fbpx

Tips Berpikir Kreatif Ala Digital Marketer

tips-berpikir-kreatif

Digital marketing sangat membutuhkan orang – orang yang mampu berpikir kreatif. Jika kamu ingin menjadi seorang digital marketer, kamu perlu tahu cara berpikir kreatif ala digital marketer. Berpikir kreatif adalah aktivitas yang menuntut kamu menemukan beragam ide baru. Pada artikel ini kita akan membahas pengertian berpikir kreatif dan contoh berpikir kreatif yang bisa kamu terapkan di bidang digital marketing.

Untuk bisa berkontribusi dengan baik bagi bisnis, seorang digital marketer perlu tahu definisi dari digital marketing. Menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009), digital marketing merupakan kegiatan pemasaran dengan menggunakan berbagai media digital. Media tersebut seperti blog, media sosial, website, hingga email.

tips-berpikir-kreatif

Cara Berpikir Kreatif Ala Digital Marketer

Menurut Trott P. (2008), inovasi dan kreativitas merupakan keharusan untuk meningkatkan daya saing dengan kompetitor yang terus mengalami perubahan untuk membuat bisnis berkembang.

Pernyataan itu semakin menguatkan bahwa seorang digital marketer harus memiliki kreativitas dalam menerapkan aktivitas pemasaran. Untuk bisa kreatif, seorang digital marketer perlu berfokus pada cara yang perlu diterapkan untuk bisa menarik perhatian calon konsumen. Bukan hanya itu, kreativitas juga harus tetap terjaga setelah penjualan berhasil dilakukan. Troot P melihat bahwa kreativitas dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut di antaranya ialah:

Motivasi Personil Organisasi

Motivasi personil merupakan hal yang bisa kamu kembangkan. Karena motivasi terdiri dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motvasi intrinsik ialah motivasi yang muncul dari dalam diri setiap personil. Sedangkan, motivasi ekstrinsik berasal luar diri personil seperti kenaikan upah, bonus, imbalan berupa penghargaan atau apresiasi kerja, dan masih banyak lagi.

Tersedianya Sumber Daya

Sumber daya meliputi sarana-sarana untuk melakukan kreativitas yang akan berdampak pada pengembangan bisnis. Karena dengan adanya sarana tersebut, personil organisasi dapat melakukan berbagai percobaan dengan tujuan menghasilkan inovasi yang kreatif.

Keterampilan Berkreasi

Bagian ini merupakan hal yang punya andil penting dalam menciptakan inovasi pada aktivitas pemasaran bisnis. Seorang digital marketer wajib mengembangan keterampilan berkreasi dirinya maupun personil organisasinya. Keterampilan ini juga bisa dilatih, sehingga ketekunan untuk terus belajar akan berdampak baik dari segi inovasi.

Untuk mencurahkan kreativitasnya dalam pemasaran digital, seorang digital marketer dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi. Dengan kemudahan menjangkau konsumen yang tersedia, setiap orang kini punya kesempatan yang sama. Tapi, hal ini tergantung dari kreativitas orang yang bersangkutan. Dengan kreativitas, kamu pastinya dapat membuat sebuah produk menarik perhatian konsumen.

Kreativitas yang berkelanjutan sangat penting untuk memenangkan hati konsumen. Sehingga, mereka akan melakukan eksplorasi ke berbagai platform bisnis yang kamu gunakan termasuk website.

Baca juga: Tips Meningkatkan Kreativitas Bagi Seorang Digital Marketer

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.