fbpx

Tips Bob Sadino Mengelola Bisnis Hingga Sukses

tips bisnis bob sadino
tips bisnis bob sadino

Siapa yang tak kenal pebisnis “nyentrik” Bob Sadino? Dengan rambut putih dan gaya khasnya bercelana pendek, Bob Sadino tak luput dibicarakan orang-orang atas kesuksesannya membangun bisnis dari nol.

Lahir di Lampung, pada 1933, pria bernama asli Bambang Mustari Sadino ini dikenal karena beragam bisnis besarnya. Beberapa agrobisnis yang dimilikinya antara lain Kem Chick, Kem Farm, Kem Foods dan Boga Catur. Tak hanya itu, Bob juga merambah ke bidang property dengan mendirikan Gedung aparatemen serta perkantoran The Mansion di Kemang, Jakarta.

Walau telah meninggal dunia pada 2015, sosoknya akan selalu dikenang sebagai pebisnis yang memiliki pemikiran “gila” serta keras. Kali ini, kami akan membeberkan tips mengelola bisnis dimulai dari bawah, ala sang legenda, Bob Sadino.

Perjalanan Karir Bob Sadino

Sebelum mengecam kesuksesan dalam bisnisnya, Bob menjalani naik turunnya kehidupan. Sejumlah profesi pernah Ia coba, dari mulai kuli bangunan hingga bekerja di luar negeri.

Ia memang lahir dari keluarga yang berkecukupan. Setelah orang tuanya meninggal saat dirinya berusia 19 tahun, Ia mewarisi harta kekayaan orang tuanya.

Namun, alih-alih dimanfaatkan sebagai modal bisnis, Bob memilih menggunakannya untuk berkeliling dunia dan bekerja di luar negeri.

Bob yang tak pernah menyelesaikan kuliahnya, memutuskan untuk menjadi karyawan Unilever. Tak selang lama, Ia pindah ke Belanda dan bekerja di sebuah perusahaan pelayaran.

Dengan modal hasil pekerjaannya tersebut, Ia kembali ke Indonesia dan membuka usaha penyewaan mobil dan bengkel. Usahanya tak berjalan mulus, sehingga Ia terpaksa harus menjadi kuli bangunan.

Setelahnya, Bob mulai mencoba berbisnis telur ayam yang Ia pelajari dari majalah-majalah peternakan. Ia mulai menjajakan telur-telur ke rumah-rumah.

Dibantu dengan rekan ekspatriatnya, bisnisnya mulai berkembang dan menghasilkan beragam bisnis lainnya. Ia pun merambah ke bisnis sayuran hingga properti.

Tips Sukses Ala Bob Sadino

Dari sejumlah asam garam kehidupan yang sudah Ia cicipi, Bob Sadino akhirnya berhasil memetic buah dari semua usahanya. Sejumlah perusahaan dimilikinya kini masih berdiri dengan sukses.

Untuk itu, kita bisa mengambil pelajaran dari usaha dan pemikiran-[emikiran pebisnis ulung ini. Berikut beberapa tips yang bis akita pelajari darinya.

1. Berani Memulai

Jika Anda mempelajari perjalanan karir Bob Sadino, Anda pasti menyadari bahwa Ia kerap kali beralih profesi serta bergonta-ganti usaha. Ini berarti beliau tidak takut untuk memulai.

Ketika beliau gagal pun, tak menjadikannya berhenti dari memulai bisnis lain. Justru itulah yang membuatnya bangkit dan berdiri lagi untuk memulai peluang lain yang lebih baik.

Banyak dari pengusaha pemula terlalu banyak memikirkan kegagalan atau risiko yang akan dihadapi, bahkan sebelum memulai. Padahal, yang terpenting adalah action dahulu dan paksakan diri untuk memulai.

Tanpa keberanian memulai aksi, Bob tidak akan mencoba merintis usaha bengkel dan penyewaan mobil. Ia juga tak siap untuk mencoba bisnis yang membuatnya sukses, yaitu produksi telur ayam.

2. Belajar dari Mana Saja, Siapa Saja

Bob Sadino memutuskan untuk berhenti dari jenjang perguruan tingginya. Ia malah merasa beruntung tak mengecap ilmu di jenjang kuliah. Ia mengklaim, Sarjana memiliki otak yang penuh karena dijejali segala hal di bangku kuliah.

