fbpx

Panduan Link Building Lengkap Untuk Pemula

panduan-link-building
link building, link outreach, offpage seo

Link Building secara sederhana ialah proses dalam membuat situs web lain menautkan link ke situs web Anda. Seorang digital marketer dapat memanfaatkan link building sebagai upaya untuk mengoptimalkan SEO. Menautkan sebuah link ke situs web juga memungkinkan situs yang bersangkutan untuk meningkatkan otoritasnya. Pada artikel ini kami akan membahas panduan link building lengkap untuk pemula dan beberapa tambahan insight untuk mereka yang sudah mahir.

Panduan Link Building

Backlink menjadi faktor yang cukup penting dan menjadi salah satu dasar bagi search engine untuk menentukan rangking situs dengan penggunaan keyword tertentu. Hal itu juga mampu membuat algoritma search engine menganggap bahwa situs yang bersangkutan merupakan sumber informasi yang berkualitas dan layak untuk dikutip selama link building yang dibuat berkualitas.

Situs web yang memiliki banyak backlink biasanya memiliki peringkat yang lebih tinggi di Google, hal itu membuat link building sebagai strategi yang perlu dipertimbangkan dalam mengoptimalkan SEO bagi situs website. Terlebih jika sebuah situs bukan hanya dimanfaatkan untuk keperluan agar sebuah bisnis terlihat bonafide saja, namun situs tersebut digunakan sebagai sarana promosi.

Cara Membuat Situs Lain Menautkan Link Situs Anda

Untuk melakukannya, terdapat beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan. Di antaranya sebaga berikut:

  • Review dari Influencer. Bekerjasama dengan influencer cukup efektif, mengingat mereka memiliki pengikut yang banyak di media sosial mereka. Anda perlu menempatkan produk atau layanan yang disediakan oleh bisnis Anda ke influencer yang tepat sesuai dengan industri Anda.
  • Content Marketing. Membuat konten yang unik, menarik, dan berkualitas tinggi akan membuat orang lain memberikan perhatian lebih terhadap konten yang bersangkutan. Bukan hanya itu, konten yang unik juga mampu membuat orang melakukan share secara cuma-cuma ke orang lain. Namun, Anda perlu menyisipkan strategi marketing yang tepat agar konten berkualitas yang Anda buat dapat menjangkau audiens
  • Andalkan Koneksi Pertemanan Maupun Mitra. Cara ini cukup sederhana, yaitu dengan meminta teman atau mitra Anda untuk menautkan situs Anda pada situs maupun platform milik mereka. Namun, Anda juga perlu memastikan bahwa situs yang menautkan merupakan situs yang relevan. Sebab, situs yang relevan akan menghasilkan backlink yang lebih berkualitas dibandingkan situs yang random.

Peran Link Building Untuk Mengoptimalkan SEO

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf awal, link building adalah metode yang memiliki peran cukup signifikan terhadap rangking sebuah situs web  di mesin pencari. Bahkan pihak Google sendiri menyatakan bahwa

Webmaster dapat meningkatkan peringkat situs mereka dengan meningkatkan jumlah situs berkualitas tinggi yang tertaut ke halaman mereka”.

Sebagai gambaran sederhana, dua situs yang mempromosikan produk serupa akan memenangkan peringkat di mesin pencari bila memiliki popularitas tautan yang lebih tinggi. Namun sekali lagi, backlink yang tertaut ke situs mereka haruslah relevan dan berasal dari konten situs yang berkualitas. Jika backlink bersifat spam atau berasal dari konten abal-abal, maka backlink yang bersangkutan secara teknis berkualitas buruk, dan hal itu akan berpengaruh terhadap penilaian Google.

Gambaran di atas menjelaskan secara umum betapa pentingnya menerapkan link building. Namun hal tersebut masih sangat mendasar, terdapat faktor-faktor penting lain yang perlu diperhatikan:

  • Kredibilitas situs yang menautkan
  • Optimasi konten dan SEO dari masing-masing situs web
  • Teks pengantar untuk tautan

Secara garis besar, konsep yang perlu dipahami ialah menyadari bahwa peringkat konten yang tinggi untuk keyword yang telah ditargetkan sangat dipengaruhi oleh tautan dari situs web eksternal.

