menggunakannya, Anda bisa langsung menghubungi pihak Pixlee.

Talkwalker

Anda dapat menganalisis kinerja media sosial anda secara real time. Dengan tools ini, Anda juga dapat dengan mudah mengikuti tren di industri. Dengan begitu, kinerja media sosial sebuah brand dapat semakin optimal dengan menggunakan Talkwalker.

Tools ini menyediakan sumber-sumber dalam 185 bahasa yang juga dilengkapi dengan fitur terjemahan otomatis. Dengan begitu, Talkwalker cocok digunakan untuk Anda yang memiliki kebutuhan data secara internasional. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan insight seputar logo brand anda dengan fitur pengenalan teks dan gambar yang tersedia.

Untuk biaya penggunaan, Talkwalker mematok harga yang cukup fantastis, yakni mulai dari $9000/bulan.

Baca juga : Tips Riset Keyword untuk Artikel SEO Friendly

Itulah beberapa tools yang berguna untuk Anda melakukan riset hashtag. Jangan lupa ketika Anda melakukan riset hashtag perlu disesuaikan dengan tujuan campaign dan target audiens yang Anda tuju. Dengan begitu, penggunaan hashtag akan semakin optimal.

Hubungi A-Creative untuk membantu Anda mengoptimalkan pemasaran media sosial dan channel digital lainnya dalam strategi pemasaran bisnis Anda. A-Creative adalah digital marketing agency dengan segudang ide kreatif untuk membantu Anda mengembangkan bisnis di dunia digital.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.