fbpx

Apa itu Rumus EAT dan Kegunaannya Untuk SEO?

rumus-eat

Website penting dalam bisnis atau personal branding. Sebab, fungsi website saat ini tidak hanya sebagai tempat publikasi konten saja. Dalam dunia bisnis, website membantu mengembangkan produktivitas bisnis. Salah satu strategi atau cara yang efektif untuk optimasi website yaitu teknik SEO website. Dalam teknik SEO, ada yang disebut rumus EAT yaitu bagian dalam memaksimalkan SEO dalam optimasi website.

Optimasi website yang baik dapat meningkatkan performa website dan meningkatkan trafik pengunjung. Teknik SEO membantu website untuk memiliki perfoma lebih baik. Semakin baik performa suatu website maka akan semakin banyak menjangkau pengguna internet dan membawa keuntungan bagi pemilik website tersebut. Mari kita bahas lebih dalam tentang rumus EAT dalam SEO agar Anda bisa mengoptimasi website lebih baik lagi.

Pengertian Rumus EAT SEO

Apa itu rumus EAT dalam SEO? EAT merupakan kepanjangan dari kata Expertise, Authority, Trustworthiness. EAT bagian dari teknik SEO sebagai indikator dalam mengukur tingkat kepercayaan suatu website menurut analisis Google. Menurut informasi dari searchenginejournal.com konsep EAT bersumber dari Google Search Quality Guidelines versi 2014. Dokumen berjumlah 160 halaman tersebut menjelaskan seperti apa konten yang berkualitas tinggi dan rendah menurut Google.

Sederhananya, Google menggunakan rumus EAT karena ingin memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna internet yang menggunakan mesin pencari Google dalam mencari informasi. Google ingin memastikan pengguna internet mendapatkan konten dengan kualitas terbaik dan isinya sesuai dengan kebutuhan audiens.

Cara kerja EAT dalam search engine optimization umumnya lebih fokus pada konten website YMYL (Your Money or Your Life). Maksudnya adalah konten yang memberi dampak pada kehidupan atau keuangan seseorang. Konten YMYL ini meliputi topik-topik umum yang sangat informatif dan isinya terpercaya. Konten YMYL di antaranya konten kesehatan, jurnalistik, hukum, pajak, parenting, teknologi, hobi fotografi dan lain-lain.   

Prinsip Utama dalam EAT

Rumus EAT menjadi salah satu pedoman untuk memberikan gambaran bagaimana Google menilai konten website. Maka, penting mengetahui lebih lanjut tentang EAT jika Anda ingin menghasilkan konten yang berkualitas menurut Google. Untuk bisa memahami cara kerja EAT, mari kupas 3 prinsip dasar dalam rumus EAT.

a. Expertise

Expertise berarti keahlian. Menurut prinsip expertise Google akan mendahulukan website-website yang punya spesialisasi atau keahlian di bidang tertentu. Sehingga, konten yang ada di website tersebut lebih bisa terpercaya. Contohnya, website yang khusus membahas masalah kesehatan dan ada ahli medis yang menulis atau menyunting artikel tersebut. Maka, website tersebut mempunyai poin dari Google lebih berdasarkan prinsip expertise.

Dalam Google Quality Rate Guidelines Google menyampaikan bahwa keahlian dalam suatu bidang tidak hanya dalam bentuk pendidikan formal, tapi juga berdasarkan pengalaman. Contoh, ada seorang  yang food blogger yang berpengalaman dan konsisten membahas komposisi  dan gizi makanan dalam kontennya, walaupun tidak pernah sekolah formal dalam bidang gizi.

