fbpx

Link Building Belum Optimal? Gunakan 6 Trik SEO Ini!

seo-link-building
link building SEO, seo offpage

Tahukah Anda, tautan di website dapat berpengaruh kepada rangking website di mesin pencari? Ya, situs yang punya banyak tautan internal atau eksternal dianggap sebagai website yang kredibel. Benar, link building tidak hanya sekedar tentang backlink tetapi juga internal link. SEO onpage dan SEO offpage harus berjalan beriringan agar strategi SEO Anda berjalan optimal.

Sebelum membahas implementasi teknis SEO untuk meningkatkan link building, akan lebih baik kita memahami pengertiannya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memahami teknis SEO-nya. Mari simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Link Building dalam SEO

Link building termasuk salah satu upaya dalam SEO Off-page untuk menautkan website eksternal ke website yang Anda miliki. Link atau tautan disebut juga disebut backlink. Tujuannya agar website Anda memiliki jangkauan lebih luas. Mesin pencari akan lebih mudah mengenali website Anda. Sehingga, web Anda dapat muncul dalam hasil pencarian teratas berdasarkan kata kunci yang tertentu.

Upaya dalam melakukan link building tidak bisa sembarangan. Tautan tersebut harus berasal dari situs yang punya reputasi baik dan trafik stabil. Namun, sebenarnya banyaknya link yang ditautkan di web tidak langsung membuat situs tersebut punya rangking baik di Google. Sebaliknya, Google justru bisa menghapus situs tersebut dari daftar pencarian jika terbukti kumpulan link tersebut hanya berupa spam.

Alasan Link Building Penting dalam SEO

Dalam implementasi SEO terdapat algoritma yang rumit dan berubah-ubah. Backlink yang berkualitas merupakan faktor yang pasti untuk Google memberikan penilaiannya terhadap suatu situs. Maka dari itu, penting untuk membangun tautan yang berkualitas.

Contohnya, jika banyak backlink ke website Anda, Google menilai website Anda menjadi rujukan bagi website lain. Dengan begitu, isi website Anda dapat dikatakan berkualitas dan bermanfaat. Google pun akhirnya akan memprioritaskan website Anda untuk muncul di hasil pencarian teratas.

Mesin pencari menggunakan link untuk :

  • Menemukan web baru yang layak untuk masuk ke dalam hasil pencarian.
  • Membantu menentukan rangking situs dalam hasil pencarian.

Teknis SEO yang dapat Anda Gunakan dalam Link Building

Selanjutnya, mari pelajari beberapa strategi SEO offpage yang dapat Anda terapkan untuk mengoptimalkan kinerja link building di website Anda. Ini akan berdapampak terhadap perkembangan bisnis dalam menarik lebih banyak minat audiens terhadap website Anda.

Fokus pada Strategi Menarik Pengunjung Baru

Untuk memaksimalkan trafik campaign link building, Anda perlu memastikan audiens dapat terhubung dengan mudah ke website Anda melalui berbagai media seperti media sosial. Media sosial adalah tempat yang sangat efektif untuk meningkatkan efektivitas campaign link building. Sebab, media sosial dapat mendorong kenaikan trafik suatu website hingga 25% atau lebih.

Jangan lupa mengoptimalkan SEO dengan membuat konten berkualitas, mengoptimalkan tampilan selular, dan memastikan kecepatan website dengan baik. Terakhir, gunakan indikator EAT dalam penerapan SEO on-page Anda.

Pengunjung baru biasanya tidak mau menunggu lama untuk situs yang lambat memuat konten. Selain itu, mereka juga kemungkinan besar tidak kembali ke situs tersebut jika tidak ada manfaat atau kesan yang baik. Maka penting untuk fokus menyusun strategi agar para pengunjung baru tertarik, betah dan ingin kembali lagi ke website bisnis Anda.  

Memeriksa Backlink

Agar campaign link building sukses, periksalah kualitas backlink yang ada sebelum membuat tautan baru. Anda dapat menggunakan backlink audit tool untuk memeriksa beberapa hal berikut ini.

Hal yang dapat diketahui dari backlink audit tool:

  • Berapa banyak website lain yang membuat tautan ke website Anda?
  • Situs eksternal yang tertaut ke halaman website Anda.
  • Bagaimana kualitas website eksternal tersebut?
  • Halaman website mana yang sudah punya eksternal backlink?
  • Backlink yang teridentifikasi sebagai “target errors” 404 pages.

Beberapa backllink mungkin perlu Anda perbaiki agar kinerja campaign link building Anda lebih maksimal. Jika tidak diperbaiki Anda berisiko kehilangan beberapa nilai page rank dari sumber tersebut.

Meningkatkan Keamanan dan Kecepatan Website

Meningkatkan keamanan situs umumnya akan melibatkan pembaruan server untuk meningkatkan kualitas koneksi. Anda dapat meningkatkan kecepatan dan kualitas koneksi dengan melakukan penyederhanaan proses verifikasi keamanan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan SSL (Secure Socket Layer). Biasanya Google lebih menyukai website yang sudah terpasang SSL daripada yang belum.

Mendorong Pertumbuhan Organik di Halaman Website

Campaign link building secara otomatis membawa manfaat ke halaman lain di website Anda dengan strategi dan teknis SEO yang optimal. SEO penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan trafik website secara organik. Selain itu, link internal juga penting untuk mendukung pertumbuhan trafik secara organik.

Beberapa optimasi terkait SEO on-page yang dapat Anda lakukan yaitu:   

  • Mengoptimalkan kata kunci pada konten dengan penggunaan H1, H2 dan seterusnya.
  • Menggunakan gambar yang tepat dan dioptimalkan dengan alt text, judul dan struktur data.
  • Mengoptimalkan metadata untuk campaign keywords.
  • Buat tautan internal dalam konten campaign menuju halaman target yang relevan.
  • Optimasi rumus EAT dalam teknis SEO untuk meningkatkan kepercayaan terhadap website Anda.

Fokus Pada Tujuan Bisnis Anda

Ingat kembali tujuan bisnis yang ingin Anda capai melalui campaign link building ini. Misalnya untuk mendorong penjualan, menarik lebih banyak target pelanggan, memperkenalkan produk dan sebagainya. Anda perlu menganalisis apakah halaman campaign tersebut telah membawa manfaat terhadap tujuan bisnis Anda.

Data dari trafik website yang berguna dalam analisis campaign di antaranya scroll depth, demographic data dan email signups. Data pelanggan memiliki banyak manfaat maka perlu Anda kelola dengan baik. Kemudian, buatlah rencana jangka panjang dari campaign link building tersebut.

Itulah beberapa hal terkait campaign link building dan teknis SEO. Website memang bagian penting dalam perkembangan bisnis di era digital seperti saat ini. Anda pun bisa memaksimalkan performa website untuk lebih percaya diri menghadapi persaingan bisnis di dunia digital.

Jangan ragu untuk menghubungi Tim A-Creative jika Anda butuh bantuan profesional untuk mengoptimalkan website bisnis Anda. A-Creative adalah Digital Marketing Agency yang memiliki tim bersertfikat di bidang digital marketing. Mari bersama A-Creative kembangkan bisnis Anda dan dapatkan pengalaman berbisinis di dunia digital yang nyaman dan praktis.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.