fbpx

Self-Awareness: Seni Mengenal Diri Sendiri

personal branding, self awareness

Self Awareness merupakan kemampuan dalam melihat diri sendiri secara objektif dan jelas lewat refleksi dan introspeksi. Self-Awareness melibatkan kesadaran terhadap berbagai aspek yang ada di dalam diri kita termasuk perilaku, sifat, kepercayaan, pikiran, serta perasaan. Pada dasarnya, hal itu merupakan suatu keadaan dimana psikologi diri sendiri menjadi fokus perhatian.

Self Awareness termasuk salah satu komponen utama yang muncul di dalam konsep diri. Hal tersebut penting untuk Anda, namun itu bukanlah sesuatu yang harus Anda fokuskan setiap hari. Tidak semua orang sepenuhnya memiliki self awareness.

Jenis-Jenis Self Awareness

Beberapa peneliti mengatakan bahwa di area otak yang disebut dengan cortex cingulate anterior yang berada di lobus frontal memiliki peran yang penting untuk mengembangkan self awareness. Namun, ada satu studi yang mengatakan bahwa area otak tersebut tidak dibutuhkan dalam mengembangkan self awareness. Karena diduga kesadaran diri akan timbul dari interaksi yang didistribusikan di antara jaringan otak.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa self awareness akan mulai muncul pada umur sekitar 1 tahun dan akan lebih jauh berkembang ketika umur 18 bulan. Akan tetapi, tingkat dari kesadaran diri masing-masing individu berbeda-beda. Berdasarkan ilmu psikologi ada dua jenis self awareness. Berikut ini penjelasannya:

SelfAwareness Publik

Self Awareness jenis publik ini terjadi ketika seseorang menyadari bagaimana dirinya saat berada di hadapan orang lain. Umumnya kesadaran ini akan muncul pada kondisi di mana Anda sedang menjadi pusat perhatian, contohnya saat memberikan presentasi di depan orang banyak. Karena kita sadar bahwa sedang diawasi, ditonton, diperhatikan, serta dievaluasi, maka kita akan berperilaku dengan cara yang bisa diterima serta dikehendaki secara sosial.

Ada kalanya, self awarenedd publik yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan kecemasan yang bisa membuat Anda menjadi merasa tertekan serta khawatir tentang penilaian orang lain kepada diri Anda.

Self-Awareness Privat

Self Awareness jenis berikutnya adalah privat atau pribadi. Self Awareness jenis ini akan terjadi saat seseorang menyadari beberapa aspek yang ada di dalam dirinya sendiri, tapi hanya secara pribadi saja.

Contohnya mengetahui wajah sendiri di depan cermin atau merasakan detak jantung yang begitu cepat ketika berjumpa dengan orang yang dicintai. Orang yang memiliki self awareness yang tinggi akan cenderung lebih berpegang pada nilai-nilai pribadinya karena ia lebih sadar atas keyakinan dan perasaannya.

Akan tetapi, jika berlebihan akan jauh lebih mungkin untuk meningkatkan stres dan kecemasan pada diri sendiri. Maka dari itu, Anda harus bisa mengendalikan self awareness privat ini akan tidak sampai terlalu berlebihan.

Pentingnya Mengenali Diri Sendiri

SelfAwareness ini bukan sesuatu hal yang bisa Anda sepelekan. Dengan mengenali diri sendiri, Anda akan tahu apa yang sedang Anda butuhkan dan inginkan. Dan tetntunya ini dapat berdampak ke pekerjaan Anda. Selain itu, self-awarenes juga bisa menjadi sebuah pintu awal dari kesuksesan Anda. Mengapa? Karena dengan self awareness produktivitas dan kreativitas Anda bisa saja meningkat, sehingga Anda memiliki peluang besar untuk menjadi sukses di kemudian hari.

Dengan self-awareness Anda juga dapat mencapai kepuasan kerja yang maksimal. Sebab Anda sudah mengetahui apa yang Anda suka dan apa yang tidak Anda sukai. Mengenal diri sendiri juga mampu membantu Anda untuk menjadi seorang pemimpin yang lebih baik dan disukai oleh karyawan Anda.

Baca Juga Mengenal Social Anxiety dan Cara Mengatasinya

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.