fbpx

Pengertian Copywriter, Bedakah dengan Penulis?

pengertian-copywriter

Jika Anda tertarik dengan dunia copywriting, ada baiknya memahami terlebih dahulu apa pengertian copywriter serta tugasnya. Pada dasarnya, copywriter adalah profesi yang telah lama menempati posisi penting di dunia periklanan. Memasuki era digital marketing seperti saat ini, profesi copywriter kian populer dan menjadi incaran banyak perusahaan.

Lantas apa pengertian copywriter dan apa yang membedakannya dari profesi penulis lain seperti novelis, jurnalis atau content writer? Mari kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Copywriter

Dikutip dari indeed, pengertian copywriter adalah orang yang bertanggung jawab untuk menghasilkan teks yang menarik dan jelas untuk berbagai saluran perikanan, seperti misalnya situs web, video promosi, katalog atau iklan cetak.

Tugas copywriter juga bisa meliputi penelitian kata kunci, menghasilkan konten tertulis yang menarik serta mengoreksi pekerjaan untuk mencapai akurasi dan kualitas yang sesuai.

Dari pengertian copywriter tersebut, sebagian orang mungkin masih bingung mengenai perbedaannya dari content writer. Untuk digaris bawahi, copywriters adalah profesi yang terfokus untuk membuat materi teks pada saluran periklanan, dengan tujuan untuk memasarkan dan menjual sebuah produk.

Perbedaan Copywriter dari Profesi Penulis Lainnya

Dari pengertian copywriter di atas, Anda telah memiliki cukup gambaran mengenai apa tugas profesi ini. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbedaan copywriter dari profesi penulis lainnya.

Seorang copywriter bertujuan menjual

Bukan tanpa alasan jika copywriter disebut juga marketing writer. Seorang copywriter harus bisa  menjual kepada target audiens atau pengunjung website melalui materi pemasaran yang dibuatnya.

Copywriter mampu menyesuaikan tulisan dengan bentuk media komunikasi pemasaran yang digunakan. Apakah berupa poster, postingan media sosial, email marketing, atau lain sebagainya. Masing-masing media tersebut akan membutuhkan materi berupa teks, kalimat serta tema yang dapat menggugah keinginan target untuk membeli produk yang diiklankan.

Copywriting, adalah keahlian menjual dalam bentuk cetak dengan tujuan untuk membujuk. Lain halnya dengan penulis konten yang biasanya lebih bertujuan menginformasikan, menghibur, mendidik atau menginstruksikan pembaca.

Baca juga: Pakai Teknik Copywriting PAS Agar Produk Laris!

Copywriter menghasilkan tulisan pendek dan efektif

Berbeda dengan penulis konten yang bisa menulis hingga ribuan kata, umumnya copywriter hanya akan memerlukan kalimat atau tulisan pendek saja. Sesuai dengan pengertian copywriter, beberapa bentuk media pemasaran yang biasanya ditangani adalah:

  • Iklan baik online dan offline
  • Konten website, termasuk landing page website
  • Konten media sosial
  • Email marketing
  • Skrip promosi dan iklan komersial
  • Skrip video
  • Katalog
  • Billboard
  • Surat penjualan
  • Lirik lagu jingle

Copywriter menciptakan rasa urgensi

Tugas copywriter adalah membuat seseorang ingin segera mengambil tindakan. Misalnya, copywriter bertujuan agar pembaca ingin mengunduh sesuatu, mendaftar langganan buletin, atau membeli produk yang ditawarkan.

Jadi, seorang copywriter harus bisa membuat sebuah konten (copy) yang menyebabkan rasa urgensi pada target audiens. Bukan saja pengunjung website mendapat informasi kenapa ia harus memilih produk Anda untuk dibeli, tetapi juga memberi alasan kenapa mereka harus membeli produk Anda sekarang juga.

Sementara itu, profesi penulis konten ingin membangun keterlibatan audiens, dan mendapatkan kepercayaan untuk membangun relasi. Content writer memposisikan merek sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan. Penulis konten tidak harus mendorong target membeli produk saat ini juga, tetapi bertujuan membangun dan mempertahankan hubungan dengan konsumen dalam jangka panjang.

Copywriter mengubah trafik menjadi prospek.

Satu lagi hal yang penting dari copywriter adalah harus bisa mengubah trafik menjadi prospek. Seorang penulis konten dapat meningkatkan lalu lintas organik pada sebuah website. Setelah itu, maka copywriter bertugas mengubah lalu lintas pengunjung menjadi penjualan atau prospek. Inilah peran kunci copywriter di dalam pemasaran digital.

Itulah pengertian copywriter dan perbedaannya dengan penulis lain. Mengingat pentingnya copywriting dalam menghasilkan penjualan, sebaiknya hal ini ditangani secara profesional. A-Creative adalah digital marketing agency yang menyediakan jasa copywriting untuk berbagai kebutuhan pemasaran. Dengan biaya terjangkau, A-Creative memberikan layanan copywriting profesional dengan hasil memuaskan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.