fbpx

Metode Smart Goals Mencapai Bisnis yang Sukses

Metode Smart Goals

Pernahkah Anda mendengar tentang metode SMART goals? George T. Doran adalah orang yang pertama kali memperkenalkan metode tersebut, dan menuangkannya dalam jurnal yang berjudul “There is a S.M.A.R.T Way to Write Management’s Goals and Objective”. Metode tersebut diciptakan dengan tujuan sebagai pedoman dalam membuat tujuan bisnis yang tepat.

Menurut George T. Doran metode SMART merupakan akronim dari Specific (target area yang memerlukan perbaikan), Measurable (terdapat indikator kemajuan), Assignable (menentukan siapa yang akan melakukannya), Realistic (menetapkan hasil yang dicapai secara realistis), dan Time-related (kapan hasil dapat dicapai).

Berdasarkan akronim tersebut, dapat diketahui bahwa cara kerja metode tersebut adalah dengan menggabungkan seluruh kriteria SMART supaya Anda lebih fokus dalam meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan Anda.

Metode SMART goals ini seiring berjalannya waktu, tidak hanya memiliki satu definisi saja, orang-orang mulai membuat penyesuaian dalam masing-masing penyebutan dan penjabaran akronim dari kata SMART. Tentu saja pengembangan dan penyesuai tersebut tidak melenceng jauh dari definisi asli.

Berikut ini merupakan salah satu pengembangan dan penyesuaian yang sangat berguna dalam meningkatkan peluang kemajuan bisnis Anda:

Spesific atau Tujuan yang Spesifik

metode SMART goals dalam membuat marketing plan

Memiliki tujuan yang spesifik akan meningkatkan peluang yang lebih besar dalam mencapai tujuan bisnis. Anda sebaiknya menentukan hal-hal yang ingin Anda rasih secara spesifik dengan menggunakan panduan 5W+1H. Anda perlu mempunyai gambaran yang detail mengenai tujuan tersebut dari awal.

Sebagai contoh, siapa saja yang akan Anda libatkan dalam pencapaian tujuan, kapan tujuan tersebut harus tercapat, apa yang ingin Anda raih, apa saja hambatan yang mungkin muncul, di mana proses pencapaian tersebut akan Anda jalankan, mengapa Anda ingin mencapai hal tersebut, dan bagaimana cara Anda untuk mewujudkan hal tersebut.

Measurable atau Dapat Diukur

Anda perlu menentukan tujuan pengembangan bisnis yang terukur, supaya tujuan tersebut lebih nyata dan mudah diraih. Dengan begitu Anda bisa menggunakan ukuran tersebut sebagai acuan dalam mengevaluasi kemajuan yang telah Anda lakukan. Anda perlu menetapkan beberapa target jangka pendek sebagai bagian dari target jangka panjang, supaya proses pencapaian tidak terasa berat.

Achievable atau Dapat Dicapai

Anda perlu mengetahui titik tengah antara mimpi yang tinggi dan hal yang realistis dalam menetapkan tujuan. Tujuan yang sekiranya dapat Anda raih dalam jangka waktu tertentu akan membuat Anda tetap fokus dan termotivasi. Jika Anda menetapkan tujuan yang setinggi mimpi, maka hal tersebut termasuk tujuan yang tidak dapat dicapai.

Melalui Achievable, Anda dapat menilai apakah tujuan Anda tersebut dapat dicapai atau tidak, jika tidak maka Anda perlu menetapkan tujuan lain.

Relevant atau Memiliki Tujuan yang Relevan

Metode SMART goals yang berikutnya adalah relevant. Memiliki tujuan yang relevan berarti fokus pada business objective Anda secara keseluruhan. Anda bisa menanyakan kepada diri Anda sendiri, apakah tujuan dan target Anda tersebut benar-benar penting? Dan jika Anda berhasil mencapai tujuan tersebut apakah akan berdampak pada perkembangan bisnis Anda? Anda perlu mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Timebound atau Memiliki Tenggat Waktu

Saat Anda memiliki tujuan, tentu Anda harus menetapkan batas tenggat waktu dalam pencapaian tujuan tersebut. Batas waktu ini ditentukan secara realistis supaya Anda dapat mempersiapkan sumber dana yang diperlukan sedini mungkin.

Berikut ini adalah contoh penerapan metode SMART goals dalam membuat marketing plan bisnis baru dalam satu bulan:

  • Spesifik: Anda membuat rencana pemasaran dengan outline yang spesifik dan dapat diikuti oleh seluruh karyawan dan mencakup semua hal penting
  • Measurable: Dalam setiap minggu, finalisasi planning adalah 25% dari detail rencana untuk memastikan rencara tersebut terselesaikan dalam waktu satu bulan.
  • Achievable: Satu bulan adalah waktu yang cukup untuk melakukan riset pasar dan analisis perusahaan.
  • Relevant: Menyusun rencana pemasaran yang matang.
  • Timebound: Batas waktu pencapaian adalah satu bulan

baca juga : Trik Psikologi Harga, Tarik Perhatian Konsumen!

Itulah metode SMART goals yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis. Jika Anda sedang berbisnis dan membutuhkan konsultasi bisnis dalam bidang digital, Anda dapat menghubungi A-Creative yang menawarkan layanan digital marketing berkualitas dan tentunya dengan biaya yang terjangkau.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Need full marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Subscribe weekly news

Get IDR 100.0000 discount just by subscribing to our newsletter

Testimonials

Do you Need Digital marketing services Assistance?

Try our Digital Marketing Subscription Package

Special Promotion Start
From IDR 1500K

For all packages: Social Media Marketing, Search Engine Marketing, SEO & Online Advertising. Get your Rp 1.000.000 cashback here:

Promotion valid until 31 May 2022

We love writing great content and sharing industry insights. To get a copy of our research on latest trends, follow our social media and subscribe our newsletter.