fbpx

Tips dan Trik Interview Online agar Lancar

Tips dan trik interview online

Tips dan trik interview online dibutuhkan karena dewasa ini proses perekrutan karyawan mengalami perubahan besar. Sebagian besar perusahaan mulai merekrut karyawan untuk bekerja dari rumah, sejalan dengan hal itu mereka juga lebih suka melakukan interview kandidat secara online.

Wawancara secara online memungkinkan sebuah perusahaan menjaring lebih banyak kandidat potensial dari seluruh penjuru negeri, memangkas jarak, waktu, serta biaya. Bagi kamu yang baru akan melakukannya, mungkin akan terasa sedikit canggung atau takut. Beberapa trik serta tips berikut mungkin bisa membantumu mengatasi rasa ketakutanmu.

Persiapan Ketika Interview Online

Jika kamu merupakan salah satu kandidat yang akan menjalani interview online, hal penting yang perlu kamu siapkan diantaranya :

  • Pilih tempat yang tenang dengan penerangan yang cukup serta terbebas bebas dari kemungkinan distraksi.
  • Pastikan koneksi internet kamu stabil dan kuota datamu cukup untuk hingga interview berakhir.
  • Jika memakai laptop atau PC, pastikan sambungan daya stabil.
  • Apabila memakai ponsel, pastikan juga ponsel kamu berada dalam posisi daya penuh atau dekat dengan pengisi daya.
  • Lakukan pengetesan pada aplikasi panggilan video yang akan digunakan dalam interview.
  • Periksa apakah kamera dan audio perangkat kamu berfungsi dengan baik.
  • Tutup semua tab dan aplikasi yang tak perlu dan matikan nada dering ponsel kamu.
  • Berpakaianlah secara profesional. Jika memakai kacamata, sesuaikan pencahayaan di dalam ruangan untuk mengurangi silau dari pantulan lensa.
  • Siapkan pena, buku catatan, dan daftar pertanyaan yang mungkin ingin kamu untuk tanyakan kepada pewawancara.
Tips dan trik interview online

Tips dan Trik Agar Interview Lancar

Setelah memeriksa dengan teliti semua hal yang harus kamu siapkan, kini saatnya kamu menyimak beberapa tips dan trik interview online.

Santai

Usahakan kamu berada dalam kondisi yang santai dan tak tampak gugup. Jika memungkinkan, kamu bisa berlatih dengan teman atau kerabat. Latih tanggapan yang akan kamu berikan terhadap pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya umum menggunakan bahasamu sendiri. Ingat, berlatih tidak sama dengan menghafal.

Profiling Perusahaan

Sebelumnya, periksalah latar belakang perusahaan yang kamu lamar dan buatlah daftar pertanyaan yang mungkin ingin kamu tanyakan tentang perusahaan tersebut. Tunjukkan minat yang besar pada perkembangan dan pertumbuhan mereka.

Jaga Bahasa Tubuh

Tips dan trik interview online berikutnya adalah menampilkan bahasa tubuh dan menjaga kontak mata yang baik. Kamu dapat memulai dengan salam resmi dan perkenalan. Penting bagimu untuk duduk tegak, tersenyum, dan menjaga kamera sejajar dengan mata. Pastikan juga tak ada yang salah dengan cara berpakaianmu.

Tetap Sopan

Meski harus menunjukan bahwa kamu menikmati interview, namun pastikan posisi duduk dan nada bicaramu tetap sopan. Apabila terjadi gangguan koneksi, mintalah dengan sopan kepada pewawancara untuk mengulangi.

Semua orang mengerti bahwa panggilan video rentan terhadap gangguan koneksi. Jadi meminta mereka untuk mengulanginya adalah hal yang bijak ketimbang memaksakan memberi jawaban yang mungkin tak relevan.

Baca juga : Kekurangan Diri Yang Positif Saat Interview Kerja

Setelah interview berakhir, mengirim email singkat kepada pewawancara untuk sekedar berterima kasih atas waktu mereka adalah ide yang bagus. Itu adalah saat yang tepat untuk menegaskan kembali bahwa kamu sangat menikmati sesi interview yang mereka berikan.

Dengan mempraktekan tips dan trik interview online di atas, semoga wawancaramu lancar sehingga kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu idamkan. Dapatkan info menarik seputar edukasi atau tips dunia digital di blog acreative dan instagram @acreative.id.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.