fbpx

5 Tools Analytics untuk Social Media Terbaik

tools analytics untuk social media

Untuk dapat memaksimalkan pemasaran melalui media sosial maka penting untuk menggunakan tools analytics untuk social media. Dengan tools ini dapat membantu untuk mengetahui sosial media mana yang lebih tepat untuk melakukan pemasaran.

Beragam media sosial yang ada memiliki beragam pula perbedaan yang menunjang kebutuhan pemasaran. Untuk itu penting untuk mengoptimasi media sosial melalui berbagai cara, seperti konsistensi dalam membagikan jenis konten dan melakukan pengukuran terhadap pertumbuhan akun media sosial dari bisnis yang dimiliki.

Sebagian besar media sosial sebenarnya telah memiliki alat analitik bawaan, namun terkadang diperlukan analitik yang lebih mendalam untuk memaksimalkan pemasaran. Dari sinilah tools analytic dari berbagai sosial media dibutuhkan.

Tools Analytics untuk Social Media

5 tools analytics untuk social media

Berikut ini merupakan beberapa tools analytics yang dapat digunakan untuk menganalisis di berbagai sosial media.

1. Sprout Social

Tools analytics yang pertama ini memungkinkan Anda untuk melakukan komunikasi secara langsung dengan para pelanggan melalui fitur massage. Tools satu ini merupakan tools analytics yang bermanfaat untuk mengidentifikasi perilaku followers. 

Tampilan pada Sprout Social sangat memudahkan pemula karena tampilan dashboard nya yang terorganisir dengan baik. Terdapat juga tools discovery yang dapat memungkinkan Anda dapat berinteraksi dengan para pengikut. Analytics yang ditampilkan berbentuk diagram, sehingga mudah untuk dipahami.

Namun ada beberapa kekurangan dari tools analytics  Sprout Social, yakni akses yang masih terbatas ke sosial media LinkedIn, serta masih terbatas dan belum terintegrasi pula pada sosial media pinterest dan Instagram

2. BuzzSumo

Sosial media analytics berikutnya terkenal dikalangan para konten kreator atau influencer. Toolsnya bernama BuzzSumo, yang bermanfaat untuk membantu pra konten kreator dalam menemukan berbagai konten yang tengah hits atau viral. Selain itu BuzzSumo juga memiliki fitur-fitur pendukung seperti kurasi konten, riset kompetitor, dan monitoring.

Cara penggunaan tools BuzzSumo ini juga terbilang cukup mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke situs resminya, Buzzsumo.com. Kemudian Anda dapat membuat akun terlebih dahulu, jika pengguna baru maka BuzzSumo akan memberikan ujicoba gratis. Selanjutnya Andadapat mengetikkan kata kunci yang diinginkan untuk bahan konten, maka BuzzSumo akan menampilkan berbagai ide konten beserta jumlah share-nya di media sosial. 

3. Google Analytics

Selanjutnya ada tools analytics gratis yang dikeluarkan oleh Google, yakni Google Analytics. Tools ini sangat bermanfaat dengan banyaknya fitur yang ditawarkan tentunya akan membantu untuk memaksimalkan  sosial media guna mendatangkan sebanyak mungkin traffic ke website bisnis yang dimiliki.

Dengan Google Analytics, Anda dapat memantau visitor dan mendapatkan berbagai data mengenai darimana visitor tersebut berasal, hal ini tentunya berguna untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Selain itu dengan tools ini juga dapat diketahui konten apa yang tengah populer, sehingga dapat mengoptimalkan pada keyword tertentu.

4. ShortStack

Giveaway atau kuis sering dipertimbangkan dalam melakukan strategi marketing. Namun terkadang timbul pertanyaan apakah giveaway ini efektif untuk bisnis yang sedang dijalankan. Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, tools ShortStack akan membantu mencari jawabannya. ShortStack akan membantu mengukur apakah hal tersebut efektif atau tidak. 

Keuntungan lainnya menggunakan tools ShortStack adalah penggunaannya yang gratis, bahkan Anda dapat mengakses beberapa fitur tertentu tanpa dikenakan biaya. Tentu hal ini cukup membantu untuk meningkatkan pemasaran.

5.  HubSpot

Tools terakhir yang dapat dicoba adalah HubSpot, tools yang akan membantu dalam menjalankan bisnis Anda. HubSpot memiliki berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan, seperti pembuatan formulir dan live chat. Selain itu, dengan HubSpot Anda juga dapat mengirimkan campaign email marketing dan menghubungkan data yang Anda miliki ke Customer Relationship Management (CRM) secara gratis.

baca juga : 15 Tools Riset Hashtag Untuk Pemasaran Media Sosial

Informasi mengenai tools analytics ini sangat penting untuk diketahui bagi brand yang ingin meningkatkan performa media sosial. Mengembangkan social media bisnis tentu sebuah tantangan tersendiri bagi sebuah brand. Jika Anda membutuhkan bantuan tim profesional dan para creator andal, A-Creative siap membantu Anda!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.