fbpx

Tips Meningkatkan Penjualan Online Era Digital

tips-meningkatkan-penjualan-online

Banyak hal yang perlu dipikirkan dan dipertimbangkan dalam memulai sebuah usaha. Semua usaha bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Namun, tak jarang beberapa perusahaan atau pengusaha mengalami kegagalan dalam meningkatkan penjualan produk usaha mereka. Kegagalan ini biasanya disebabkan oleh hambatan-hambatan yang bersifat internal maupun eksternal. Supaya tidak terjadi kerugian dan penjualan yang kurang efektif, Anda memerlukan beberapa tips meningkatkan penjualan.

Strategi penjualan berupa tips meningkatkan penjualan pada dasarnya adalah cara yang dilakukan pengusaha untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Dengan penjualan yang meningkat, bisnis akan berkembanga dan dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

Menjaga kekonsistenan peningkatan penjualan tidak mudah. Terkadang ada cara yang bisa berhasil, ada juga yang tidak. Terdapat banyak faktor yang memengaruhi kenaikan atau penurunan tingkat penjualan, yaitu platform penjualan yang digunakan, harga produk, model bisnis yang Anda jalani, pelayanan penjual, dan masih banyak lagi.

Tahukah Anda bahwa cara meningkatkan penjualan online menjadi salah satu pembahasan yang banyak dicari di Internet saat ini? Menurut pakar perdagangan dan pembangunan PBB, UNCTAD, sektor e-commerce berhasil mengalami peningkatan dramatis di semua lini penjualan ritel. Oleh karena itu, Anda juga dapat meningkatkan penjualan Anda melalui tips meningkatkan penjualan berikut ini:

Tawarkan Langganan Produk Free Namun Premium

Freemium atau singkatan dari Free dan Premium. Teknik ini merupakan jurus menawarkan produk secara gratis namun terdapat keterbatasan fitur. Supaya mendapatkan fitur secara lengkap, Anda harus mengupgrade ke layanan premium, yang jelas akan menguntungkan penjual.

Berikan Gratis Ongkir

tips-meningkatkan-penjualan-online dengan gratis ongkir

Customer selalu suka dengan gratis ongkir. Beberapa marketplace memberikan kemudahan gratis ongkir dalam setiap penjualannya, namun perlu Anda ketahui bahwa beberapa toko atau penjual menaikkan harga produknya terlebih dahulu supaya pembeli dapat menikmati promosi gratis ongkir. Hal ini akan membuat penjual menarik lebih banyak pembeli tapi juga tetap mendapatkan hasil yang maksimal.

Terapkan Harga yang Menarik

Salah satu tips meningkatkan penjualan adalah menerapkan harga yang menarik. Tahukah Anda bahwa menerapkan harga dengan mengurangi 1 digit angka di sebelah kiri harga merupakan jurus terbaik untuk menarik konsumen? Dengan mengubah harga dari Rp 2.000.000 menjadi Rp 1.999.999, Anda akan dapat menarik lebih banyak pembeli. Terlihat lebih murah, namun sebenarnya sama saja.

Langganan Bulanan vs Langganan Tahunan

Anda bisa menetapkan harga langganan pada bisnis Anda secara bulanan atau tahunan. Anda bisa menawarkan harga langganan tahunan lebih murah dibandingkan dengan langganan bulanan. Dengan begitu Anda akan bisa menarik lebih banyak pelanggan tahunan.

Tetap Perhatikan Kualitas Produk

Sebelum Anda memasarkan sebuah produk, periksa kembali dengan teliti kualitas produk tersebut. Jangan sampai konsumen mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan deskripsi yang Anda jabarkan dan akhirnya kecewa. Anda harus jujur dalam menjabarkan deskripsi dan kondisi produk tersebut kepada konsumen dan pelanggan Anda.

Berikan Pelayanan yang Terbaik kepada Konsumen

Anda perlu memberikan pelayanan yang terbaik, seperti komunikasi yang baik yaitu dengan menggunakan kata-kata yang sopan. Jika konsumen mengeluhkan produk Anda, sebaiknya Anda tetap merespons dengan baik dan sopan. Dengan begitu, konsumen akan merasa dihargai karena pelayanan yang terbaik, dan berusaha bertahan untuk terus menggunakan produk yang Anda jual.

Jangan lupakan tiga kata penting dalam melayani konsumen yaitu, terima kasih, permintaan maaf, dan menawarkan bantuan.

Gunakan Platform Digital untuk Menjual dan Mempromosikan Produk

Di era teknologi digital yang semakin berkembang sekarang ini, setiap pengusaha akan selalu ditantang untuk beradaptasi dengan kecanggihan teknologi yang baru. Untuk menaikkan penjualan pun Anda bisa menggunakan teknologi berupa aplikasi dalam platform tertentu seperti e-commerce.

Keberadaan e-commerce akan memudahkan pengusaha dalam memasarkan produk yang dijual dan melayani kebutuhan pelanggan termasuk kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran. Selain transaksi pembayaran yang bisa dilakukan secara online, Anda akan semakin dimudahkan dengan keberadaan dompet digital. Memudahkan bagi pengusaha dan memudahkan konsumen juga tentunya.

baca juga : Metode Smart Goals Mencapai Bisnis yang Sukses

Melalui platform digital tersebut, Anda dapat memasarkan produk Anda sampai ke seluruh penjuru Indonesia. Itu tadi tips meningkatkan penjualan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Jika Anda membutuhkan konsultasi bisnis dalam bidang digital, Anda dapat menghubungi A-Creative yang menawarkan layanan berkualitas dan tentunya dengan biaya yang terjangkau.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.