fbpx

LSI Keyword Kunci untuk Dominasi Mesin Pencari

apa itu lsi keyword

LSI Keyword bisa menjadi solusi yang terlupakan jika ingin menempatkan website milik Anda berada di halaman teratas dalam mesin pencari seperti Google. Banyak yang melupakan LSI Keyword karena menganggap keberadaannya tidak terlalu penting sehingga fungsinya pun ikut disepelekan.

Namun, nyatanya LSI Keyword memiliki peran yang sama pentingnya seperti keyword utama SEO. Fungsinya untuk menetapkan peringkat suatu website pada mesin pencari. Secara garis besar, manfaatnya adalah membantu konten Anda menjadi relevan dengan banyak orang ketika mencarinya.

Jadi, memiliki keyword utama yang unik belum cukup? Ya. Mesin pencari kini memiliki algoritma yang dapat mengidentifikasi kata-kata lain sebagai keyword penunjang sehingga konten Anda dapat lebih mudah ditemukan konsumen.

Pengertian LSI Keyword

LSI sendiri adalah singkatan dari Latent Semantic Indexing yang memiliki arti kata atau kalimat yang memiliki kaitan dan relevansi dengan keyword utama. Keyword tambahan ini nantinya akan semakin memperjelas konteks dari konten yang Anda miliki. Mesin pencari pun akan lebih mudah membaca kontennya sehingga akan menempatkannya di halaman teratas.

Lantas, apakah LSI Keyword sama dengan Sinonim?Tidak sama.  LSI Keyword bisa merupakan sinonim dari keyword utama namun tidak semua sinonim adalah LSI Keyword. Misalnya, sinonim untuk kata bulutangkis adalah badminton. Sementara itu untuk LSI Keyword bulutangkis bisa kata seperti ‘’raket’’, ‘’All England’’, ‘’ganda campuran’’, ‘’shuttle cock’’, dan sebagainya.

Ini Cara Kerja LSI Keyword

Masih bingung? Ini contohnya. Misalnya, ketika Google ingin menampilkan konten untuk publik yang sedang mencari mouse komputer. Maka Google akan menampilkan konten-konten yang didalamnya memiliki kata seperti ‘’komputer’’, ‘’bluetooth’’, ‘’wireless’’, dan sejenisnya.

Begitu pula jika Anda ingin mencari ‘’mouse’’ dalam artian hewan, maka Google akan menampilkan konten yang terdapat keyword seperti ‘’mamalia’’, ‘’tikus’’, dan sejenisnya kepada Anda.

Bagi para marketer, LSI Keyword sangat penting untuk mendongkrak website perusahaan yang spesifik menjual barang atau jasa tertentu. Untuk menggunakan LSI Keyword pada konten atau website Anda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jadi ada caranya agar manfaatnya semakin maksimal.

Pertama, adalah jumlah LSI keyword jangan terlalu banyak. Bukan hasil yang maksimal yang didapat namun malah akan terbaca sebagai spam. Untuk LSI Keyword, ada jumlah perbandingan yang efektif dengan keyword utama yakni 2:1.

Kedua, ada beberapa tempat/space dalam komponen website yang penting untuk menarik pengunjung yang memiliki relevansi dengan konten. Berikut adalah beberapa penempatan LSI Keyword yang perlu diperhatikan.

  1. Dalam Artikel atau Postingan: Judul menjadi perhatan utama dari Google, jadi pastikan ada beberapa keyword di dalamnya.
  2. Dalam Alternative Text, Nama File dan Judul Gambar:  Pastikan image (ilusttrasi atau foto) di website Anda memiliki judul yang relevan dengan topik.
  3. Dalam Anchor Text: Anchor Text adalah kata atau kalimat yang berisi tautan/link yang mengarah ke website lain.
  4. Dalam Judul Halaman: Selain pada artikel, judul pada page/halaman website juga menjadi perhatina khusus Google. Jadi pastikan terdapat LSI Keyword didalamnya.

baca juga : Konten Evergreen Tingkatkan Traffic Website

Manfaat Menggunakan LSI Keyword

manfaat lsi keyword

Lantas, apa manfaat dari LSI Keyword ini? Berikut beberapa manfaat LSi Keyword bagi perkembangan bisnis Anda.

  1. Mendongkrak peringkat website Anda di dalam mesin pencari
  2. Meningkatkan relevansi konten yang Anda miliki.
  3. Meningkatkan traffic pengunjung di website Anda

Ya, LSI  Keyword banyak manfaatnya bagi website Anda. Jadi, segera terapkan penggunaan LSI Keyword pada postingan Anda. Hubungi A-Creative jika Anda membutuhkan bantuan para pakar dunia digital marketing untuk mengoptimalisasi website dan mengembangkan bisnis Anda di dunia digital.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.