fbpx

Tips Riset Keyword untuk Artikel SEO Friendly

tips-riset-keyword

Ketika kamu ingin membuat artikel SEO Friendly, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah cara memilih keyword yang tepat. Keyword artinya kata kunci yang dipilih sesuai dengan topik artikelmu. Untuk menemukan keyword yang tepat kamu perlu melakukan riset keyword.

Riset artinya mencari dan menentukan kata kunci yang potensial untuk konten website kamu. Riset keyword dilakukan untuk mengetahui kata apa yang banyak dicari pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya.

Ketahui keyword apa yang sedang banyak dicari orang di mesin pencari kamu agar lebih mudah membuat artikel SEO friendly. Riset keyword memungkinkan kamu untuk tahu berapa banyak jumlah orang yang mencari keyword tertentu dan persaingan kata kunci pada mesin pencari.

Yuk, simak tips dan trik riset keyword agar artikelmu SEO friendly!

1. Pelajari Target Market Website-mu

Konten harus sesuai dengan target market website. Jangan sampai karena terlalu asyik mengejar traffic website justru kamu jadi mengabaikan isi konten yang relevan. Dengan cara menganalisis artikel yang sudah terbit kamu akan tahu mana yang paling banyak disukai pengunjung.

Baca juga: Menulis Artikel SEO untuk Meningkatkan Traffic Market Bisnis Kamu

2. Riset Keyword Menggunakan Tools

Banyak tools yang bisa membantu kamu melakukan riset keyword. Kamu bisa gunakan dua tools yang sudah disediakan Google. Google menyediakan Google Keyword Planner dan Google Trends untuk membantu kamu melakukan riset keyword dengan lebih mudah.

Google Keyword Planner berguna untuk mengetahui estimasi traffic dari keyword-keyword yang ingin kamu gunakan dan membantu mencari keyword yang relevan dengan pengunjung website kamu.

Google Trends berguna untuk mengetahui topik apa yang sedang banyak diperbincangkan oleh orang di dunia internet. Google Trends banyak digunakan para digital marketer untuk mencari data pencarian di Google yang kemudian menjadi bahan untuk konten marketing.

3. Riset Keyword dengan Maksimal

Riset keyword kamu akan lebih maksimal dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

a. Search Volume

Search volume menunjukan berapa banyak sebuah keyword dicari di mesin pencari dalam waktu tertentu. Gunakan keyword yang relevan, setidaknya volume pencarian di atas 500 per bulan.

b. Keyword Difficulty

Keyword tools yang kamu gunakan akan menunjukan skala 0-100. Semakin tinggi keyword difficulty makan semakin sulit bersaing di halaman awal mesin pencari.

c. Keyword Suggestion

Fitur keyword suggestion akan memberikan saran kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu cari. Contohnya jika kamu mencari kata kunci “menulis artikel” maka akan muncul saran kata kunci “tips menulis artikel”.

Baca juga : 4 Tips Keyword SEO Agar Bekerja Secara Optimal

d. Search Engine Result Page (SERP)

Search Engine Result Page (SERP) adalah halaman yang menduduki peringkat paling atas pada mesin pencari berdasarkan keyword yang kamu riset.

4. Lakukan Analisis Artikel

Analisis artikel untuk mengetahui apakah artikel atau konten yang kamu buat sudah memenuhi kebutuhan pembaca dan membawa dampak positif. Cara menganalisis artikel salah satunya dengan tools yang disediakan Google yaitu Google Analytics. Google Analytics memudahkan kamu untuk tahu urutan konten dari yang paling banyak dikunjungi.

Keyword yang tepat akan menghasilkan konten yang berkualitas. Konten artikel berkualitas membantu menaikkan traffic website kamu. Jangan ragu hubungi A-Creative jika kamu membutuhkan jasa penulis artikel SEO berkualitas! Penulis artikel terbaik kami telah berpengalaman membuat artikel SEO berkualitas, tentunya dengan melakukan riset keyword dengan tepat dan cermat.

Tidak hanya itu, A-Creative juga menyediakan layanan lain untuk mengembangkan bisnis di bidang digital. Kunjungi website a-creative.id untuk info lebih lengkap!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.