fbpx

Panduan Facebook Ads Lengkap: Definisi, Teknis dan Istilah

panduan facebook ads

Facebook masih menjadi media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak hingga saat ini. Februari 2004 menjadi awal kehadiran Facebook. Istilah dalam FB Ads tidak hadir begitu saja, awal mulanya Facebook tidak menjalankan iklan dan nama pertamanya adalah The Facebook yang hanya untuk kalangan mahasiswa Universitas Harvard. Kini, Facebook menjadi jejaring sosial yang mendunia dan menjadi menjelma media periklanan raksasa (Facebook Ads / FB Ads). Lebih dari itu, belajar FB Ads dan panduan FB Ads menjadi paling banyak dicari untuk bisnis saat ini.

Tujuan Facebook mulanya untuk bisa menghubungkan orang-orang di seluruh dunia, mendekatkan keluarga, kerabat, bahkan menemukan teman lama. Seiring berjalannya waktu, Facebook berkembang menjadi salah satu media promosi yang efektif. Yuk, kita belajar Facebook Ads lebih lanjut!

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah layanan iklan berbayar untuk pengguna Facebook. FB Ads menjadi media promosi dengan lingkupan yang sangat luas. Pengiklan bisa melakukan targeting untuk mendapatkan target audiens yang sesuai. Targeting pada FB Ads berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, pekerjaan, pendidikan dan minat.

Facebook Ads punya pilihan media yang beragam untuk beriklan, yaitu melalui foto, video atau teks. Biaya iklan pada Facebook Ads sangat terjangkau, mulai dari Rp 10.000.  Sebagai pengiklan, Anda bisa dengan mudah memantau dan melakukan evaluasi terhadap iklan Anda melalui fitur Facebook Advert Manager.

Apa Saja Jenis Iklan Facebook Ads?

Belajar FB Ads akan lebih mudah dengan mengetahui jenis iklan apa saja yang ada pada Facebook Ads. Berikut ini adalah jenis iklan yang ada pada Facebook Ads:

  • Page Post Engagement : iklan yang bertujuan untuk mendapatkan engagement berupa like, comment dan share dari postingan Facebook yang dipromosikan.
  • Page Likes : iklan ini bertujuan untuk mendapatkan likes pada fanpage bisnis. Makin banyak like pada fanpage bisnis bisa meningkatkan kepercayaan konsumen.
  • Click to Website : iklan ini mempunyai aksi berupa tombol klik yang menuju ke halaman website tertentu.
  • Website Conversion : iklan ini bertujuan mengarahkan target untuk melakukan suatu tindakan seperti checkout, leads atau registration.
  • Event Responses : iklan ini cocok untuk mendapatkan target yang spesifik ketika Anda mengadakan suatu event.
  • App Instal/Engagement : iklan yang bertujuan mengajak pengguna Facebook mengunduh aplikasi tertentu.

  • Istilah dalam FB Ads

    Setelah mengerti apa itu FB Ads, Anda perlu tahu istilah-istilah yang ditemukan ketika menjalankan FB Ads. Beberapa istilah yang perlu diketahui:

    • Ad : Ad adalah materi iklan yang akan digunakan untuk berpromosi menggunakanFB Ads.
    • Adset : Adset adalah Kumpulan ad. Adset memungkinkan Anda untuk melakukan penargetan, penjadwalan, penawaran dan anggaran iklan
    • Facebook Ads Manager : Facebook Ads Manager adalah fitur yang memungkinkan Anda melihat performa iklan dan seluruh campaign iklan Anda. Facebook Ads Manager disebut juga Pengelola Iklan Facebook.
    • Campaign : Campaign berisi kumpulan beberapa adset. Anda dapat memilih dan menentukan objektif dari iklan yang sedang berlangsung pada bagian campaign ini.
    • CPM : CPM singkatan dari Cost Per Million. CPM bisa diartikan sebagai biaya per 1000 kali tayangan.
    • CTR : CTR singkatan dari Click Through Rate. Semakin besar nilai CTR bearti semakin pesar pula ketertarikan audiens terhadap iklan tersebut.
    • Custom Audience : Custom Audience berguna untuk menyimpan dan mengelompokan data target market yang telah Anda miliki.
    • Objective : Objective adalah tujuan yang Anda ingin capai dalam beriklan menggunakan FB Ads.
    • Relevance score : Relevance score yaitu ukuran yang memberikan nilai seberapa baik respon audiens yang didapatkan oleh iklan Anda.
    • Pixel : Pixel adalah kode yang dapat dipasang pada website Anda. Pixel bertujuan untuk melacak konversi dari FB Ads dan optimasi iklan.
    • Reach : Reach memungkinkan Anda bisa melihat seberapa banyak pengunjung yang melihat iklan Anda.
    • Facebook Business Manager : Facebook Business Manager merupakan tools yang digunakan untuk mengelola dan mengakses ke Facebook Page dan aplikasi Facebook lain sekaligus.
    • Facebook Page : atau Fanpage Facebook adalah halaman Facebook yang terpisah dari profil pribadi, biasanya digunakan untuk mewakili perusahaan, komunitas atau organisasi tertentu.

