fbpx

Personal Branding LinkedIn, Cek Tipsnya Yuk!

personal branding linkedin

Tidak semua orang membuat akun LinkedIn untuk menemukan pekerjaan, ada pula yang bertujuan untuk membangun personal branding LinkedIn. Bagi seorang pebisnis misalnya, selain untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai bisnis, pemasaran, dan profesionalitas dalam dunia kerja, juga dapat untuk membangun personal branding bagi dirinya sendiri atau brand nya.

Melalui LinkedIn, seseorang dapat menampilkan citra terbaik dari dirinya. Seseorang dapat menetapkan personal brandingnya dengan identitas karir yang menggunakan bakat alami dan terbaik yang ia miliki, kemudian dapat membedakan diri dari pengguna LinkedIn lainnya, dapat menarik lebih banyak bisnis, serta dapat mengesankan kandidat pekerja yang sedang mempertimbangkan untuk bekerja di perusahaan, maupun untuk bermitra dengan perusahaan yang dimiliki.

LinkedIn akan membantu untuk membangun citra profesional diri dan brand. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membangun personal branding LinkedIn.

1. Maksimalkan Profil LinkedIn

Tips Personal Branding LinkedIn

Untuk membangun personal branding di LinkedIn, profil adalah komponen pertama dan utama untuk dimaksimalkan. Usahakan profil terisi dengan lengkap, tambahkan foto yang profesional namun tetap terlihat santai, tulis secara jelas branding karir yang ditekuni, sertakan summary yang menarik, tambahkan riwayat pengalaman yang pernah diikuti dengan jelas, dan sertakan portofolio untuk menunjang branding. 

Jangan lupa menggunakan kata kunci yang membuat profil mudah ditemukan. Kemudian untuk menambah profesionalitas, ubah URL LinkedIn dengan unsur nama sehingga terlihat lebih meyakinkan.

2. Jalin Koneksi Yang Berkualitas

Koneksi yang luas dengan orang-orang yang berkualitas tentunya akan semakin memberikan nilai tambah pada akun LinkedIn. Dengan menjalin koneksi dengan tokoh-tokoh yang tepat, dapat memperlihatkan personal branding yang lebih meyakinkan dan terlihat profesional. 

3. Unggah Postingan Secara Rutin

Saat ini, LinkedIn adalah platform penerbitan profesional definitif. Faktanya, lebih dari 1 juta orang telah memublikasikan lebih dari 3 juta postingan di LinkedIn. Sedangkan untuk Milenial, mereka mewakili hampir 30% dari semua pengguna lama di LinkedIn.

Membuat postingan yang menarik dan profesional belum cukup untuk memberikan kesan meyakinkan untuk sebuah personal branding. Pastikan pula rajin untuk membuat postingan dan membagikan berbagai momen yang dapat menunjang personal branding yang sedang dibangun. Juga dapat memberitahukan bahwa akun Anda selalu aktif dan memiliki kredibilitas. 

4. Ikuti Tokoh-Tokoh Penting

LinkedIn dapat menjadi sarana untuk berinvestasi pada diri sendiri yakni dengan memperkaya pengetahuan. Saat ini banyak tokoh terkenal dan inspiratif, serta brand-brand besar yang sering membagikan informasi bermanfaat di LinkedIn. Melalui mereka, Anda dapat mengikuti akun-akun LinkedIn tersebut untuk mendapatkan lebih banyak insight yang berguna untuk karir Anda.

Melalui mereka, Anda juga dapat terinspirasi untuk menemukan personal branding yang tepat untuk diri sendiri maupun untuk brand yang dimiliki. Selain itu juga menandakan bahwa akun Anda cukup aktif dan terlihat lebih profesional.

5. Rajin Berinteraksi

Melalui LinkedIn, menyebarkan postingan yang bermanfaat masih belum maksimal jika tidak disertai dengan interaksi yang aktif. Interaksi ini dapat dilakukan melalui postingan yang diunggah dengan cara membalas berbagai komentar dan pertanyaan, kemudian dapat juga dengan menanggapi postingan dari rekan-rekan lain yang terkoneksi dengan akun LinkedIn.

6. Bergabung dengan Grup LinkedIn

Untuk dapat memperkuat personal branding yang dibangun, cara yang dapat dilakukan selanjutnya adalah bergabung dan berpartisipasi dalam grup di LinkedIn yang tentunya relevan dengan personal branding yang dibangun.

baca juga : Algoritma LinkedIn Bagaimana Cara Kerjanya?

Dengan cara ini akan memperluas koneksi dan membuat profil Anda dikenal oleh pengguna lainnya. Dengan membangun personal branding LinkedIn yang kuat, dapat meningkatkan peluang untuk memperkenalkan brand, menjalin mitra bisnis, hingga mengesankan perusahaan yang diinginkan. Informasi bermanfaat lainnya seputar LinkedIn dapat ditemukan di website a-creative.id.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.