Berbagai Strategi Link Building

Link building merupakan langkah yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Strategi-strategi berikut ini dapat Anda terapkan untuk menciptakan link building yang berkualitas. Simak penjabarannya berikut ini:

Menulis Untuk Website Lain (Guest Blogging)

Guest blogging merupakan teknik yang cukup sering digunakan untuk menggunakan metode link building. Konsepnya ialah dengan menjadi “penulis tamu” bagi website lain dan menerbitkan tulisan Anda pada website tersebut. Lalu pada artikel yang Anda buat di website bersangkutan, Anda menyisipkan link menuju situs web milik Anda.

Walaupun cara ini cukup umum diterapkan oleh banyak orang, namun Google tetap memberikan pengawasan ketat pada metode ini. Sebab, jika metode ini diterapkan dengan cara menuliskan konten abal-abal hanya untuk kepentingan menyisipkan backlink untuk website Anda sendiri, secara teknis konten tersebut adalah konten belaka. Dan hal itu dilarang oleh pihak Google.

Cara penerapan semacam itu dapat membuat situs web Anda dikenakan penalti dari pihak Google. Untuk itu, metode guest blogging sebaiknya diterapkan sebaik-baiknya dengan tetap menuliskan konten berkualitas tinggi sebagaimana Anda menulis konten untuk website Anda sendiri.

Link Building Menggunakan Konten

Situs web yang memiliki konten berkualitas tinggi cenderung mendapatkan banyak backlink organik. Sebab, situs web yang bersangkutan akan dianggap sebagai sumber informasi yang lengkap dan kredibel, hal itu akan membuat orang tak segan untuk menautkan link pada website yang bersangkutan.

Konten-konten yang mendapatkan banyak backlink biasanya konten yang memuat statistik, panduan, infografis, galeri gambar, hingga video. Sebab, jenis konten tersebut biasanya sarat akan informasi dan berkualitas tinggi. Untuk itu, Anda tak perlu segan untuk menghubungi situs-situs yang relevan dengan situs Anda untuk meminta menautkan link ke situs milik Anda.

Dengan menyediakan konten yang berkualitas, perlahan citra kualitas yang melekat pada situs web Anda akan membangun kredibilitas website Anda. Sehingga pada akhirnya Anda tak perlu lagi menghubungi situs web lain untuk minta dipasangkan backlink, sebab situs web Anda sudah tak diragukan lagi secara kualitas dan mungkin mengalami peningkatan dari segi visibilitas.

Panduan Link Building yang Rusak

Konsep dari metode ini ialah menawarkan situs web yang memiliki link yang sudah rusak untuk digantikan dengan link situs Anda. Broken link juga banyak sekali ditemukan dalam dunia internet, hal itu merupakan kesempatan bagi Anda. Namun perlu diingat, situs web yang memuat broken link haruslah situs yang relevan dengan produk yang Anda tawarkan.

Sebagai contoh, Anda menggunakan situs website untuk menjual produk furniture secara online. Lalu, Anda menemukan sebuah situs website yang membahas tema seputar furniture dan menemukan terdapatnya broken link pada salah satu artikel maupun deskripsi produk mereka. Anda dapat menghubungi mereka untuk menggantinya dengan link Anda karena situs website yang bersangkutan relevan.

Anda juga tidak perlu merasa “menyusahkan” mereka, sebab dengan menginformasikan bahwa pada situs web mereka terdapat broken link, Anda sebetulnya secara teknis telah membantu mereka. Maka mereka tidak akan sungkan untuk “berbalas budi” dengan menautkan link menuju situs web Anda.

Terlebih jika situs website Anda memuat konten yang berkualitas tinggi, mereka tidak akan segan untuk menautkan link menuju situs web Anda. Untuk itu, link building dengan menerapkan metode ini bisa menjadi salah satu cara yang Anda terapkan.

Apakah Anda sudah siap menerapkan strategi link building terbaik untuk website Anda? Jangan sungkan – sungkan untuk berdiskusi kepada kami tentang apapun yang berkaitan dengan SEO dan digital marketing.

Baca juga : Link Building Belum Optimal? Gunakan 6 Trik SEO Ini!

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.