    Teknis Menjalankan FB Ads

    Setelah mengetahui istilah-istilah FB Ads, Anda sudah selangkah lebih maju dalam belajar FB Ads. Selanjutnya, mari kita bahas sekilas tentang teknis menjalakan FB Ads.

    Menggunakan Facebook Business Manager

    Kunjungi link http://business.facebook.com untuk membuat Facebook Business Manager.  Menggunakan Facebook Business Manager akan memudahkan Anda dalam mengelola akun dan mempermudah menampilkan report bisnis.

    Berikut ini cara menggunakan dan membuat facebook Ads:

    • Login ke akun Facebook Anda yang digunakan untuk membuat Facebook Page.
    • Buka Facebook Ads Manager dan login ke akun Facebook yang digunakan untuk mengelola iklan.
    • Buka tab Kampanye, kemudian klik Buat.
    • Maka akan muncul pilihan untuk “membuat kampanye baru” atau “gunakan kampanye yang ada”.
    • Tentukan tujuan iklan yang Anda butuhkan.
    • Tujuan iklan Facebook Ads yaitu awareness, consideration dan conversion.Selanjutnya, isi detail Ad Set, tentukan Anggaran & Jadwal, dan audience Anda.
    • Isi kolom nama iklan, identitas, penyiapan iklan dan materi iklan.

    Secara teknis pembuatan Facebook Ads sudah selesai, saatnya melakukan pembayaran iklan dengan memasukkan data kartu kredit atau debit.

    • Cara pembayaran FB Ads bisa dengan beberapa cara berikut :
    • Menggunakan kartu kredit atau debit.
    • Melalui bank transfer.
    • Menggunakan rekening doku wallet.
    • Melalui OVO.
    • Menggunakan kode kredit iklan Facebook.

    Keuntungan Beriklan Di Facebook Ads

    Benar, banyak media iklan online selain Facebook Ads. Namun, mengapa Anda sangat layak untuk mencoba beriklan di Facebook Ads. Berikut ini adalah manfaat FB Ads sebagai media promosi online:

    Facebook Ads Efektif Meningkatkan Brand Awareness

    Pengguna Facebook di dunia sangat banyak dan terus bertambah setiap hari. Indonesia masuk dalam urutan 5 besar pengguna Facebook terbesar di dunia. Tentu, ini adalah peluang yang sangat baik menjadikan Facebook sebagai sarana berpromosi. Facebook dengan pengguna yang sangat banyak dari berbagai kalangan sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness.

    Beriklan di Facebook membantu Anda memperkenalkan brand atau produk ke masyarakat luas. Bisnis Anda akan mampu menjangkau sebanyak-banyaknya target konsumen. Hal ini dapat bermanfaat untuk membuat bisnis Anda semakin dikenal dan berpotensi meningkatkan keuntungan bisnis.

    Iklan Lebih Tepat Sasaran

    Dibandingkan dengan media iklan konvensional, iklan online seperti Facebook Ads punya keunggulan dalam membidik target konsumen yang tepat. Hal ini karena dalam fitur FB Anda bisa menargetkan calon konsumen yang sesuai. Anda dapat menentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat dan lain-lain. Strategi promosi yang lebih terarah dan sesuai target tentu semakin efektif.

    Contohnya jika Anda menjual produk pakaian wanita, maka Anda bisa menargetkan konsumen wanita dari rentang usia tertentu yang cocok dengan produk tersebut. Jika Anda menjual perlengkapan bayi Anda bisa menargetkan para ibu muda berdasarkan status dan usianya.

    Banyak Pilihan Iklan yang Inovatif

    Iklan haruslah kreatif dan inovatif untuk bisa menarik perhatian pelanggan. Facebook Ads menjadi media iklan online yang punya banyak pilihan jenis iklan sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa berinovasi melalui iklan online yang kreatif sehingga calon pelanggan tidak merasa terganggu dan justru semakin tertarik dengan iklan tersebut.

    Jenis-jenis iklan Facebook sudah kita bahas sebelumnya. Dengan facebook Ads Anda bisa berkreasi membuat iklan yang unik. Iklan Anda tidak hanya berupa teks, tapi juga bisa berupa media visual seperti gambar atau video. Visual dan copywriting yang tepat dapat menghasilkan iklan yang efektif.

    Membantu Meningkatkan Penjualan

    Tujuan promosi adalah meningkatkan penjualan. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan iklan Facebook. Facebook Ads yang dioptimasi dengan baik dapat mendatangkan leads dan meningkatkan penjualan. Caranya yaitu mengetahui siapa target konsumen yang tepat, isi iklan yang menarik, jenis atau metode iklan yang cocok dan sebagainya.

