fbpx

Perbedaan Kreativitas dan Inovasi Untuk Optimasi Digital Marketing

Perbedaan Kreativitas dan Inovasi
perbedaan-kreativitas-dan-inovasi

Untuk menjadi seorang digital marketer yang baik, Kamu perlu tahu perbedaan kreativitas dan inovasi. Keduanya merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki. Sebab tanpanya, pengembangan bisnis akan lebih sulit. Karena, kompetitor kamu di luar sana pastinya banyak yang menggunakan strategi-strategi kreatif dan inovatif dalam memasarkan produknya. Kamu harus bisa bersaing dengan mereka.

Dengan daya kreativitas yang kuat, sebuah bisnis dapat bergerak maju dengan ide-ide baru untuk diterapkan ke produk maupun teknik pemasarannya. Dengan kreativitas dan inovasi yang baik, sebuah bisnis mampu menemukan ciri khas dari brand-nya. Hal itu nantinya akan menjadi pembeda dari brand lain, dan itu menjadi nilai tambah di mata calon konsumen Kamu.

Perbedaan Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi mungkin bermakna sama oleh banyak orang, namun sebetulnya keduanya memiliki perbedaan walaupun saling berkaitan. Menurut KBBI, kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk mengembangkan ide baru maupun alternatif baru untuk memecahkan masalah.

Memang banyak orang yang memiliki kreativitas di atas rata-rata, namun kreativitas kamu tetap dapat mempertajam hal tersebut. Orang yang terbiasa dengan menggunakan persepsi yang langka, maka kreativitasnya akan terasah. Seringkali ide yang berharga terletak di luar pola berpikir yang umum, atau bila diungkapkan dengan istilah klise yakni out of the box.

Kunci Inovasi

Sedangkan inovasi masuk ke ranah penerapan dari ide-ide hasil dari kreativitas. Penerapan ini akan memberikan value terhadap bisnis atau organisasi yang bersangkutan. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi kunci inovasi:

  • Lini produk atau segmen baru
  • Metode produksi baru
  • Teknologi baru
  • Peningkatan kualitas produk yang sudah ada

Inovasi juga memiliki keterkaitan dengan kreativitas. Inovasi memungkinkan seorang digital marketer untuk menghasilkan konsekuensi positif dari kreativitas. Tanpa inovasi, kreativitas hanya akan berakhir sia-sia sebagaimana ide-ide cemerlang yang tak pernah diwujudkan. Untuk itu, kreativitas dan inovasi merupakan hal yang harus berjalan berdampingan.

Perbedaan Mendasar Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi juga memiliki beberapa perbedaan kreativitas dan inovasi secara umum:

  • Kreativitas tidak bisa diukur, inovasi bisa diukur
  • Jika kreativitas menciptakan ide atau gagasan baru, inovasi berperan dalam mewujudkannya
  • Kreativitas merupakan aktivitas yang bebas biaya, inovasi membutuhkan biaya
  • Kreativitas merupakan proses imajinatif, sedangkan inovasi ialah proses yang produktif
  • Jika kreativitas merupakan aktivitas yang bebas risiko, inovasi merupakan hal yang memiliki risiko
  • Kreativitas berkaitan dengan ide-ide unik, sedangkan inovasi ialah memperkenalkan kepada pasar “sesuatu yang lebih baik”

Dengan melakukan peningkatan pada segi kreativitas, seorang digital marketer mampu meningkatkan efisiensi dari sebuah produk. Contoh mudah dari hal tersebut ialah keberadaan jasa delivery makanan yang dicetuskan oleh pemilik sebuah restoran. Hal itu akan membuat produk lebih efisien dari segi konsumsinya.

Inovasi berperan penting dalam menampilkan pembeda antara brand kamu dengan kompetitor di bidang yang sama. Mengembangkan produk dengan spesifikasi yang tidak terdapat di pasaran merupakan salah satu cara inovasi yang baik. Produk yang berbeda dari bisnis lainnya juga akan membuat identitas brand kamu lebih mudah diingat oleh para calon konsumen.

Hal ini bisa dicontohkan dengan penggunaan bahan baku dari produk makanan. Jika secara umum kue brownies menggunakan tepung terigu sebagai bahan bakunya, Kamu dapat menggunakan wortel atau ubi sebagai bahan baku yang inovatif. Yang jelas, dengan memahami perbedaan kreativitas dan inovasi, seorang digital marketer mampu membuat brand bersaing dengan kompetitor.

Baca juga Tips Meningkatkan Kreativitas Bagi Seorang Digital Marketer

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.