fbpx

Perbedaan Blog dan Website yang Perlu Diketahui

Perbedaan blog dan website

Dari perspektif teknis, blog dan website memang terlihat serupa. Hal itu karena blog adalah salah satu jenis website. Perbedaan blog dan website dapat digambarkan melalui analogi sederhana bahwa semua pisang adalah buah, tetapi tidak semua buah adalah pisang. Begitu pula dengan website yang tak semuanya berupa blog.

Dari pemahaman tersebut, akan terlihat banyak perbedaan antara keduanya. Jika Anda ingin membuat blog atau website, maka Anda wajib mengetahui perbedaan tersebut satu per satu. Pada akhir artikel ini, Anda akan sepenuhnya memahami perbedaan masing-masing dan memutuskan mana yang dapat membuat Anda lebih dekat dengan tujuan Anda.

Apa itu Website?

Website adalah satu domain tertentu yang berisi kumpulan dari halaman web dan dapat di akses melalui internet. Anda dapat mengakses situs web dengan mengetikkan URL domainnya di browser.

Sebuah website memiliki homepage yang memuat semua informasi penting tentang website tersebut. Dari beranda, Anda dapat mengakses halaman lain dari website tersebut dengan mengklik tautan yang disediakan.

Apa Itu Blog?

Blog adalah salah satu jenis dari website yang kontennya fokus terhadap topik tertentu. Isi dalam blog juga dikenal sebagai artikel blog atau posting blog. Umumnya, seorang individu atau kelompok kecil menjalankan blog.

Namun, seiring perkembangannya ada banyak blog yang menjadi bagian dari website. Blog dapat berisi informasi apa pun seperti kiat, tutorial, berita, daftar, koleksi, dan lainnya. Perbedaan blog dan website, isi blog umumnya lebih sering diperbarui.

Perbedaan blog dan website

Perbedaan Blog Dan Website

Dari penjelasan di atas, mungkin Anda telah memiliki gambaran tentang perbedaan blog dan website. Poin-pon di bawah ini akan menjelaskan perbedaan antara keduanya dengan lebih detail.

Tujuan Pengelolaan

Banyak individu menggunakan blog sebagai bagian dari gaya hidup dan sarana ekspresi diri. Sedang dari sisi bisnis blog digunakan untuk menjangkau audiens target yang relevan dan sebagai sarana komunikasi dengan audiens.

Di sisi lain, website banyak digunakan untuk membangun kepercayaan calon pelanggan. Kepercayaan yang menjadi dasar terjadinya konversi, dibangun melalui strategi tertentu, termasuk penyediaan informasi lengkap tentang bisnis tersebut.

Isi Konten

Perbedaan blog dan website selanjutnya terletak pada konten yang ditampilkan. Blog individu umumnya berisi tentang opini, pengalaman dan aktivitas pembuatnya. Sedang blog bisnis lebih banyak membahas hal-hal yang relevan dengan bisnisnya.

Sementara website biasanya berisi tentang informasi detail tentang produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Informasi tersebut ditampilkan dalam upaya meraih kepercayaan dari calon pelanggan.

Gaya Bahasa

Blog biasanya hadir dalam bahasa yang santai sesuai preferensi dari pembuat maupun target audiens. Sementara itu, website tampil dalam bahasa formal dan lugas agar pembaca yang sifatnya umum dapat memahami secara jelas informasi yang disampaikan.

Intensitas Update

Ketimbang website yang cenderung statis karena hanya memuat informasi yang dibutuhkan calon pelanggan, blog terrbilang lebih sering melakukan update. Ini dilakukan karena blog lebih fokus dalam menyediakan konten karena tujuannya adalah menjaring audiens sebanyak-banyaknya.

Baca juga : Kenali Jenis Jenis Website Dan Berbagai Fungsinya

Dari Perbedaan blog dan website di atas, mana yang akan Anda pilih? Untuk hasil maksimal, jangan ragu menghubungi profesional untuk membantu Anda. A-Creative dapat membantu membuatkan website client untuk berbagai kebutuhan, mulai dari website company profile hingga toko online. Ikuti @acreative.id di Instagram dan dapatkan info menarik lainnya.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.