fbpx

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa Cek!

perbedaan artikel seo dan artikel biasa

Dalam dunia marketing online, artikel SEO (Search Engine Optimization) merupakan satu hal yang tak boleh dilewatkan. Sekilas memang perbedaan artikel seo dan artikel biasa tak terlalu tampak. Namun, artikel jenis ini memiliki beberapa perbedaan mendasar dengan jenis artikel lainnya.

Pada dasarnya artikel SEO adalah suatu artikel yang dibuat dengan tujuan mengoptimalkan visibilitas organik website, melalui peningkatan peringkat pada hasil pencarian mesin pencari. Mesin pencari seperti Google, membaca setiap kata pada halaman website, sehingga kata-kata yang digunakan dalam artikel sangat mempengaruhi peringkat hasil pencarian

Untuk lebih jelasnya, simak perbedaan artikel seo dan artikel biasa berikut ini!

Struktur Artikel

Karena tujuannya adalah memudahkan mesin pencari untuk mendeteksi, maka artikel SEO memiliki fokus pada kata kunci. Ini mencakup tentang seberapa banyak kata kunci ditampilkan secara natural ke dalam artikel, dimana kata kunci tersebut harus ditampilkan, dan lainnya.

Di sisi lain artikel biasa memiliki fokus untuk memudahkan pembaca dalam memahami gagasan utama atau informasi penting dari artikel tersebut. Jadi, umumnya artikel biasa tak terpaku pada kata kunci dan hal-hal lain yang menyangkut mesin pencari.

Tujuan Artikel Diterbitkan

Seperti dijelaskan di awal, artikel SEO dibuat membantu halaman website mendapat peringkat tinggi pada mesin pencari. Sementara itu artikel biasa dibuat dengan tujuan memberikan informasi pada pembacanya.

Meski begitu, bukan berarti artikel SEO tak mengandung informasi yang bermanfaat bagi para pembacanya. Artikel SEO yang berkualitas tetap harus mampu memberikan sebuah nilai yang bermanfaat bagi pengunjung website. Ini berkaitan dengan pengalaman pengguna yang menjadi salah satu elemen dari SEO.

perbedaan artikel seo dan artikel biasa

Gaya Bahasa

Perbedaan artikel seo dan artikel biasa selanjutnya terletak pada gaya bahasa. Artikel SEO umumnya menggunakan bahasa formal, meskipun tak menutup kemungkinan penggunaan bahasa non formal. Hal itu karena pada dasarnya gaya bahasa dapat disesuaikan dengan kata kunci dan target audiens.

Di lain pihak, artikel biasa memiliki gaya bahasa yang bergantung pada preferensi sang penulis.  Ini karena mereka tak memiliki tendensi untuk mengejar posisi pada hasil pencarian. Sehingga mereka menyampaikan informasi dapat menggunakan bahasa yang lebih dinamis.

Topik

Artikel SEO biasanya mengandung topik yang isinya adalah pengembangan dari sebuah kata kunci.  Ini dimaksudkan agar artikel tetap relevan dengan kata kunci yang dimasukkan audiens. Oleh sebab itu, artikel harus mampu memberikan jawaban dari apa yang mereka cari.

Jika tidak, maka pembaca akan dengan cepat menutup halaman tersebut. Hal semacam itu akan berpengaruh buruk pada peringkat hasil pencarian. Sebaliknya, artikel biasa mengandung topik yang lebih bebas sesuai dengan keinginan penulis.

Kesimpulannya artikel biasa sama sekali berbeda denngan artikel SEO. Artikel SEO memiliki serangkaian faktor yang cenderung membedakannya dari konten lainnya. Di antara semua faktor, kata kunci adalah yang paling utama.

Kata kunci sangat penting karena memainkan peran dominan dalam mengoptimalkan halaman dalam peringkat mesin pencari. Kepadatan dan penempatan kata kunci adalah faktor lain yang harus dipenuhi artikel SEO. Berbeda dengan artikel biasa yang tak memiliki keterikatan dengan kata kunci.

Baca juga : Perbedaan Blog Dan Website Yang Perlu Diketahui

Dengan mengetahui perbedaan artikel seo dan artikel biasa, Anda bisa mulai menyusun rencana optimasi situs Anda. Untuk hasil maksimal, percayakn kebutuhan Anda pada A-Creative. Layanan SEO -Creative mencakup pembuatan artikel SEO berkualitas serta strategi SEO dalam mengelola website. Kunjungi a-creative.id atau Instagram @acreative.id untuk mendapatkan penawaran menarik.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.