fbpx
Get the Consultation and Business Ideas
for FREE!

Tips Menulis Hook yang Catchy di IG

Menulis Hook

Menulis hook menjadi bagian yang sering terlupakan banyak orang ketika mengunggah foto di Instagram (IG). Padahal perannya sangat penting untuk meningkatkan engagement dan menarik followers baru.

“Foto yang saya unggah sudah bagus, kok.” Kalimat ini sering kami dengar dari keluhan klien A-Creative, dan mungkin termasuk anda pernah mengucapkannya. Tidak salah kok, memang IG adalah platform visual untuk berbagi gambar (foto dan video). Namun, seberapa lama audiens melihat feeds Anda sebelum scroll ke bawah lagi?

Foto dan video memang bisa menarik followers dan mengklik tanda love, namun belum cukup menimbulkan engagement yang tinggi. Justru caption yang menarik mampu menahan orang untuk berlama-lama bahkan berinteraksi dengan postingan Anda.

Adanya caption dengan hook yang catchy bisa membantu menumbuhkan peningkatan traffic di media sosial Anda. A-Creative melakukan beberapa strategi untuk klien saat menulis hook, agar bisa mengkonversi awareness menjadi tindakan atau pembelian. Berikut beberapa diantaranya:

Apa Itu Hook?

Hook secara harafiah dalam Bahasa Indonesia artinya kait. Fungsinya untuk mengkaitkan suatu barang. Kurang lebih artinya sama seperti hook di IG.

Ketika menulis hook di IG, jika kalimatnya menarik maka banyak audiens yang terkena kaitnya. Maka dari itu kalimat pertama merupakan aspek yang menentukan untuk mencuri perhatian audiens.

Tips dan Trik Menulis Hook Catchy

Tips dan Trik Menulis Hook Catchy

Dalam caption, posisi kata atau kalimat hook hanya di depan dan tidak perlu kalimat yang panjang. Kenyataannya, menulis hook masih menjadi momok menakutkan banyak orang karena merasa sulit untuk menulis sebuah caption. Menulis hook memang se-tricky itu ya?

Untuk mengatasinya, saat berdiskusi dengan klien untuk audit sosial media mereka, A-Creative biasanya memberikan saran berikut terkait penulisan hook:

  • Tetapkan dari awal gaya penulisan, apakah menggunakan kalimat yang formal atau informal. Kalimat formal tidak bisa menarik? Jangan salah, justru bisa jadi unique point untuk Anda. Ingat ini adalah media sosial dimana tidak batasan penggunaan gaya kalimat.
  • Lihat Audiences/Followers yang mengikuti IG Anda, apakah lebih banyak pria atau wanita, tua atau muda, dll. Dari data tersebut Anda bisa mengetahui karakteristiknya. Contohnya, kalau Anda menjual baju bayi, Anda bisa menggunakan kata seperti moms, bunda dll.
  • Setelah memastikan segment audience, silakan memilih beberapa ragam pola penulisan hook berikut:

Pola Pertanyaan Ajakan

Pola ini mengimingi-imingi audiens untuk bisa mendapatkan atau merasakan sesuatu yang belum pernah dialami sebelumnya.

Contohnya : ‘’Siapa yang mau badan sehat dan sixpack, ayo gabung!’’

Pola Peringatan

Pola ini menggunakan kata-kata yang cenderung provokatif yang mengajak audiens untuk langsung berpikir.

Contohnya : ‘’Hati-hati! Ibu Hamil Makan Kepiting, Ini Efeknya!’’

Pola Superlatif

Pola ini menggunakan kata-kata yang berlebihan yang mengunakan awalan ‘’ter-..’’.

Contohnya : ‘’Tercepat Turunkan BB, Diet Ini Cocok Untuk Kamu Yang Overweight’’.

Pola Mengunakan Angka-Angka

Pola ini menggunakan angka-angka dalam kalimat yang bertujuan untuk pembuktian atau klaim sehingga audiens percaya.

Contohnya : ‘’100 Pedagang Soto di Jakarta pilih Kecap Kami, Terbukti Enak dan Manis.

Pola Name Dropper

Pola ini menggunakan nama orang terkenal di dalam hook dan headline. Menulis hook dengan pola ini akan lebih efektif jika produk/jasa Anda pernah meng endorse orang yang terkenal.

Contohnya : ‘’ Sukses ala Jack Ma, Apa Kuncinya?’’.

Pola dengan Benefit Headline

Pola ini meng-highlight kata-kata yang menjadi manfaat dari produk atau jasa Anda kepada audiens.

Contohnya : ‘’Gratis Voucher 50 ribu! Pesan Baju Hari Ini Segera!’’

baca juga : Penerapan Scarcity Copywriting untuk Tingkatkan Penjualan

Seperti itulah contoh cara dan pola dalam menulis hook di IG yang biasanya A-Creative sarankan untuk klien – klien kami. Sebenarnya tidak ada ilmu yang pasti yang menjamin postingan Anda selalu ramai. Anda bisa menyesuaikan dengan karakteristik audiens yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain tips diatas, Anda juga bisa berkonsultasi dengan digital marketing specialist dari A-Creative mengenai copywriting yang tepat untuk audience Anda. Silakan hubungi klik link berikut untuk mengetahui penawaran terbaru dari agensi kami.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Consultation For Free or Get Cashback!

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.

Special Promotion Start From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising