fbpx

Pakai Teknik Copywriting PAS agar Produk Laris!

teknik-copywriting-pas

Berapa teknik copywriting yang Anda ketahui? Ada berbagai macam formula yang bisa Anda pakai untuk memasarkan produk Anda menjadi jauh lebih menarik.

Anda telah bekerja keras untuk membuat produk ataupun jasa layanan yang luar biasa. Namun, produk tersebut tidak dapat memasarkan barang dengan sendirinya. Anda perlu menjalin koneksi dengan target pasar Anda.

Ketika menulis artikel di blog, iklan Facebook, feed/story/reels di Instagram, Anda pasti berusaha untuk membuat konten yang dapat meraih target konsumen Anda. Yang terpenting, mereka harus mau membaca iklan Anda.

Mungkin tampilan insights di akun bisnis Instagram menunjukkan rate engagement yang cukup rendah dengan followers maupun calon kosumen. Belum lagi laporan di Google Analytics menunjukkan orang-orang segera meninggalkan website Anda hanya dalam waktu 5 detik. Hal tersebut membuat Anda cukup frustrasi, bukan?

Apakah copywriting untuk iklan yang Anda pakai sudah tepat? Sudahkah Anda membuat copy menarik yang dapat menghasilkan banyak lead?

Anda akan mengetahui rahasia teknik copywriting lain di artikel ini. Tentu saja sangat relevan dan cocok untuk dipakai dalam mempromosikan berbagai jenis produk maupun layanan Anda!

Mengenal Teknik Copywriting PAS

Mungkin Anda sering mendengar teknik copywriting AIDA, atau bahkan Anda selalu menggunakan rumus tersebut dalam membuat copywriting iklan produk Anda. Sekarang, Anda dapat menambah gudang ilmu dengan menambah satu teknik copywriting lagi yang bisa Anda gunakan dalam membuat iklan!

Langsung saja, kepanjangan dari teknik PAS adalah:

  • Pain/problem
  • Agitate
  • Solution

Mari kita perdalam masing-masing variabelnya!

Problem

Jika target pasar atau konsumen Anda tidak memandang konten Anda sebagai hal yang menarik, artinya mereka belum bisa merasakan kebutuhan untuk meneruskan membaca. Mereka tidak mempunyai alasan untuk tetap meng-scroll HP ataupun layar laptop mereka pada akun maupun website usaha Anda.

Anda dapat menjelaskan masalah yang mereka hadapi di awal kali. Maka, Anda telah memancing target pasar tersebut untuk memfokuskan pikiran mereka pada konten Anda. Tidak perlu memberikan informasi yang banyak, cukup angkat saja fakta yang langsung terhubung dengan masalah pasar.

Yang perlu diperhatikan, Anda harus mengetahui masalah tersebut dengan detil dan pasti. Jika hanya membuat asumsi-asumsi umum, target pasar belum tentu dapat merasakannya.

Langkah inilah yang sangat menentukan dalam mengembangkan produk Anda. Karena, Anda harus berusaha untuk seolah-olah berkomunikasi langsung dengan target konsumen Anda. Anda harus memahami apa masalah yang sedang mereka hadapi.

  • Apa kata-kata yang mereka pakai dalam mendeskripsikan masalah mereka?
  • Bagaimana mereka menggambarkan masalah mereka?
  • Apa emosi yang mereka rasakan saat berhadapan dengan masalah tersebut?

Semakin banyak riset yang Anda lakukan untuk menjawab ketiga variabel di atas, maka semakin baik. Karena Anda dapat semakin dekat dengan target pasar Anda.

Jika Anda mampu menggambarkan masalah target konsumen dengan lebih baik, Anda telah membuat mereka tetap ‘stay’ pada produk Anda. Dalam kata lain, mereka telah menemukan alasan untuk tetap bertahan dan memerhatikan produk Anda dengan seksama.

Bahkan, target pasar tersebut mulai berpikir bahwa seharusnya Anda memiliki solusi atas masalah yang mereka hadapi. Mengingat Anda sangat ahli dalam memahami apa yang mereka rasakan.

Agitate

Sayangnya, tidak cukup hanya menggambarkan masalah mereka dalam rumus PAS. Anda perlu menyentuh sisi jiwa atau psikologis target konsumen Anda pula.

Bagaimana Anda melakukannya? Ambil hal yang sangat menyakitkan, dan perdalam hal tersebut. Itulah agitasi. Anda harus membuat target pasar semakin menderita dengan masalah yang mereka hadapi.

Langkah agitasi berarti mendetilkan perasaan serta pikiran negatif juga rasa sakit yang disebabkan oleh masalah tersebut. Anda harus memberikan alasan bagi mereka mengapa masalah itu menyakitkan. Setelah mengangkat masalah, Anda dapat beralih ke cara mengidentifikasi bagaimana rasanya mengalami rasa tidak nyaman itu.

Solution

Inilah mengapa Anda perlu untuk mengangkat masalah dan memperdalam rasa sakitnya. Solusi yang Anda tawarkan di akhir akan menjadi jawaban yang sangat solutif atas konteks yang telah Anda buat!

Persepsi target pasar terhadap produk Anda akan membuat makna baru. Bahkan, semakin menguatkan manfaat maupun fitur dari produk maupun layanan jasa Anda.

Baca juga: Tips Membuat Konten Brand Awareness

Contoh Teknik Copywriting PAS

Sebagai contoh penggunaan teknik copywriting PAS untuk iklan Anda:

Problem

Mungkin bisnis Anda tetap berjalan, tetapi tidak menghasilkan penjualan yang tinggi. Anda tetap berinteraksi dengan klien dan membangun hubungan baik dengan mereka. Tetap saja, pertumbuhan bisnis sangaaat lambat. Bahkan lebih lambat daripada siput melintasi semen basah.

Anda sudah membaca artikel tentang SEO, pemasaran online, cara membuat desain yang efektif, semuanya sudah Anda pelajari. Tetapi ketika diterapkan untuk mengembangkan bisnis, itu merupakan masalah tersendiri. Bisnis Anda tetap tidak berkembang sesuai dengan yang Anda harapkan.

Agitate

Anda merasa frustrasi dan kewalahan dengan berbagai informasi yang berusaha Anda pelajari. Harus melakukan ini itu, yang tidak boleh dilakukan, dan alat-alat teknologi lainnya.

Hal tersebut hanya membuat kepala Anda pusing dan sakit, dan menyesakkan pikiran. Justru semakin membuat Anda untuk tidak melakukan apa-apa untuk mengembangkan bisnis Anda, karena sangat rumit dan melelahkan.

Solution

Anda dapat berdiskusi dengan kami untuk menyelesaikan masalah dalam mengembangkan bisnis Anda. Apakah itu untuk menaikkan traffic, followers, maupun menulis artikel yang banyak diklik.

Berkonsultasi dengan kami dapat meringankan beban Anda dan menemukan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda dengan cepat serta efisien.

Bagaimana, apakah teknik copywriting PAS ini akan menjadi rumus copywriting iklan favorit Anda? Jika Anda masih kebingungan dan butuh berdiskusi dalam menaikkan traffic website bisnis Anda, segera hubungi A-Creative.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.