fbpx

Model Bisnis B2B Pengertian dan Contohnya

Model bisnis B2B

Model bisnis B2B adalah salah satu model bisnis yang populer . B2B atau Business to Business melibatkan penjualan produk atau layanan ke bisnis lain. Seringkali model bisnis ini membutuhkan proses yang lebih panjang dan keahlian yang berbeda dibandingkan model bisnis lainnya.

Dalam artikel ini kami akan mencoba menjelaskan apa itu B2B secara lebih mendalam, memberikan contoh umum, dan menjelaskan beberapa komponen unik yang membuat model bisnis ini lebih kompleks daripada penjualan B2C atau  Business to Consumer.

Apa Pengertian Model Bisnis B2B?

Model bisnis B2B adalah sebuah model bisnis dimana transaksi terjadi antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Berbeda dengan bisnis B2C yang transaksinya terjadi langsung antara satu bisnis dengan konsumen individual, seperti yang dapat Anda lihat di toko ritel atau restoran.

Selain jenis pelanggan, perbedaan utama antara penjualan B2B dan B2C meliputi proses penjualan, strategi pemasaran, dan penerapan teknik penjualan. Misalnya, penjualan B2C biasanya memiliki proses penjualan yang jauh lebih singkat. Di sisi lain, B2B pada prosesnya dapat memakan waktu bertahun-tahun.

Berikut karakteristik bisnis model B2B yang membedakan dengan B2C:

  • Prosedur pembelian lebih rumit
  • Produk lebih kompleks
  • Lebih sedikit pembeli, lebih banyak penjual
  • Segmentasi terbatas

Konsep Atau Cara Kerja Bisnis B2B

Model bisnis B2B biasa terjadi dalam rantai pasokan, dimana sebuah perusahaan membeli komponen dan bahan baku dari perusahaan lain untuk digunakan dalam proses manufaktur. Produk jadi kemudian dapat dijual kepada konsumen melalui B2C.

Dalam konteks komunikasi, B2B dapat terjadi ketika karyawan dari perusahaan yang berbeda dapat terhubung satu sama lain, seperti melalui media sosial. Jenis komunikasi antara karyawan dari dua atau lebih perusahaan disebut komunikasi B2B.

Secara sederhana cara kerja model bisnis ini adalah:

  • Satu perusahaan membutuhkan barang atau jasa.
  • Perusahaan lain mengajukan penawaran.
  • Terjadi proses negosiasi hingga transaksi.
  • Terjalin kerja sama antar dua perusahaan.

Contoh Bisnis Yang Bergerak Di Bidang B2B

Model bisnis B2B

Samsung, misalnya, adalah salah satu pemasok komponen iPhone yang dimiliki Apple. Di sisi lain, Apple juga memiliki hubungan B2B dengan perusahaan lain seperti Intel, Panasonic, dan produsen semikonduktor Micron Technology.

Model bisnis B2B juga menjadi tulang punggung industri otomotif. Banyak komponen kendaraan diproduksi secara terpisah, ban, aki, dan kunci pintu misalnya, biasanya diproduksi oleh berbagai perusahaan dan dijual ke produsen mobil.

Dalam hal jasa atau layanan, banyak pula perusahaan yang menggunakan model bisnis ini. Misalnya perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam manajemen properti, penyedia layanan kebersihan, dan lainnya sering kali menawarkan layanan ini secara eksklusif ke bisnis lain, bukan ke konsumen perorangan.

Dalam skala kecil online shop yang bermitra dengan pihak lain yang menangani pengemasan atau pengiriman menjadi salah satu contoh model bisnis B2B. Efisiensi yang ditawarkan model bisnis ini sangat membantu bisnis lain yang mempunyai sumber daya terbatas.

Baca juga: 10 Fungsi Website Untuk Perusahaan

Dengan potensinya yang terus meningkat, model bisnis B2B adalah salah satu pilihan bagi Anda yang mencari sebuah ide bisnis. Dalam banyak kasus model bisnis ini akan berkembang dengan baik jika dipadukan dengan strategi digital marketing yang tepat. A-Creative memiliki berbagai layanan digital marketing yang cocok untuk mengembangkan bisnis berdasarkan strategi yang tepat. Kunjungi https://a-creative.id/ atau @acreative.id di Instagram unttuk info lebih lanjut.

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Tips foto produk

Tips Foto Produk yang Eye Catching

Meskipun berbelanja secara online memberi banyak kemudahan, namun akan sulit mereplikasi pengalaman berbelanja di toko fisik. Sejauh ini yang bisa dilakukan adalah terus meningkatkan pengalaman

Read More »
Follow our social media
Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. 

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.