fbpx

Tips Personal Branding Untuk Digital Marketer

personal branding
Professional Businesswoman

Anda seorang digital marketer dan ingin membangun personal branding? Tapi bingung mau mulai dari mana? Tenang, tulisan ini dibuat untuk Anda yang ingin membangun personal branding khususnya untuk kamu seorang digital marketer. Personal branding adalah aset penting yang perlu kamu miliki. Membangun personal branding artinya membangun investasi jangka panjang untuk karirmu.

Kencangkan sabuk pengaman karena kita akan mulai masuk ke topik pembahasan. Stay Tune!

Tulisan ini cocok untuk:

  • Jobseeker yang berbulan-bulan belum mendapat panggilan
  • Karyawan yang ingin mencari penghasilan tambahan
  • Freelancer yang ingin mendapatkan banyak klien dan project
  • Entrepreneur yang sedang membangun citra baik di mata konsumen

Apa itu Personal Branding?

Personal Branding adalah cara untuk mempromosikan diri melalui citra yang dibentuk untuk khalayak umum atau target audience tertentu. Intinya, kita harus show off untuk menciptakan sebuah citra di mata konsumen. Disekitar kita sudah banyak yang membangun personal brandingnya, contohnya :

1. Jokowi

Pak Jokowi dikenal menjadi orang yang merakyat dengan program blusukan hingga masuk gorong-gorong.Program blusukan hingga masuk gorong-gorong ini merupakan sebuah pencitraan (branding).

2. Raditya Dika

Raditya Dika merilis buku, film, web series youtube, online course yang sesuai dengan passion dan keahliannya.

3. Niko Julius

Niko Julius seorang Instagram expert membuat konten di Instagram sebagai media show off dengan memberikan value dan analisa yang komprehensif. Niko Julius juga mempunyai agensi dan membuka kelas online.

Bisa dilihat dari contoh diatas jika personal branding dapat diciptakan dengan show off karya, kemampuan, keunikan, bakat ataupun lainnya. Personal branding tidak akan tercipta jika kita hanya menyimpan untuk diri kita sendiri.

Manfaat Membangun Branding Personal yang Mapan

Personal branding yang dibangun dengan baik akan memberikan beberapa manfaat. Walaupun kita tahu jika membangun personal branding yang kuat perlu waktu dan usaha tapi jika diiringi dengan kesabaran maka akan berdampak baik untuk jangka panjang. Beberapa manfaat personal branding antara lain :

Kredibilitas

Personal Branding akan meningkatkan kredibilitas Anda dengan cara share values, skill dan sudut pandangmu dalam sebuah hal yang spesifik. Contohnya, seorang digital marketer dapat memberikan analisis teknikal SEO untuk sebuah website di social media Linkedin atau share portofolio keberhasilan project yang dikerjakan.

Relasi

Personal Branding akan menambah relasimu dengan orang yang tumbuh dalam circle keahlian yang kamu tekuni. Relasi adalah investasi masa depan. Contohnya, seorang SEO Specialist dapat kenal dengan SEO Expert lainnya melalui Asosiasi Praktisi SEO Indonesia karena dia sering sharing tentang dunia SEO di sosial medianya.

Kesempatan

Personal Branding dapat memberikan kamu kesempatan dalam banyak hal seperti karier, bisnis, amalan, dll. Kesempatan datang jika kamu konsisten. Contohnya, seorang Social Media Specialist mendapat tawaran freelance untuk mengurus konten social media salah satu perusahaan swasta ternama karena dia sering membuat tutorial desain di Youtube dan Tiktok.

Tips Personal Branding Untuk Digital Marketer

Ada banyak tips personal branding utama yang perlu Anda lakukan untuk membangun personal branding di era digital. Tapi kita hanya akan membahas tips personal branding untuk digital marketer. Apa saja langkah-langkah tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Membuat Konten di Sosial Media

Jika Anda seorang yang berprofesi sebagai digital marketer, Anda dapat mencoba mengoptimalisasi penggunaan sosial media Anda untuk personal branding dengan membuat konten yang sesuai dengan channel digital marketing yang Anda tekuni. Contohnya, Anda fokus ke Tiktok Marketing maka konten yang dapat dibuat dengan membuat tips/trik optimalisasi penggunaan Tiktok untuk promosi produk/layanan atau membuat tutorial membuat video Tiktok menarik.

Pastikan sosial media yang Anda gunakan sesuai dengan target audience. Contohnya jika Anda ingin membangun personal branding untuk mendapatkan pekerjaan di bidang digital marketing maka dapat menggunakan platform Linkedin sebagai sosial media untuk profesional.

Membuat “Good Portofolio”

Terkadang profesi digital marketer sering diremehkan karena dianggap kerjanya hanya duduk dan menatap layar laptop. Nah, semua anggapan itu bisa dipatahkan dengan membuat dan membagikan portofolio Anda. Portofolio pastikan memikat dengan memberikan informasi hal apa yang Anda lakukan dan bagaimana hasilnya dalam sebuah project.

Jangan memberikan informasi yang kurang akurat dan seperti “dibuat-buat” karena itu akan berdampak kepada citra Anda kedepannya.

Membuat Website Pribadi

Anda dapat menampilkan portofolio Anda di website pribadi. Jika Anda mempunyai website pribadi maka akan meningkatkan kredibilitas Anda di mata klien ataupun perusahaan. Selain itu, Anda dapat membuka usaha via website pribadi Anda seperti online course, jasa digital marketing ataupun konsultasi bisnis.

Jadi mempunyai website memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan citra Anda, membuka kesempatan dan membangun kredibilitas.

Baca Juga: Hardskill yang Harus Dimiliki Digital Marketer

Nah itu pembahasan kita tentang Tips Personal Branding untuk Digital Marketer. Selamat mencoba tips-tips kami dan untuk Anda yang ingin mendapatkan lebih banyak  informasi tentang self development tentang digital marketer silahkan akses a-creative.id. Gratis!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.