Maka, penting bagi pemilik website atau pembuat konten website untuk membuat konten berdasarkan keahliannya. Topik berdasarkan keahlian atau pengalaman akan bisa dieksplore lebih dalam dan isinya lebih meyakinkan dan bermanfaat. Konsisten menyajikan konten dengan topik yang tepat di website sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan Google. Dengan begitu, website Anda lebih mudah masuk dalam daftar atas mesin pencari Google.

b. Authority

Prinsip dalam rumus EAT kedua yaitu authority yang berhubungan dengan reputasi website. Google menilai semakin banyak konten yang informatif dan konsisten dengan suatu topik tertentu maka semakin baik reputasinya. Rajin mempublikasi konten saja tidak cukup, tapi harus dapat menyajikan konten yang bermanfaat bagi audiens berdasarkan keahlian atau pengalaman pembuat konten.

Untuk meningkatkan reputasi website ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Salah satunya dengan memberikan informasi tentang profil pemilik website, sertifikasi di suatu bidang, jabatan dan lain-lain. Selain itu, cara meyakinkan Google bahwa website Anda adalah website yang punya reputasi baik yaitu dengan backlink. Adanya backlink dari website yang juga punya reputasi baik dapat meningkatkan reputasi website Anda menjadi semakin baik.

c. Trustworthiness

Prinsip trustworthiness berkaitan dengan kepercayaan. Maksudnya adalah sebuah website yang baik haruslah mampu memberikan kepercayaan pada audiensnya. Prinsip kepercayaan yang menjadi indikator Google dalam menentukan kualitas website berdasarkan beberapa hal. Hal tersebut di antaranya keamanan website, kemudahan akses, ada informasi kontak atau profil pemilik website, keakuratan isi konten dan sebagainya.

Website dengan konten YMYL harus mempunyai tingkat kepercayaan dan keakuratan yang sangat baik. Semakin baik dan akurat informasi dalam konten tersebut maka kepercayaan Google akan semakin meningkat. Hal ini akan berpengaruh pada hasil pencarian Google berdasarkan kata kunci tertentu.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Rumus EAT dalam SEO

Setelah mengetahui prinsip dasar EAT mungkin Anda sudah bisa dapat gambaran bagaimana EAT membawa pengaruh dalam optimasi website.Ya, secara umum EAT fokus pada kualitas dan keakuratan konten, siapa pembuat konten serta kualitas website tersebut. Dengan tiga prinsip tersebut rumus EAT dapat membantu teknik SEO lebih maksimal. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara memaksimalkan EAT dalam SEO.

a. Buat Lebih Banyak Tautan

Google menilai kredibelitas website berdasarkan tautan yang ada pada sebuah website. Google dapat menilai mana tautan yang membawa manfaat dan akurat atau tidak. Pastikan Anda menambahkan tautan dari website lain yang kredibel.

b. Rutin Membuat Konten Berkualitas

Konten merupakan bagian penting dalam rumus EAT, maka dari itu penting untuk mempublikasikan konten berkualitas di web Anda. Isi konten harus up to date, bermanfaat, akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan audiens terhadap konten di website Anda. Akan lebih baik lagi jika konten di website Anda ditulis oleh orang yang ahli di bidangnya. 

c. Dapatkan Banyak Komentar Positif

Komentar positif dapat menambah nilai kepercayaan terhadap isi konten tersebut. Maka, buatlah konten yang bisa mengudang audiens memberikan komentar atau review positif. Semakin baik kualitas dan relevan dengan kebutuhan audiens maka semakin besar kemungkinan konten tersebut mendapat komentar positif.

baca juga : 6 Alasan Mengapa Anda Perlu Menggunakan SEO

Itulah beberapa hal penting dalam memahami apa itu rumus EAT dalam SEO. Hal yang perlu Anda garis bawahi yaitu EAT bukan skor website. EAT adalah konsep yang digunakan dalam analisis Google dalam menyajikan konten terbaik bagi pengguna internet. EAT membantu memaksimalkan teknik SEO dalam meningkatkan performa website.

Kualitas konten website sangat penting. Jika Anda membutuhkan konten website berkualitas untuk meningkatkan performa website, jangan ragu menghubungi A-Creative Digital Marketing Agency. A-Creative siap membantu Anda untuk menghasilkan konten website berstandar SEO dan strategi pemasaran digital yang tepat untuk bisnis Anda.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.