fbpx

Tahap Perencanaan Karir Digital Marketing

Memiliki karir di dunia digital marketing jadi dambaan banyak orang. Untuk itu, kamu perlu melakukan perencanaan karir digital marketing ini.
...

A-Creative

Author

01 Sep 2021
Digital marketers working o a plan

Digital marketing merupakan bidang yang memiliki demand tinggi di industri marketing. Bagaimana tidak, dengan teknologi yang semakin canggih membuat banyak hal dalam kehidupan sehari-hari beralih ke digital. Bisnis merupakan salah satu hal yang kini aktivitasnya bermunculan secara digital.  Terlebih, bidang marketing kini menjadi andalan banyak perusahaan.

Tanpa bagian digital marketing, perusahaan pastinya akan kesulitan mencuri perhatian calon konsumen mengingat dunia digital merupakan salah satu tempat yang cukup signifikan saat ini untuk melakukan aktivitas marketing. Untuk itu, bidang digital marketing merupakan bidang  yang cukup menjanjikan saat ini.

Jenjang Karir di Bidang Digital Marketing

Untuk melakukan perencanaan karir di bidang digital marketing, Kamu sebaiknya mengetahui jenjang karir dari industri ini. Simak penjabaran berikut:

Entry Level

Posisi entry level merupakan sasaran yang cocok bagi Kamu yang baru lulus kuliah maupun belum memiliki pengalaman sama sekali di industri ini. Pada tahap ini, Kamu bisa memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Mengingat bidang ini memiliki cakupan yang luas, pilihan jenis pekerjaan yang tersedia juga cukup banyak.

Jika kamu seorang lulusan mahasiswa jurnalistik atau hobi menulis, profesi content writer pastinya sangat cocok untuk Kamu. Sedangkan jika kamu lebih senang dengan jenis pekerjaan lapangan, menjadi koordinator sebuah event merupakan pilihan yang bisa Kamu petimbangkan. Selain itu, masih banyak pilihan lain dalam industri ini, di antaranya sebagai berikut:

  • Social Media Officer
  • Project Cordinator
  • Marketing Cordinator
  • Marketing Specialist
  • Dan masih banyak lagi

Marketing Manager

Jenjang karir tahap selanjutnya dalam industri digital marketing umumnya berkutat pada aktivitas manajemen. Sebagai contoh, Kamu bisa menjadi seorang marketing manager yang bertuas untuk membentuk dan mengevaluasi strategi pemasaran sebuah brand. Kamu juga turut andil dalam melakukan strategi perencanaan pemasaran.

Seorang marketing manager perlu memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, sebab mereka bertugas untuk memimpin serta membuat keputusan strategi marketing. Marketing manajer juga melakukan kontrol dan pengawasan terhadap bagian entry level.

Director Marketing

Seorang director marketing memiliki andil yang besar dalam menerapkan strategi marketing dari sebuah brand atau perusahaan. Director marketing akan menerima laporan dari tim marketing manager mengenai kondisi pasar hingga aktivitas dan strategi para kompetitor. Kemudian, penyesuaian strategi nantinya menjadi tugas seorang director marketing.

Seorang director marketing juga dituntut untuk mampu mencapai objektif yang sudah ditentukan. Dengan begitu, ketertarikan pelanggan akan produk akan meningkat. Hal itu akan berdampak baik bagi perusahaan.

Vice President of Marketing

Seorang VP Marketing memiliki peran sebagai pengawas kepemimpinan di bawahnya. Ia juga bertugas sebagai juru bicara terkait pemasaran sebuah perusahaan. VP Marketing juga harus bekerja dengan departemen lain serta memperkuat kinerja mereka. Jika setiap departemen dapat bersinergi dengan optimal, maka produk pastinya menjadi semakin baik.

Chief Marketing Officer

Chief Marketing Officer ialah posisi tertinggi di industri marketing. Mereka yang menduduki posisi ini bertanggung jawab terhadap setiap lini marketing dari perusahaan. Setiap eksekusi tak luput dari campur tangan posisi ini. Pengembangan dan perencanaan strategi juga akan dipertimbangkan oleh seorang Chief Marketing Officer.

Memiliki karir dalam dunia digital marketing merupakan dambaan banyak orang. Untuk mencapainya, Kamu perlu melakukan perencanaan karir digital marketing ini. Dengan mengetahui jenjang karir dari bidang ini, Kamu bisa menentukan di posisi mana minat kamu dalam industri ini.

Baca juga Hardskill yang Harus Dimiliki Digital Marketer