fbpx

8 Strategi SEO untuk Meningkatkan Link Building

Strategi SEO untuk Meningkatkan Link Building

Bagaimana performa strategi SEO yang telah Anda lakukan? Anda mungkin telah berusaha membuat konten berkualitas, yang menjawab pertanyaan audience Anda, maupun yang dapat dengan mudah dipahami oleh search engine. Namun, hal tersebut saja tidak cukup. Walaupun sudah melakukan hal-hal di atas, website Anda tidak mendapatkan peringkat jika belum melakukan optimasi mesin pencari.

Untuk dapat mengungguli situs lainnya, Anda harus membangun authority. Hal ini dapat Anda capai dengan mendapatkan link dari situs web yang terpercaya, membangun brand Anda, serta memelihara audiens yang akan membantu memperkuat konten Anda.

Google sendiri telah mengkonfirmasi bahwa link dan konten berkualitas adalah diantara faktor peringkat terpenting dalam SEO. Situs tepercaya cenderung menautkan ke situs tepercaya lainnya, dan situs berisi spam cenderung menautkan ke situs berisi spam lainnya.

Dalam SEO, pembuatan link memainkan peran penting dalam meningkatkan traffic, terutama di industri yang kompetitif ini. Ketika dikombinasikan dengan fondasi SEO teknis yang kuat, SEO on-page yang hebat, konten yang luar biasa, dan user experience yang baik, pembuatan link bisa sangat efektif dalam mengarahkan lebih banyak traffic organik.

Mengenal Link Building

Link building adalah proses memperoleh hyperlink dari situs web lain ke situs Anda sendiri. Sebuah hyperlink (biasanya orang menyebutnya link) adalah cara bagi pengguna untuk menavigasi antar halaman di Internet. Tujuan utama dari link building adalah untuk meningkatkan peringkat di halaman search engine.

Tidak semua link memang sengaja dibangun oleh SEO atau marketer. Kebanyakan link tersebut dibuat untuk berbagai alasan, misalnya seperti seorang jurnalis yang meliput berita dan menautkan ke sumber lain, atau seorang food blogger yang me-review makanan favorit dan menautkan link penjualnya.

Dalam SEO, Anda harus memperjuangkan dan berusaha untuk mendapatkan link tanpa Anda memintanya. Upaya ini dapat membuat link website Anda layak orang lain baca, baik itu karena produk atau layanan yang hebat dari usaha Anda, ataupun karena konten berkualitas yang direferensikan oleh situs web lain.

Di samping cara di atas, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai teknik pembuatan link yang memungkinkan Anda membangun authority dan meningkatkan peluang Anda untuk meningkatkan traffic dari pencarian organik.

Di bawah ini adalah beberapa strategi SEO yang dapat Anda terapkan untuk membangun link building. Simak hingga akhir untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh.

1. Membangun Merek (Brand)

brand, business, company-1027862.jpg

Pembuatan link yang baik dapat membantu membangun merek Anda dan menjadikan Anda sebagai authority di pasar Anda. Ada beberapa teknik pembuatan link. Salah satunya seperti pembuatan konten yang dapat menunjukkan kepada orang-orang keahlian bisnis Anda.

Misalnya, jika Anda membuat konten dalam bidang kuliner dan mempublikasikannya, kemudian mencoba memperluas jangkauan, Anda akhirnya dapat menunjukkan kualitas konten tersebut ke lebih banyak orang. Sehingga, orang di industri kuliner lain dapat membantu menyebarkan konten Anda atau menunjukkannya kepada orang lain. Inilah yang kami sebut membangun merek atau brand awareness.

2. Meningkatkan Referral Traffic

Referral traffic merupakan audiens yang mengunjungi website Anda bukan melalui mesin pencari, namun dari website lain atau media sosial. Link yang bagus dari situs web yang mendapat banyak kunjungan user dapat menyebabkan peningkatan traffic juga. Jika situs web tersebut relevan, kemungkinan traffic akan seimbang pula dan dapat membuat peningkatan prospek atau penjualan bisnis Anda.

3. Membangun Hubungan

Pembuatan link seringkali dapat melibatkan outreach ke situs web dan blog lain yang relevan di industri dengan ruang lingkup yang sama dengan bisnis Anda. Outreach ini sering kali berkaitan dengan promosi sesuatu yang baru saja Anda buat, seperti konten atau informasi lainnya.