    Untuk mencapai hal itu, lakukanlah riset pasar dengan cermat agar iklan Facebook Anda semakin maksimal. Iklan yang tepat membantu brand Anda semakin banyak dikenal. Calon pelanggan yang awalnya tidak mengetahui brand Anda pun semakin banyak yang tertarik untuk mencoba produk Anda. Maka, iklan Facebook yang tepat sasaran dapat meningkatkan penjualan.


    Tips Beriklan di Facebook Agar Lebih Hemat

    Mengapa Facebook Ads lebih hemat? Bayangkan jika Anda masih menggunakan media iklan konvensional di mana tidak dapat menargetkan pelanggan secara tepat sasaran. Biaya iklan bisa terbuang percuma. Belum lagi, jika iklan dalam media cetak yang perlu biaya lebih dalam pelaksanannya.

    Iklan online lebih praktis dan efisien dapat menghemat biaya dan waktu. Di sisi lain, hasilnya bisa jauh lebih efektif daripada iklan konvensional. Secara lebih rinci, mari kita bahas tips beriklan di Facebook Ads supaya lebih hemat.

    Tentukan Target Konsumen yang Tepat

    Penting melakukan riset pasar sebelum beriklan online. Iklan online seperti Facebook Ads fokus menjangkau target konsumen yang Anda tentukan. Maka dari itu, Anda perlu tahu siapa target konsumen Anda.

    • Cara untuk mengetahui target pasar:
    • Bangun hubungan baik dengan pengikut di media sosial kemudian amati karakter dan minat mereka.
    • Menganalisis persaingan pasar bisnis yang sesuai bidang bisnis Anda, kenali siapa kompetitor Anda dan bagaimana target pasarnya.
    • Memahami manfaat produk Anda untuk mengetahui siapa yang cocok dengan produk tersebut.
    • Gunakan tools analisis agar riset pasar lebih maksimal.

    Pilih Waktu yang Cocok untuk Memasang Iklan

    Anda istilah prime time yaitu waktu di mana orang-orang banyak mengakses Facebook. Prime time biasanya pada waktu jam makan siang ketika seorang beristirahat dari pekerjaanny.. Prime time juga bisa pada menjelang malam hari yaitu waktu santai kebanyakan orang.

    Buat Konsep Iklan yang Menarik

    Konsep iklan di media sosial tidak bisa hanya jualan dan sebaiknya tidak terlalu agresif. Buatlah konsep iklan yang menarik mulai dari desain dan copywritingnya. Sesuaikan dengan target konsumen Anda dan tujuan promosi. Tambahkan foto, video atau animasi dalam iklan Facebook untuk membuatnya lebih menarik.

    Berikan Call To Action di Iklan Anda

    Call To Action (CTA) dalam iklan Facebook penting untuk meningkatkan konversi. CTA adalah suatu cara untuk mempermudah Anda mencapai tujuan promosi. Buatlah CTA yang bisa menarik konsumen untuk mengenal brand Anda atau mencoba produk Anda.Berikut ini beberapa tips membuat CTA yang menarik dalam iklan Facebook.

    • Menunjukkan promo menarik seperti kata ‘diskon’ ‘promo terbatas’ dan sebagainya.
    • Menggunakan kalimat tanya yang mengundang rasa penasaran atau menarik perhatian. Contoh: “Bosan rasa mi instan yang itu-itu aja? Kami punya rasa baru!”
    • Memakai action words yang dapat menawarkan sebuah solusi atau manfaat dari suatu masalah. Contoh: “Sekarang Anda bisa cek gula darah melalui smartphone dengan aplikasi XYZ!”

    Atur Iklan Sesuai Budget Promosi

    Hal yang tak kalah penting untuk menghemat biaya iklan dalam Facebook Ads adalah mengetahui berapa anggaran promosi yang Anda miliki. Sesuaikan pemasangan iklan dengan anggaran promosi Anda. Facebook Ads akan memberikan estimasi biaya iklan dengan hasil impresi, reach atau klik yang bisa Anda dapatkan. Ya, Anda bisa menentukan sendiri biaya iklan di Facebook. Dengan budget mulai dari Rp15.000 pun Anda sudah bisa mulai beriklan.

    Belajar Facebook Ads ternyata tidak sulit, kan? Memasang iklan dengan Facebook Ads bisa lebih menghemat biaya daripada menggunakan media iklan konvensional. Facebook Ads bisa menjangkau audiens yang sangat luas dengan biaya yang lebih hemat.

    Kalau masih bingung juga, serahkan pemasangan Facebook Ads Anda ke A-Creative agar membuat Facebook Ads yang efisien untuk membantu bisnis Anda semakin berkembang. 

    Need full marketing services Assistance?

    Try our Digital Marketing Subscription Package

    Subscribe weekly news

    Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

    Tips foto produk

    Tips Foto Produk yang Eye Catching

    Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

    Read More »
    Follow our social media
    Testimonials

    Do you Need Digital marketing services Assistance?

    Try our Digital Marketing Subscription Package

    Special Promotion Start
    From IDR 1500K

    For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

    We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.