fbpx

Membangun Personal Branding di Linkedin, Mengapa Tidak?

Personal branding adalah suatu proses untuk memasarkan diri dan karir melalui suatu citra yang dibentuk untuk publik atau target audiens. Personal branding juga bisa dikatakan sebagai self marketing. Ada juga yang menyebutnya sebagai impression management. Personal branding melibatkan tentang nilai – nilai, keyakinan, serta tujuan Anda.

Personal branding bukan hanya ditujukan kepada perusahaan besar saja, namun Anda sendiri juga harus memiliki personal branding. Teknik ini dapat Anda gunakan untuk mengembangkan dan mempertahankan reputasi serta kesan individu, kelompok atau perusahaan kepada Anda.

Jadi, personal branding ini dapat dikatakan sebagai salah satu cara Anda mempromosikan diri sendiri. Di sini Anda perlu mengaturnya bagaimana dan seperti apa Anda ingin dikenal. Personal branding menceritakan kisah Anda serta hal dasar yang ada di personal branding biasanya tentang keterampilan, pengalaman, serta kepribadian. Anda harus mampu mengkombinasikan ketiganya agar Anda dapat menciptakan siapa diri Anda dikenal orang.

Baca Juga: Pencitraan Vs Personal Branding, Berbeda atau Sama?

Personal branding ini dapat dipresentasikan melalui berbagai cara, seperti lewat media sosial, situs web pribadi, blog, bahkan dapat melalui Linkedin.

Apa Itu Linkedin?

LinkedIn merupakan sebuah situs jaringan media paling besar di dunia untuk para profesional. Setidaknya terdapat 400 juta lebih anggota Linkedin dari seluruh dunia, di Indonesia sendiri terdapat lebih kurang 5 juta anggota yang sudah bergabung dengan Linkedin.

Linkedin bertujuan menghubungkan dan mempertemukan para profesional dari seluruh dunia agar mereka mampu mengelola dan mengembangkan lagi karirnya. Linkedin dapat Anda jadikan sebagai personal branding. Mengapa? Karena lewat Linkedin Anda bisa saja mendapatkan koneksi para profesional, mendapatkan berita, membantu Anda mendapatkan pandangan yang lebih luas, bahkan Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda impi-impikan.

Lalu, apakah kita harus membangun personal branding di Linkedin? Jika Anda ingin menjadi seorang profesional mungkin jawaban dari pertanyaan tersebut adalah iya. Karena dengan membangun personal branding di Linkedin, Anda akan terlihat lebih profesional dan Anda bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan lainnya lewat Linkedin ini.

Seberapa Penting Membangun Personal Branding di Linkedin?

Jika salah satu visi, misi, dan tujuan Anda membangun personal branding adalah untuk membangun koneksi dengan para profesional dari seluruh dunia, atau ingin mendapatkan pekerjaan baru, Linkedin adalah salah satu media yang tepat untuk membangun personal branding Anda.

Mengapa? Karena Linkedin adalah tempat berkumpulnya para profesional, jadi disini Anda bisa mendapatkan banyak insight dari mereka. Jika ingin mencari atau mendapatkan pekerjaan, Linkedin juga salah satu tempatnya.

Berdasarkan artikel World World Economic Forum yang berjudul “3 things recruiters look for on your social media profile” menunjukkan bahwa 92% pengusaha atau pemilik usaha sekarang meninjau profil media sosial sang kandidat selama proses perekrutan. Dan diantara 87% mengatakan mereka mempertimbangkannya dari LinkedIn.

Baca Juga: Strategi Powerful Personal Branding Karyawan

Jadi, seberapa penting membangun personal branding di Linkedin? Yap, sangat penting untuk di zaman seperti sekarang ini. LinkedIn salah satu media sosial yang sangat bermanfaat untuk memperkenalkan identitas diri Anda dalam dunia bisnis.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.