Sebenarnya, outreach tidak hanya bermanfaat untuk mendapatkan link. Tetapi, Anda juga dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pebisnis lain. Dengan menjalin serta memperluas network, secara tak langsung bisnis Anda juga dianggap terpercaya.

4. Temukan Partner Link dan Pelanggan

Anda bisa mendapatkan link dari mitra kerja yang bekerja dengan Anda atau pelanggan setia dari usaha Anda—dan hal tersebut relatif mudah. Anda dapat mengirimkan badge kemitraan untuk mitra kerja, atau menawarkan menulis testimoni produk bagi pelanggan. Kedua hal tersebut dapat mereka tampilkan di situs web masing-masing, sehingga Anda pun juga mendapatkan link.

5. Memperbarui On-page SEO

SEO pada situs Anda harus optimal untuk mendorong traffic yang organik pula. Setidaknya, target page Anda harus terdiri dari SEO on-page kuat yang mencakup:

  • Konten yang menggunakan kata kunci pada H1 dan H2
  • Gambar relevan yang dengan teks alternatif, judul, dan data terstruktur
  • Metadata untuk kata kunci tertentu.

6. Gunakan Rumus E-A-T

Orang mungkin tidak mengingat setiap detail halaman situs Anda ketika mereka mencoba menemukannya lagi. Namun, mereka mungkin mengingat orang yang membagikan, membuat, atau yang menampilkan dalam konten.

Sehingga, sertakan informasi tentang tim di balik konten yang Anda buat untuk membangun Expertise, Authority, dan Trust untuk merek Anda. Cara ini sangat bermanfaat untuk menunjukkan kredibilitas kepada audiens terhadap produk atau layanan Anda.

Baca juga Apa itu Rumus EAT dan Kegunaannya Untuk SEO Website?

7. Perbarui Top Konten

Anda mungkin sudah mengetahui konten apa saja dari situs Anda yang menghasilkan traffic paling banyak, memberikan lead paling banyak, atau mempertahankan pengunjung untuk waktu yang paling lama. Ambil beberapa konten berkualitas tersebut untuk Anda unggah di platform lain, seperti YouTube, Instagram, SlideShare, Quora, dan sebagainya untuk memperluas pencarian Anda di luar Google.

Selain itu, Anda juga dapat memperbarui, atau menghapus dan mempublikasikan ulang konten lama di platform yang sama. Selain konten, Anda juga dapat menerapkan cara ini dengan gambar. Cari situs yang menggunakan gambar Anda namun tidak mengutip atau menautkan link pada web Anda.

8. Buat Konten Berkualitas

Konten Gap

Jika Anda ingin mendapatkan link, buatlah konten unik dan berkualitas yang memiliki keunggulan dengan selainnya. Sisi kualitas tersebut dapat Anda tonjolkan dari tema yang jarang diangkat, sudut pandang yang jarang orang gunakan, atau lain sebagainya.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan perhatian dari blogger atau media berita lain untuk menautkan situs Anda. Sebab, SEO berbicara tentang representasi digital dari usaha Anda di dunia nyata. Untuk berhasil dalam strategi SEO, Anda harus menciptakan brand yang kuat.

Baca Juga: Tips Meningkatkan SEO On-Page

Apakah Anda masih kebingungan menerapkan strategi SEO untuk meningkatkan link building? Jangan ragu untuk berdiskusi dengan A-Creative agar artikel Anda berada di halaman pertama seperti artikel ini yang bisa Anda temukan juga di halaman pertama Google dengan keyword “meningkatkan link building.”

Kami memiliki paket khusus untuk Anda yang membutuhkan layanan SEO lengkap mencakup SEO Onpage, high quality SEO writing, technical SEO, dan SEO offpage untuk membantu Anda berada di halaman pertama.

Agar lebih yakin silakan baca artikel berikut ini: Mengapa Jasa Penulis Artikel SEO Penting untuk Bisnis?

Apabila Anda ingin mencoba salah satu layanan kami silakan isi formulir berikut untuk mendapatkan penawaran terbaik kami.

[fluentform id=”2″]
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.