fbpx

Mengatasi Rasa Kesepian dalam Hidup

Kesepian bisa terjadi ketika seseorang merasa hampa, lelah, seorang diri, ditolak, ditinggalkan atau tidak diinginkan lagi.  Kesepian juga bisa disebabkan faktor dari dalam diri seseorang, misalnya merasa rendah diri atau kurang mengenal diri sendiri. Rasa kesepian bisa tetap dirasakan bahkan ketika berada di keramaian atau sedang bersama orang lain.

Kkesepian umumnya dialami oleh setiap orang. Rasa kesepian bisa saja menjadi sesuatu yang wajar dalam kondisi tertentu. Selain itu, ada juga rasa kesepian akibat gejala depresi. Rasa kesepian yang wajar faktor penyebabnya jelas dan subjektif. Sedangkan, kesepian akibat depresi lebih rumit, sulit dijelaskan sebabnya dan berlarut-larut.

Untuk mengatasi rasa kesepian dalam hidup, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Yuk, simak!

Sadari Bahwa Anda Sedang Merasa Kesepian

Tak sedikit orang yang merasa kesepian, tetapi tidak mau menyadari hal tersebut. Seseorang yang menyangkal dirinya sedang kesepian akan semakin lelah dalam menjalani hidup. Lebih buruk lagi, seseorang bisa mencari pelampiasan ke hal-hal yang kurang baik.

Untuk itu, menyadari bahwa Anda sedang tidak baik-baik saja sangat penting. Belajarlah lebih memahami diri Anda sendiri. Tanya pada diri Anda, apa yang diri Anda butuhkan, kapan diri Anda merasa lelah dan sebagainya. Salah satu caranya dengan menulis jurnal harian Anda.

Mencoba Kegiatan atau Pengalaman Baru

Anda bisa merasa kesepian karena lelah dan bosan dengan rutinitas sehari-hari. Mungkin saja, selama ini Anda terlalu sibuk bekerja hingga Anda merasa jenuh dan hampa.  Cobalah mengambil waktu sebentar untuk lebih fokus pada diri sendiri. 

Lakukan beberapa kegiatan dan pengalaman baru untuk menambah warna dalam hidup Anda. Ambil sedikit waktu untuk travelling, memelihara hewan, berkebun, mengikuti kursus menjahit dan sebagainya. Bertemu orang baru atau pengalaman baru membantu Anda tidak terlalu larut dalam kesepian.

Melakukan Hal yang Anda Suka

Kapan terakhir kali Anda melakukan hal-hal yang Anda sukai dengan sepenuh hati? Contohnya seperti membeli jajanan favorit, ke bioskop sendirian, membaca novel seharian atau bertemu seseorang yang Anda kagumi. Rutinitas yang padat sering kali menyebabkan seseorang mengabaikan apa yang dibutuhkan oleh dirinya sendiri.

Penyebab rasa kesepian Anda mungkin saja karena Anda merindukan seseorang atau suatu hal. Luangkan waktu untuk melepas rasa rindu pada seseorang atau hal yang Anda suka. Dengan begitu, rasa kesepian Anda bisa berangsur-angsur membaik. 

Jauhi Hal yang Bisa Memicu Pikiran Negatif

Ketika seseorang merasa kesepian, pikiran negatif lebih mudah muncul. Anda jadi lebih mudah mengalami overthinking pada hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Ketahui kapan dan apa penyebab yang bisa membuat Anda berpikiran negatif.

Beberapa orang bisa merasa rendah diri karena melihat kehidupan orang lain yang tampak sempurna. Hal ini bisa jadi pemicu rasa kesepian. Dengan mengatahui pemicu rasa kesepian Anda, maka akan lebih mudah mengatasinya.

Bicaralah dengan sahabat yang Anda percaya untuk bertukar pikiran. Dengan begitu, Anda bisa mencegah rasa kesepian semakin mengepung Anda. Jika rasa yang Anda rasakan sudah berlarut-larut hingga berpengaruh buruk pada aktivitas Anda, jangan ragu unutk konsultasikan pada ahlinya, ya.

Sebaiknya, Anda tidak mendiagnosa sendiri bahwa Anda mengalami kesepian akibat depresi. Diagnosa yang berkaitan dengan kejiwaan hanya boleh dilakukan oleh ahlinya. Jika dirasa perlu, kunjungi psikolog atau psikiater untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Tips tadi belum cukup? kunjungi tips self development lainnya disini

Tips menulis kunjungi agensipenulis.com

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.