Namun, hal ini bukan berarti membuatnya berhenti belajar. Ia terus belajar mengenai bisnis dan kehidupan melalui siapa saja yang Ia temui. Ia mendengarkan cerita mereka dan mengambil pelajaran dari sana.

Bob menilai belajar tak hanya bisa didapat dari Pendidikan formal saja. Kita harus terbuka akan segala cerita dan pelajaran kehidupan.

Ia selalu bilang untuk menjadi gelas kosong, setiap bertemu siapapun. Dengan begitu, pikiran kita akan terbuka menerima segala pengalaman hidup dari mereka. Hal ini juga membantunya untuk lebih menghargai dan menghormati orang lain.

3. Memiliki Mimpi Besar

Bob Sadino selalu menekankan untuk bermimpi sebesar-besarnya sampai di luar batas nalar. Ia menyebut jangan pernah membatasi mimpi, masalah tercapai atau tidak urusan belakangan.

Tapi, dengan mimpi besar itulah, Bob bisa mendapat kekuatan dan tekad yang kuat untuk meneruskan bisnisnya. Walau sempat gagal berkali-kali, Bob tak mengubur mimpi itu.

Nah, ini berarti berani mimpi besar juga menjadi salah satu tips agar bisa sukses seperti Bob. Tak semua berani memiliki mimpi yang tinggi.

Seperti yang dikatakan Bob, “Orang pintar cenderung banyak perhitungan, sehingga tak berani bermimpi.” Beliau ingin menekankan saat bermimpi, pikirkanlah setinggi mungkin, bahkan untuk sesuatu yang terlihat tidak mungkin.

Mimpi juga bisa menjadi motivasi besar untuk pebisnis mengembangkan usahanya. Tanpa mimpi, kemungkinan mereka tak bisa bertahan.

4. Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa kerja keras menjadi salah satu elemen penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Tanpanya, Bob Sadino juga tak akan dikenang seperti sekarang.

Menjajakan telur ayam dari rumah ke rumah, menjadi sopir taksi serta menjadi kuli bangunan, menunjukan betapa kerasnya Ia bekerja. Walau sempat gagal berkali-kali dan juga merasa depresi, Bob tetap mendorong dirinya untuk terus bekerja keras.

Namun, ada 1 hal lagi yang ditekankan Bob, yaitu kerja cerdas. Kerja cerdas berarti bekerja dengan efektif dan efisien. Efektif berarti mampu memanfaatkan segala sumber daya yang ada. Efisien berarti menggunakan waktu atau produk dengan minim namun menghasilkan sesuatu yang lebih bernilai.

Baca juga: Kisah Sukses Membangun Startup Hingga Unicorn

5. Bebaskan Diri dari Harapan

Walau memiliki mimpi besar, Bob Sadina mengklaim dirinya tak pernah berharap akan benar-benar berhasil. Ia hanya berani bermimpi, mencoba segala hal dan ternyata bisa mewujudkan lebih dari apa yang Ia bayangkan.

Ini juga yang bis akita petik dari kisah suksesnya. Membebaskan diri dari harapan, bisa membuat kita lebih rileks dalam menerima kegagalan. Selalu anggap enteng segala permasalahan hidup juga bisa menjadi jalan yang kita ambil agar tidak depresi.

Bob Sadino selalu berkata “Jangan berharap terlalu banyak”. Kita semua tahu bahwa memang impian semua orang adalah sukses. Namun, harapan yang terlalu muluk dapat membuat Anda kecewa.

Fokuslah dengan mimpi besar, namun jangan takut akan gagal. Karena tidak semua usaha langsung berhasil, semua butuh proses. Harapan yang terlalu banyak, menjadikan Anda kurang fokus.

Itu dia 5 tips sukses mengelola bisnis ala sang legenda bisnis, Bob Sadino. Intinya, apapun yang Anda harapkan dalam bisnis, Anda harus berani dan siap memperjuangkan apapun risiko yang akan dihadapi ke depannya.

Untuk membantu Anda mewujudkan bisnis yang Anda harapkan, kami memiliki sejumlah servis yang bisa menyelesaikan segala kebutuhan digital marketing Anda. Mulai dari social media marketing, website traffic, hingga pengelolaan iklan di berbagai platform. Hubungi kami sekarang untuk dapat konsultasi gratis ya!

Jangan lupa simak konten edukasi digital marketing lainnya, di blog a-creative.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.